DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 1.2 GAMBARAN DIRI SEBAGAI GURU PENGGERAK DI MASA DEPAN
Seorang guru penggerak harus mempunyai nilai-nilai yang dijadikan pedoman dan diterapkan dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila. Setelah mengikuti serangkaian program guru penggerak, gambaran diri saya di masa depan adalah hadirnya sosok seorang guru yang memiliki nilai-nilai guru penggerak seperti mandiri, inovatif, kolaboratif, berpihak pada siswa dan reflektif.
Dari nilai-nilai tersebut, maka peran saya sebagai guru penggerak adalah sebagai berikut:
MANDIRI
Saya adalah guru yang mandiri, yaitu guru yang mampu senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Seorang guru penggerak harus bisa memotivasi diri sendiri tanpa menunggu adanya perintah dari atasan atau iming-iming hadiah, karena hal ini penting untuk mengembangkan kompetensi sebagai pendidik.
Peran yang saya terapkan diantaranya adalah mengikuti berbagai macam kegiatan pelatihan, webinar atau workshop sehingga dapat meningkatkan kemampuan saya sebagai seorang guru. Baik itu yang diselenggarakan oleh kemendikbudristek, MGMP, lembaga pelatihan ataukah institusi lain. Bisa daring ataukah juga langsung tatap muka dengan narasumber. Bisa hal yang berhubungan dengan profesionalisme sebagai guru mata pelajaran kimia ataukah hal lain seperti sastra, kepemimpinan, teknologi dan lain-lain.
REFLEKTIF
Sebagai seorang guru yang memiliki nilai reflektif, saya harus mampu melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Ketika telah selesai suatu aksi, maka haruslah merefleksikan pengalaman baru yang terjadi di sekeliling dan menjadikan bahan perbaikan untuk kegiatan mendatang.
Peran yang saya terapkan diantaranya adalah mengadakan evaluasi dengan meminta murid atau rekan guru sejawat memberikan komentar atau penilaian dari kegiatan pembelajaran atau program sekolah yang telah dijalankan. Lalu akan didapatkan kelebihan yang akan terus dipertahankan dan kekurangan yang ada dapat diperbaiki untuk ditingkatkan di kemudian hari. Serta juga melakukan umpan balik dan tindak lanjut dari kegiatan tersebut.
INOVATIF
Sebagai seorang guru yang inovatif, saya harus mampu membuat gagasan atau solusi yang tepat guna dari setiap terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Dari hasil evaluasi dan refleksi di setiap pembelajaran dijadikan bahan perbaikan pembelajaran berikutnya. Termasuk pula program sekolah lain yang juga harus ditingkatkan dalam sisi kebaruan dengan melihat peluang atau potensi yang ada.
Peran yang saya terapkan diantaranya adalah dengan membuat dan mengaplikasikan pembelajaran di kelas dengan berbagai metode, media, bahan ajar dan evaluasi yang bermakna bagi siswa. Hal ini bisa dengan mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi ataukah unsur kebaruan lainnya. Serta juga merancang program sekolah lain yang akan menimbulkan nuansa sekolah yang lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa. Sisi inovatif ini juga perlu kemudian dituangkan dalam bentuk PTK atau penelitian yang kelak akan diseminarkan atau paling tidak dibuat sajian ilmiah berupa makalah atau artikel yang tentunya dapat menampung umpan balik yang beragam
KOLABORATIF
Sebagai Guru yang kolaboratif, saya harus mampu bekerjasama dengan rekan dan pemangku kebijakan untuk mencapai tujuan tertentu. Kolaboratif mengandung makna sebagai usaha untuk menjalin kerjasama dengan berbagai untuk menciptakan hubungan yang saling mendukung demi pendidikan yang lebih baik dan bermanfaat bagi dunia pendidikan yang lebih luas
Peran yang saya terapkan diantaranya adalah aktif berdiskusi dengan guru atau rekan sejawat untuk menyusun modul ajar, merancang kegiatan pembelajaran, dan melakukan refleksi pembelajaran. Termasuk pula beragam kegiatan diseminasi pelatihan guru lain. Selain itu saya juga ikut serta dalam kolaborasi menyusun berbagai program sekolah terkhusus bidang kesiswaandalam hal persiapan, pelaksanaan sampai evaluasi dan refleksi. Sehingga guru dan siswa sama-sama memiliki rasa tanggung jawab terhadap kegiatan tersebut yang mendorong ekosistem pendidikan yang positif. Termasuk pula menciptakan ruang kolaborasi antara pihak sekolah dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan sekolah seperti dunia industri, pemerintah daerah dan sebagainya.
BERPIHAK PADA SISWA
Sebagai guru yang berpihak pada siswa, saya harus mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan kodrat alam dan zaman siswa. Segala keputusan yang diambil oleh seorang Guru Penggerak didasari pembelajaran murid terlebih dahulu, bukan dirinya sendiri.
Peran yang saya terapkan diantaranya adalah menggalakkan program 5S di kelas, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, menyusun kesepakatan bersama serta menghadirkan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada siswa sehingga muncullah pembelajaran yang menyenangkan. Termasuk pula menghadirkan pembelajaran berdiferensiasi dalam hal proses, konten dan produk yang akan memberikan kebebasan siswa dalam menentukan arah pembelajaran yang disenanginya. Selain itu juga disusun program kesiswaan yang merupakan hasil dari kesepakatan bersama dari siswa, pihak sekolah dan unsur terkait untuk mewujudkan lingkungan sekolah lebih baik
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
mantap, terimakasih pencerahannya