Forum Diskusi Modul 1.1 CGP Angkatan 7 Kelas1A Kota Tangerang
Forum Diskusi Modul 1.1 CGP Angkatan 7 Kelas1A
Kota Tangerang
Assalamu’alaikum warohmatulohi wa barokatuh, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah tiba saatnya melakukan vicon melalui google meet bersama fasilitator Guru Penggerak Angkatan 7 kelas 7.21 Bapak Eko Djuhara Setia Budi.
Pemberitahuan ini sudah ada di LMS Guru Penggerak yang di buka melalui SIMPKB masing-masing CGP dan ada juga pemberitahuan dari fasilitator melalui grouo WA sebagai berikut:
Assalamualaikum
Salam Sehat dan bahagia selalu.
Aktitas pembelajaran
1.1.a.4.1. Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual
1. Kelas 07.20.Banten.Eko_Djuahara_1 ( CGP Kab. Tangerang )
Hari : Kamis, 27 Oktober 2022
Pukul : 15.00 s\d 16.30
Link : https://meet.google.com/jkk-cvsu-zan
Fasilitator melakukan presensi terhadap CGP.
2. Kelas 07.21.Banten.Eko_Djuahara_2 ( CGP Kota Tangerang )
Hari : Kamis 27 Oktober 2022
Pukul : 19.00 s\d 20.30
Link : https://meet.google.com/jkk-cvsu-zan
Fasilitator melakukan presensi terhadap CGP.
Tergerak, bergerak, menggerakkan, Indonesia Maju.
Tetap Semangat
Kelas
1. 07.20.Banten.Eko_Djuahara_1
2. 07.21.Banten.Eko_Djuahara_2
Fasilitator
Eko Djuhara Setia Budi
Deg-degan rasanya menghadapi kegiatan vicon perdana ini namun semua mencair ketika bertatap muka dengan bapak Eko Selaku Fasilitator kami kelompok kelas 07.21 kota Tangerang melalui vicon. Aura bersahabat dan bijaksana terpancar dari wajah bapak Eko.
Acara dimulai dengan berdo’a yang dipimpin oleh Bapak Eko karena ini vicon perdana jadi pak Eko yang memimpin doa untuk vicon selanjutnya nanti pak Eko mempersilahkan para CGP bergantian.
Kegiatan selanjutnya ice breaking dengan merilekskan tubuh yaitu meletakkan tangan kiri dj paha kiri dan tangan kanan di paha kanan selanjutnya konsentrasi dan tarik nafas lalu hembuskan dilakukan tiga kali.Tak lupa pak Eko mengucapkan selamat atas kelulusan para CGP yang pak Eko anggap sebagai satu prestasi karena lulus menjadi CGP dengan seleksi yang sangat ketat.
Tak kenal maka tak sayang jadi perkenalan pun berlangsung di mulai dari :
1. Pak Eko Djuhara Setia Budi latar belakang guru PJOK, Fasilitator 07.21 kota Tangerang dan fasilitator kelas 07.20 kabupaten Tangerang. Pak Eko seorang pengawas SMA Dinas provinsi pendidikan Jawa Timur wilayah Kabupaten Bangkalan setiap hari pak eko menyebrang laut dengan nenyebrangi jembatan Suramadu.
2. Bapak Abay Bayanudin pengawas SD di Korwil pendidikan Kecamatan Batu Ceper ( Pengajar Praktik) alamat rumah dj Belendung kecamatan Benda
3. Ibu Anita Solihah SDN kunciran 9 guru kelas 5
4. Ibu Fifi Lutpiah SDN Karanganyay 3 guru kelas 4 alamat rumah dekat dengan SD karanganyar 3
5. Ibu Mamah Halimah SDN Kedaung Wetay 3 alamat rumah kedaung wetan
6. Ibu Nurkholis Fauziah SDN Pinag 3 alamat rumah Cipondoh
7. Ibu Rina Marlina SDN Total Persada alamat rumah Sanggiang dekat total Persada
8. Ibu Rufika Mardalestari SDN Neglay 3 alamat rumah Sepatan kabupaten Tangerang
9. Ibu Sella Nur Alfi SMPN 2 kota Tangerang guru bahasa Indonesia alamat rumah di Sangiang kota Tangerang
10. Pak Sobri Abdul Rozak SDN Karangsari 2 guru PJOK alamat ry di bojong renged kabupaten Tangerang
11. Ibu Suhenti SDN keroncong Mas Permai guru PAI alamat rumah Perumahan periuk Jaya kota Tangerang
12. Tini Suhartini SDN kedaung wetan 7 gyru kelas 4 alamat rumah perumahan korpri kota Tangerang
13. Pak Tri Biyantoro SDN Periuk 4 alamat rumah di kabupaten Tangerang
14. Ibu Wika SMKN 6 kota Tangerang alamat rumah Sepatan kabupaten Tangerang
15. Pak Zaenal Arifin SDN Cipadu 2 guru kelas 6 alamat rumah peninggilan Ciledug Kota Tangerang.
16. Ibu Arisari Anggraini kepala Sekolah SMKN 6 kota Tangerang alamat rumah Sangiang
Presensi kehadiran oleh fasilitator. Kegiatan Vicon di Modul 1 ini dilakukan sebanyak 3 kali yaitu Forum Diskusi, Diskusi Kelompok dan Presentasi, dan untuk modul-modul selanjutnya hanya dua kali yaitu diskusi kelompok dan presentasi.
Agenda kegiatan mulai dari pembukaan, Refleksi kritis CGP tentang filosofi KHD, Dialog (diskusi &tanya jawab), Refleksi dan umpan balik, Penutup.
Kesepakatan Kelas
1. Seluruh peserta memiliki kesempatan untuk berpendapat
2. Berpikiran terbuka dan saling menghormati
3. Bila ada peserta yang berbicara maka yang lain mendengarkan
4. Berpendapat setelah dipersilahkan
5. Berpartisipasi penuh
6. Mengikuti kegiatan dengan penuh rasa bahagia
7. Camera boleh off atau on
8. Izin berlaku untuk kepentingan yang sangat mendesak
Aktivitas Inti
Tujuan pembelajaran para CGP mampu memberikan refleksi kritis pemikiran KHD dalam forum diskusi dan saling membuka diri dalam perbedaan pendapat dan bertanya dan berbagi praktik baik dalam memaknai pemahaman pendidikan pemikiran filosofi KHD.
Pemaparan refleksi kritis pemikiran filosofi KHD :
1. Ibu Sella memaparkan bahwa pendidikan salah satu cara untuk merubah peradaban dan pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan memperhatikan karakteristik dan kodrat alam serta kodrat zaman agar terbentuk pesertanya didik yang memiliki karakter baik.
2. Ibu Suhenti memaparkan bahwa pemikiran KHD dalam mendidik bentuknya bukan hanya mengajar saja tapi mendidik secara holistik, guru menuntun dan menjadi pamong dan guru harus menumbuhkan bakat dan minat anak dengan pembelajaran yang berdiferensiasi Guru harus memetakan kemampuan kecerdasan dan bakat minat peserta didik.
3. Ibu Fifi lutpiah bahwa pemikiran KHD adalah mendidik dengan memanusiakan manusia dengan kodrat nya disesuaikan dengan keadaan dan zamannya.
4. Ibu Nurkholis Fauziah memakai bahwa guru harus senantiasa memberikan teladan dan mengembangkan akhlak budi pekerti.Pembelajaran berpusat pada siswa dan di dalam pembelajaran anak anak harus bahagia dan gembiy dengan mudel pembelajaran yang tidak membosankan.
Pertanyaan dan praktik baik
1. Pak Zainal Abidin bertanya tentang bagaimana memadukan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka di kelas 6 terkait praktek pembelajaran berdiferensiasi untuk pemetaan dan sebagainya ( ibu Suhenti menjawab yaitu menggabungkan kurtilas dan kurmer yaitu misal dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu dengan cara assesment diagnostik diawak sebelum guru melakukan pembelajaran agar dapat memetakan gaya/kemampuan belajar cara belajar dan karakteristik anak dalam belajarnya.)
2. Pak Eko memberi penguatan pada pembelajaran berdiferensiasi guru harus memetakan profil peserta didik, guri harus melakukan pelayay dengt kasih sayang dan dey hati ,sakah satu ciri pembelajaran berdiferensiasi di awali dengan assesment diagnostik.
3. Ibu Rufika Mardalestari bertanya Bagaimana menjadi guru pembelajar dan menjadi pemelajar ( jawaban oleh bu Wika memaparkan ing ngarso sung tulodo bagaimana guru menjadi teladan dari hal kecil yaitu mengucapkan terimakasih, meminta maaf jika salah dan mengucapkan kata tolong.Ing madya mangun karso guru memberikan bimbingan secara materi dan moral .Tut wuri handayani guru memberikan kepercayaan kepada siswa mengenai kemampuan dan komoetey madingnay oeseetay didik.)
4. Pak Eko Ing ngarso sung tulodo di aeal pembelajaran memberikan contoh teebaik dan teladan. Ing madya mangun kardo di dalam KBM guru harus memotivasi dan menyenagjy sertai mengembirakan bagi anak dengan guru menyiapkan beberapa model pembelajaran. Tut wuri handayani di belakang memberikan dorongan supaya anak dapat belajar dengan baik.
5. Anita pembelajaran merdeka sesuai dengan semboyan KHD yaitu guru harus mwnjadi teladan dalam segala hal (ing nngarso sun tulodo).ing madya mangun karso guru memberi semangat dan motivasi dan tut wuri handayani guru memberitahu dorongan agar murid semangat dalam belajar.
6. Tri Biyantoro berpendapat bahwa Pemikiran KHD sesuatu yang luar biasa dengan oenuh keihlasan. Jadi guru melakukan KBM harus dengan hati dan kasih sayang dengan melihat kompetitif muris dan karakteristik murid maka guru harus selalu bahagia dalam memberikan pendidikan dan pengajaran.
Pendidikan dan pengajaran tidak dapat dipisahkan
1. Menurut KHD pengajaran adakah bagian dari pendidikan. Pengajaran adalah proses memberi ilmu atau faedah untuk kecakapan hidup anak sscara lahir dan batin sedangkan pendidikan memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar anak mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan baik sebagai seorang manusia maupun sebagai seorang anggota masyarakat.Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat . Pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab karena pendidikan dalat menjadi ruang berlatih dan bertumbuh nya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.
2. KHD menjelaskan tujuan pendidikan yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam menuntun laku dan pertumbuhan kodrat anak KHD mengibaratkan peran pendidik sebagai petani atau tukang kebun. Dalam proses menuntun anan di beri kebebasan namun guru sebagai pamong yang memberikan tuntunan dan arahan agar anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.
3. KHD menjelaskan bahwa dasar pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan Kodrat zaman. Kodrat alam berkaitan dengan “Sifat” dan “bentuk” lingkungan dimana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi”dan “irama “
4. Pendidikan dan pengajaran iti berguna untuk peri kehidupan manusia untuk dapat berbangsa dan bernegara.
Link Padlet refleksi pembelajaran https://padlet.com/pgppp040075/vxbz2rquqm4wdgsf
Dalam Aktivitas LMS PGP alurnya adalah MERDEKA dan yang ada tugasnya
1. Ruang kolaborasi
2. Unggah tugas
3. Demontrasi konstektual
4. Koneksj antar materi
himbauan bapak Eko agar CGP masuk google meet melalui Link LMS terlebih dahulu jika ada kendala baru melalui WA. Kegiatan selanjutnya akan lebih menarik dan membahagiakan para CGP. Instruktur bertemu di elaborasi pemahaman bila ada pertama yang akan di tanyakan di tulis lalu di sampaikan pada saat pertemuan virtual
Alhamdulillah kegiatan vicon perdana selesai dengan penuh kebermanfaatan yang bermakna. Kegiatan akhir dengan masing-masing CGP menulis dan menjawab pertanyaan di padlet. Selesai acara dengan doa oleh bapak Zainal Abidin.
Semoga tulisan sederhana ini akan memberikan kebermanfaatan yang bermakna aamiin dan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tulisan sederhana ini.
Wassalam
Tini Suhartini Guru kelas 4 SDN Kedaung Wetan 7 CALON GURU PENGGERAK KOTA TANGERANG.


Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar