Wiswi Ayu Yafni

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar bersama Dinas Pendidikan sangat peduli tentang kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Sumatra Barat yaitunya Penyu...

Selengkapnya
Navigasi Web

.241 Arti sebuah Kebahagiaan

Bahagia adalah kata dasar dari kebahagiaan. Bahagia adalah suatu kondisi perasaan . Kondisi perasaan yang semua orang menginginkan. Tak satupun makhluk di bumi ini yang tak menginginkannya. Tetapi apakah kita dapat menetapkan kebahagiaan itu selalu datang setiap saat?. Tentulah tidak. Sebab ada zat maha berhak menentukan kebahagiaan seseorang . Namun manusia hanya dapat berusaha agar kebahagiaan selalu menghampirinya setiap saat.

Kebahagiaan bagi seseorang berbeda beda maknanya. Seseoràng merasa bahagia jika cita dan angannya tercapai. Tujuan dari keinginnannya yang menjadi harapan terwujud sudah.

Ada orang bahagia karena lulus ujian. Ada juga karena sukses dari sebuah presentasi. Ada pula bahagia dengan kelahiran cucu. Bahagia karena masakannya enak dan disukai para pelanggan. Bahagia karena naik kelas. Ada lagi kebahagiaan yang dirasakan karena melihat anak dan cucu tumbuh sehat dan lucu . Ada kebahagiaan yang dirasakan bisnis yang lancar . Kebahagiaan dengan hasil panen yang melimpah, barang dagangan yang habis terjual. Yah, bermacam macam kebahagiaan yang timbul sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

Semua kebahagiaan itu adalah kebahagiaan duniawi. Bagaimana kebahagiaan yang akan diperoleh di alam akhirat nanti?. Tentu sangat berbeda dengan kebahagiaan yang ada di dunia fana ini. Kebahagiaan di alam sana tentu juga perlu perjuangan seperti halnya perjuangan yang dijalanni saat di dunia. Kebahagiaan yang hakiki di akhira itu adalah tujuan bagi semua orang yang menyakininya. Karena dalam meraih kebahagiaan akhirat tersebut butuh suatu keyakinan.

Keyakinan akan adanya kebahagiaan di akhirat nanti tidaklah mudah. Karena menyangkut keimanan. Keimanan itu adanya pada orang yang beragama Islam yang menjalankan norma islam selama hidup. Orang yang yakin akan adanya suatu kebahagiaan nanti adalah orang yang punya suatu keimanan. Karena iman akan hari akhirat adalah salah satu seseorang mau meraih kebahagiaan akhirat.

Namun dalam meraih kebahagiaan akhirat tentulah dengan meraih kebahagiaan dunia yang diiringi dengan kebagiaan yang akan dicapai di akhirat nanti. Tidak hanya mencapai kebahagiaan duniawi saja. Tetapi juga meraih kebahagiaan akhirat. Jadi kebahagiaan yang hakiki adalah kebahagiaan akhirat yang diràih di jalan Allah dan juga diiringi dengan kebahagiaan dunia. Kebahagiaan dunia penting dan kebahagiaan akhirat jauh lebih penting. Semoga kebahagiaan dunia dan akhirat sama sama dàpat diraih..aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post