YUGI DWI NUR JAYANTI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Cerdas Menggunakan Gadget

”CERDAS MENGGUNAAN GADGET”

A. Pengertian Gadget

Apa itu gadget?

Gawai[1] atau acang (alat canggih) (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.

B. Fungsi Gadget

1. Media Komunikasi, fungsi gadget yang paling bermanfaat bagi manusia adalah sebagai media komunikasi. Setiap orang dapat terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone, laptop, smart watch, dan lainnya.

2. Akses Informasi, selain sebagai media komunikasi, gadget juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet.

3. Media Hiburan, beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk tujuan hiburan. Misalnya iPod untuk mendengar musik dan smartphone yang dapat membuka video.

4. Gaya Hidup, gadget sudah menjadi bagian penting kehidupan manusia saat ini. Jadi, boleh dikatakan bahwa gadget akan mempengaruhi gaya hidup setiap penggunanya.

5. Menambah Wawasan, dari beberapa fungsi gadget yang disebutkan di atas maka hal tersebut akan membuat para pengguna gadget akan semakin bertambah wawasannya.

C. Dampak Gadget

Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying.

Remaja zaman sekarang sudah banyak yang mempunyai Gadget dan tiada hari tanpa memegang Gadget terasa tidak enak karena Gadget dapat di pergunakan sebagai alat komunikasi, dan sebagai alat yang dapat menyimpan file-file yang sangat berharga. Gadget pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi, tapi banyak juga remaja yang sering menyalahgunakannya, misalnya untuk melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat.

Berikut ini adalah dampak Gadget

1. Dampak Positif

a. Memudahkan untuk berinteraksi dengan orang banyak lewat media sosial.

b. Mempersingkat jarak dan waktu di era perkembangan gadget yang canggih yang didalamnya terdapat media sosial seperti sekarang ini, hubungan jarak jauh tidak lagi menjadi hal yang menjadi masalah dan menjadi halangan.

c. Mempermudah para siswa mengkonsultasikan pelajaran dan tugas tugas yang belum siswa mengerti. Hal ini biasa dilakukan siswa dengan sms atau bbm kepada guru mata pelajaran.

d. Mengetahui informasi-informasi tentang kegiatan-kegiatan yang di adakan di sekolah, siswa akan membagi informasi tentang kegiatan, foto yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah kemudian membagikannya di grup atau juga bisa langsung membagikan kepada orang-orang tertentu.

2. Dampak Negatif

a. Mengganggu Perkembangan Anak

Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.

b. Efek radiasi

Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan HP juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen.

c. Rawan terhadap tindak kejahatan

Karena pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.

d. Pemborosan

Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan saja.

e. Masalah penglihatan

Melansir situs 21st Century Repairs, dampak negatif penggunaan ponsel pintar dalam durasi yang lama dapat menyebabkan masalah pada mata dan penglihatan.

Beberapa masalah yang bisa ditimbulkan seperti mata lelah, kemerahan, pandangan kabur, sensasi terbakar di mata, bahkan penurunan penglihatan akibat terlalu fokus pada layar ponsel.

Oleh sebab itu disarankan untuk menjaga jarak antara ponsel dengan mata sekitar 16 sentimeter (cm) dan kurangi melihat layar smartphone bila tidak terlalu penting.

f. Mengganggu pola tidur

Dampak buruk menggunakan gadget sampai larut malam dapat mengganggu jam biologis Anda, apalagi bila sudah keasyikan bermain game atau menonton film.

Hal ini dapat membuat Anda melewatkan waktu tidur saat malam hari. Akibatnya, pola tidur menjadi terganggu dan Anda kehilangan waktu beristirahat yang cukup.

Tidak hanya itu, menurut American Optometric Association, paparan cahaya biru dari layar pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melatonin. Akibatnya, Anda akan lebih mudah terkena insomnia.

g. Tidak fokus

Dampak negatif penggunaan gadget berikutnya adalah membuat Anda menjadi tidak fokus.

Banyaknya informasi yang mudah diakses melalui internet di smartphone dapat membuat pikiran Anda teralihkan.

Akibatnya, Anda menjadi tidak fokus pada pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang sebenarnya lebih penting.

Kondisi ini juga dapat menimpa para pelajar sehingga membuat mereka tidak fokus belajar dan sibuk dengan informasi-informasi yang tidak bermanfaat.

h. Ketergantungan gadget

Mengutip Sutardja Center for Entrepreneurship and Technology, dampak negatif penggunaan gadget adalah dapat membuat Anda ketergantungan.

Akibatnya, Anda menjadi sulit berbuat apa-apa tanpa kehadiran gadget.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan daya ingat dan kemampuan otak Anda menurun karena dimanjakan oleh fasilitas yang disediakan oleh perangkat tersebut.

Pada kondisi yang parah, hal ini dapat memicu kecanduan gadget yang berefek pada kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, kehilangan motivasi, bahkan depresi.

i. Sakit kepala

Selain berdampak pada kesehatan mata, pancaran cahaya dari ponsel pintar juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Kondisi ini dapat diperparah bila otak Anda terlalu terbebani saat bermain game terus menerus sambil berganti-ganti aplikasi.

Pada kasus yang parah, Anda berisiko mengalami sakit kepala yang tak tertahankan, migrain, leher tegang, ansietas, stres, bahkan depresi.

j. Postur tubuh yang tidak ideal

Menurut penelitian dari Journal of Physical Therapy Science, penggunaan gadget yang terlalu lama memiliki dampak negatif terhadap postur tubuh.

Lambat laun, tubuh Anda menjadi lebih membungkuk, posisi leher menjadi semakin maju ke depan, atau bentuk bahu jadi melengkung.

Tidak hanya mengganggu penampilan, perubahan postur tubuh ini ternyata juga berpengaruh pada kelancaran pernapasan Anda.

k. Cedera pada otot dan ligamen

Lebih lanjut, postur tubuh yang buruk saat menggunakan gawai dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada otot dan persendian di tangan, jari-jari, leher, dan pinggang.

Jika kebiasaan ini terus berlanjut dalam waktu lama, dapat menyebabkan nyeri otot, pegal, bahkan cedera pada persendian.

Untuk mencegah dampak buruk gadget tersebut, disarankan untuk mengubah-ubah posisi dan melakukan peregangan bila menggunakan perangkat ini dalam waktu yang cukup lama.

l. Risiko kecelakaan

Menggunakan smartphone saat sedang berjalan akan menyita perhatian Anda dari lingkungan sekitar. Ini tentunya dapat meningkatkan risiko tertabrak, tersandung, atau tertimpa sesuatu.

Apalagi bila sedang berkendara, menelpon dan mengirim pesan tentunya dapat mengganggu fokus Anda. Hal ini merupakan dampak buruk gadget yang sangat berbahaya.

Melansir situs Better Health Channel, penggunaan ponsel sambil berkendara meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, tindakan ini dianggap ilegal di sejumlah negara.

m. Risiko kegemukan

Dampak negatif penggunaan gadget menyebabkan Anda cenderung tidak aktif bergerak dalam waktu yang lama.

Anda lebih berisiko mengalami kegemukan, terlebih jika tidak diimbangi olahraga dengan pola makan sehat.

Risiko ini semakin diperkuat oleh studi yang diterbitkan oleh Malaysian Journal of Public Medicine terhadap 150 remaja di Yogyakarta.

n. Gangguan tumbuh kembang pada anak

Bukan hanya orang dewasa, gadget bahkan sudah digunakan oleh anak-anak.

Meskipun membuat si kecil lebih anteng, perangkat ini dapat berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak.

Menurut studi yang diterbitkan oleh STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, penggunaan gawai yang berlebihan dapat menghambat perkembangan sosial, bahasa, dan komunikasi anak.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhati-hati dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memperkenalkan teknologi tersebut pada anak.

D. Cara Cerdas Menggunakan Gadget

Berikut ini adalah beberapa tindakan yang bisa menghindari penyalahgunaan Gadget

1. Beri batasan yang jelas, tidak hanya pada anak-anak, namun juga untuk diri sendiri (dewasa). Lakukan aktivitas fisik (untuk anak-anak minimal 1 jam setiap hari)

2. Ciptakan “tech-free zones”

3. Jauhkan TV, Komputer, Smartphone dari kamar tidur. Hidari penggunaan media tersebut 1 jam sebelum tidur

4. Jangan gunakan media sebagai alat untuk “membunuh” waktu dan “mengasuh” anak

5. Gunakan “waktu transisi” sebagai kesempatan untuk berpikir, menata kembali emosi, merencana dan menemukan hal-hal baru

6. Ingat! Semua informasi yang kita unduh di Media, akan bertahan selamanya

7. Keberhargaan diri kita tidak ditentukan oleh seberapa banyak likes, shares, retweet, trending yang kita dapatkan

8. Khusus untuk anak dan remaja: Orangtua harus melek teknologi, Anda harus tahu siapa saja yang berada di “lingkungan” anak Anda, dengan siapa anak berteman (online/offline), apa aplikasi yang anak Anda gunakan, website yang ia kunjungi, dan yang mereka lakukan saat online

E. Tips untuk cerdas menggunakan gadget:

1. Batasi waktu layar: Tetapkan waktu harian yang terbatas untuk menggunakan gadget, termasuk smartphone dan tablet.

2. Prioritaskan tugas: Gunakan gadget untuk kegiatan produktif seperti bekerja, belajar, atau berkomunikasi dengan keluarga dan teman.

3. Aktifkan mode tidak mengganggu: Gunakan fitur ini untuk menghindari gangguan selama waktu fokus.

4. Tetap aktif secara fisik: Jangan lupa untuk bergerak dan berolahraga di luar layar gadget.

5. Pantau konten: Pastikan Anda atau anak-anak Anda hanya mengakses konten yang sesuai dan bermanfaat.

6. Istirahat mata: Beri mata Anda istirahat setiap beberapa jam dengan melihat jauh dari layar.

7. Belajar literasi digital: Pahami bagaimana menjaga privasi online dan menghindari risiko keamanan.

Ingatlah untuk mencari keseimbangan dalam penggunaan gadget agar tetap sehat dan produktif. Semoga bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post