1.1.a.10 aksi nyata - penerapan pemikiran KHD di kelas dan sekolah
1.1.a.10. Aksi Nyata - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Kelas dan Sekolah
CGP : TITIN LUSIANAWATI, S.Pd.
FASILITATOR : Dra. SRI RESTU WAHYUNINGSIH, M. MPd.
v Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
Perasaan saya dalam melakukan perubahan dari kegiatan belajar mengajar yang biasa saya lakukan kemudian setelah merefleksikan pendidikan sesuai dengan filosofis Ki Hadjar Dewantara senang sekaligus semangat untuk selalu melakukan yang terbaik. Kita harus bisa merubah kebiasaan anak yang menjadi penonton dikala kita menjelaskan suatu pelajaran dengan membuat mereka saling bertanya, saling berdiskusi saling berkolaborasi sehingga bukan hanya guru yang menjadi pusat pelajaran tetapi berubah menjadi anak yang menjadi pusat pembelajaran. Dengan membuat sesuatu yang baru yang membuat mereka antusias dengan apa yang kita lakukan.
v Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Gagasan yang muncul dalam proses perubahan adalah persiapan sarana dan prasarana yang baik, yang tepat sesuai dengan pelajaran yang sedang dipelajari. Persiapan harus matang dan dilakukan sebelum hari pelaksanaan agar tidak mengganggu jadwal yang telah ada.
v Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
1. Siswa melakukan pembiasaan pagi seperti berdoa sebelum pembelajaran
2. Siswa lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran
3. Siswa memiliki kreativitas yang tinggi dalam mengeluarkan ide-ide mereka
4. Siswa lebih aktif dalam bertanya
5. Siswa berani maju ke depan untuk menjelaskan apa yang mereka kerjakan
6. Siswa membersihkan kelas setelah kegiatan
7. Guru bisa menuntun siswa dalam kegiatan
8. Guru bisa menuntun siswa untuk saling menghargai pendapat dari teman lain
v Foto bercerita
Gambar 1 pembiasaan pagi hari yaitu berdoa sebelum pembelajaran semoga pembelajaran hari ini bermanfaat dan berjalan lancar. Amin.
Gambar 2 dimana anak – anak sudah mulai mengerjakan proyek berkelompok yang materinya adalah debit yang membuat anak-anak bekerja sama membuat satuan dalam volume dengan menggambar, mewarnai dan menempelkan. Mereka sangat antusias sekali dan selalu senang.
Gambar 3 sebagai guru harus menuntun semua peserta didiknya. Saya berkeliling ke semua kelompok menanyakan kesulitan mereka, memberi semangat mereka, memberi saran untuk mereka.
Gambar 4 anak-anak mendemonstrasikan apa yang mereka kerjakan
Gambar 5 ini adalah penentuan siapa yang menjelaskan dengan cara penomeran seperti bermain petak umpet.
Gambar 6 anak-anak setelah selesai pekerjaaanya selalu membersihkan kelas supaya kelas menjadi bersih kembali.
Gambar 7 hasil karya anak-anak ditempelkan di belakang dinding kelas 5 untuk menjadi kenang-kenangan agar anak-anak selalu ingat.
Gambar 8 ini anak-anak antusias untuk bertanya sekaligus mereka semangat sekali untuk menjawab pertanyaan dari saya. Saya sangat bersyukur pembelajaran hari ini berjalan lancar.
v Testimoni
Hari ini kami belajar dengan cara yang baru yang membuat saya senang dalam belajar.
Saya senang sekali hari ini karena saya belajar dengan menggambar dan mewarnai, karena tidak memaksa untuk mengerjakan soal, besok
lagi ya bu.......
alhamdulilah semua berjalan lancar. Senang sekali melihat pembelajaran yang baru yang membuat antusias dari peserta didik. Selamat bu Titin semoga ke depannya lebih baik lagi. Amin.











Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar