Hari ke-4
Webinar Series 2 Bersama BIKE
Literasi Sekolah pada Masa Normal dan Pandemi.
Literasi merupakan gerakan untuk menumbuhkan pengetahuan, sikap, ketrampilan dan kepekaan. Gerakan literasi juga merupakan upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran spanjang hayat. Gerakan literasi sekolah lebih difokuskan pada kegiatan siswa membaca baik membaca buku maupun dari sumber-sumber digital lainnya. prinsip-prinsip literasi sekolah: sesuai dengan tahapan perkembangan peserta diik berdasarkan karakteristiknya. Dilaksanakan secara berimbang, menggunakan berbagai ragam teks dan memperhatikanĀ kebutuhan peserta didik. Berlangsung secara terintegrasi dan holistik di semua area kurikulum. Kegiatan literasi dilakukan secara berkelanjutan. Melibatkan kecakapan berkomunikasi lisan. Mempertimbangkan keragaman.
Eco Literacy
Eco literacy muncul dari keprihatinan terhadap kepekaan terhadap kesinambungan lingkungan hidup di masa yang akan datang dari siswa masih kurang, khususnya dalam hal sampah di lingkungan sekolah.
Eco literacy berasal dari kata eco dan literacy. Eco adalah kata penyingkat dari ecology yang mempunyai arti ilmu cabang ilmu alam yang mengkaji habitat dan interaksi antara benda hidup (makhluk) dengan alam sekitar. Sedangkan literacy berarti melek, terampil, paham atau sadar. Peneliti menyimpulkan bahwa ecoliteracy adalah suatu kemelekan, kesadaran dan kefahaman tentang interaksi makhluk hidup khususnya manusia dengan alam sekitar (goleman, 2010)
Ecoliteracy adalah suatu gerakan global untuk menumbuhkan pengetahuan, sikap, ketrampilan dan kepekaan terhadap penjagaan untuk kelestarian lingkungan ekologis (oktapyanto, 2016)
Ada prinsip yang dijalankan dalam ecoliteracy, Head/pengetahuan, Heart/sikap, Spirit/hubungan manusia dengan alam.
Tips dan Trik Sukses Bimbingan OSN
Ada moto sukses yang bisa ditanamkan pada siswa yaitu Bersama Bahagia Pasti Juara.
Bersama: menentukan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, mereview kisi-kisi materi, menentukan jadwal pembimbingan yang dilakukan dengan siswa.
Bahagia: melaksanakan pembimbingan tanpa beban dan paksaan, tidak ada eban yang memberatkan bagi siswa dan guru, tidak ada paksaan untuk menjadi juara, yakinkan siswa bahwa ilmu akan membawa kebahagiaan untuk mereka, berikan metode yang menarik, biarkan siswa berekspresi dengan jalannya sendiri untuk menyelesaikan masalah.
Pasti: Review materi secara bertahap, latihan sesuai materi yang dipelajari, latihan soal dimuali yang sederhana, berikan trik cara menyelesaikan masalah dengan cepat dan mudah, beri kata kunci pada soal berbahasa inggris, beri latihan soal secara menyeluruh.
Berau, 23 Juni 2020
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar