Umi Salamah

Lahir di Jombang, sebagai pengawas madrasah yang selalu ingin belajar menulis. Semoga bisa bermanfaat bagi sesama....

Selengkapnya
Navigasi Web
BELALO MENGGUGAH SELERA MAKAN

BELALO MENGGUGAH SELERA MAKAN

BELALO MENGGUGAH SELERA MAKAN

Tagur ke-53/ke-14

Oleh Umi Salamah

***

Siapa yang tidak kenal bawang. Banyak orang mungkin pernah melihat batang hijau dengan bunga kecil di ujungnya ini. Di pasar dijual dalam bentuk per ikat dan beberapa orang sering salah mengira kalau ini adalah asparagus. Padahal ini adalah bunga bawang merah, orang menyebutnya dengan nama Belalo yang memang sengaja dijual karena ternyata bisa dimasak dan dijadikan makanan lezat, seperti layaknya sayuran yang lain.

Bunga bawang (Belalo) sebenarnya adalah sayuran yang berupa bunga dan tangkai bawang merah. Batangnya tebal dan berongga. Sementara bunganya berwarna putih. Aromanya persis seperti bawang merah atau kucai, lebih tajam daripada daun bawang dan bawang perai biasa.

Meskipun masih jarang yang memanfaatkannya, tetapi ternyata bunga bawang merah (Belalo) punya manfaat dalam mencegah kanker. Daun dan bunga bawang merah (Belalo) memiliki kandungan vitamin dan mineral yang hampir sama dengan daun bawang dan keluarga bawang lainnya. Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal mengungkapkan bahwa bunga daun bawang (Belalo) memiliki sifat anti-kanker.

Bunga bawang merah (Belalo) mengandung alium yang menjadi sumber aroma tajamnya. Bunga bawang kaya kalium dan zat besi. Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan, yaitu flavonoid bernama lutein dan zeaxanthin. Bunga bawang juga cukup kaya vitamin K. Kandungan lainnya adalah asam folat, protein, dan kalsium. Penelitian juga menemukan bahwa alium dan serat pada sayuran ini bisa mencegah kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah oleh kedua antioksidan tersebut adalah kanker paru-paru, kanker mulut, kanker perut, dan kanker usus.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute, disebutkan kalau alium yang dimiliki sayur ini juga bisa mencegah kanker prostat. Para pria yang mengonsumsi alium dalam sayuran terbukti memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker prostat.

Selain mempunyai banyak manfaat untuk Kesehatan. Bunga bawang (Belalo) bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Bagian tanaman bawang merah ini bisa diolah menjadi masakan tumis atau masakan kuah santan dan dimasak bersama tempe, tahu atau ikan.

Saya mencoba masak masakan sederhana Belalo, yaitu Oseng Belalo Udang Tahu

Berikut resep dan cara memasaknya.

Bahan:

1. 2 Ikat bunga bawang (Belalo)

2. 1 Potong tahu putih (Potongan sedang)

3. 2,5 ons udang

4. Minyak goreng

Bumbu:

1. 4 Siung bawang merah (dihaluskan)

2. 4 Siung bawang putih (dihaluskan)

3. 5 butir kemiri (dihaluskan)

4. 8 biji cabe rawit (dihaluskan)

5. 1 ruas lengkuas (digeprek)

6. Garam

7. Gula

8. Bumbu kaldu

Cara memasak:

1. Tahu diiris dadu, goreng sampe agak kering.

2. Udang dibersihan, goreng sebentar dengan sedikit minyak

3. Siapkan belalo, cuci bersih, iris kecil panjangnya kira-kira 1-2 m.

4. Setelah bumbu-bumbu dihaluskan, tumis. Kalau sudah mulai harum baunya, masukkan daun belalo yang sudah dipotong. Tunggu sampe agak layu. Tambahkan ½ gelas air suapaya tidak gosong (Kalau kurang bisa ditambah)

5. Masukkan gorengan tahu dan udang ke dalam wajan (tumisan bumbu dan belalo), tambahkan garam, gula, lengkuas, dan bumbu kaldu. Aduk sampai bumbu meresap. Tes cita rasanya. Kalau sudah pas angkat dan sajikan.

6. Silakan mencoba.

***

Baitii, 18 Maret 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

18 Mar
Balas

Terima kasih Bu Risma.

18 Mar

Wow - ini baru selera nusantara bunda. Luar biasa

19 Mar
Balas

Jadi pengen makan nih Bunda. Trimksh resepnya.salam sehat dan sukses selalu.

19 Mar
Balas

Sedap, tercium wanginya sampai disini buk, he...he...boleh di coba resepnya Buk.....

18 Mar
Balas

Monggo silakan dicoba Bu, pasti ketagihan.

18 Mar

Wow kelihatannya lezat banget bu Umi Salamah. Melihat masakannya malam malam jadi terasa lapar. Mantap. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu.

18 Mar
Balas

Hehehe..., ini masih ada Gus Roni. Ini masak sore tadi. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu.

18 Mar

Terima kasih admint.

18 Mar
Balas

Hehehe..., ini masih ada Gus Roni. Ini masak sore tadi. Semoga senantiasa sehat dan sukses selalu.

18 Mar
Balas

Mantap ulasannya. Resepnya patut dicoba. Semoga sehat selalu Bunda.

19 Mar
Balas

Terima kasih, monggo dicoba Bu Nanik.Semoga sehat selalu.

19 Mar



search

New Post