Susi Suharyani

Susi Suharyani mengajar mulai tahun 1991 sampai sekarang. Mulai mengajar di sekolah swasta SMA/SMK Tunas Pelita Binjai, SMA/MAS Setia Budi Binjai, SMA Dharmawan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemisahan Campuran Dengan Berbagai Cara (4)

Pemisahan Campuran Dengan Berbagai Cara (4)

Tantangan hari ke-6

Pemisahan Campuran Dengan Berbagai Cara (4)

d. Kromatografi

1. Ambil 5 lembar kertas saring berukuran 15 x 3 cm (setiap lembar).

2. Setiap lembar kertas saring, buatlah garis tipis (gunakan pensil) 1 cm dari ujung kertas.

3. Berikan noda hitam tinta berwarna pada garis tersebut.

4. Ambil sapu lidi (± 10 cm) gulung kertas saring dari ujung kertas yang lain.

5. Celupkan ujung kertas yang telah diberi garis dan noda tinta tadi ke dalam gelas kimia yang telah berisi air setinggi ½ cm.

6. Amati apa yang terjadi!

7. Ulangi langkah 3 sampai 6 tetapi dengan tinta yang berbeda.

Catat warna-warna yang terjadi sebagai hasil penguraian warna tinta dan isikan pada tabel berikut ini.

Hasil Pengamatan

No

Warna tinta

Warna-warna komponen

1

Tinta hitam

a. ……………………………………………….

b. ……………………………………………….

c. ……………………………………………….

2

Tinta biru

a. ……………………………………………….

b. ………………………………………………

c. ………………………………………………

3

Tinta hijau

a. ………………………………………………

b. ………………………………………………

c. ………………………………………………

4

Tinta merah

a. ………………………………………………

b. ………………………………………………

c. ………………………………………………

5

Tinta biru

a. ………………………………………………

b. ………………………………………………

c. ………………………………………………

Setelah seluruh percobaan dilakukan, disskusikan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

Pada percobaab a

1. Untuk memisahkan garam dan pasir digunakan air, apa fungsi air?

2. Setelah campuran garam dan pasir ditambah air, lalu disaring. Untuk apa penyaringan dilakukan?

3. Mengapa filtrat dipanaskan?

4. Bagaimana garam yang didapat setelah penguapan dibandingkan dengan garam semula?

5. Dapatkah percobaan seperti ini memisahkan garam dengan gula pasir?

Pada percobaan b

1. Apa yang terjadi pada saat campuran garam dan iodium dipanaskan?

2. Apa yang dimaksud dengan sublimasi?

3. Zat-zat apa saja yang mudah disublimasi?

Pada percobaan c

1. Apa perbedaan air hassil sulingan dan ssebelum dissuling?

2. Apa kegunaan thermometer?

3. Arah aliran air pendingin dalam tabung Leibig berlawanan dengan arah aliran destilat. Apa sebabnya? Jelaskan!

Pada percobaan d

Sebutkan warna-warna yang paling cepat merambat dari masing-masing tiunta!

Evaluasi

1. Jelaskan cara yang paling tepat untuk memisahkan campuran-campuran di bawah ini

a. Campuran gula dengan pasir?

b. Garam dan air laut

c. Minyak dengan air

d. Air dari lumpur

2. Jelaskan secara singkat proses pembersihan air di PAM.

3. Buatlah suatu rancangan percobaan untuk menentukan klorofil pada daun

Pengayaan

1. Ditempat- tempat tertentu, seringkali susah untuk mendapatkan airtawar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena sumber-sumber airnya merupakan air asin. Rancanglah suatu percobaan pemisahan air dari air asin agar didapat air tawar!

2. Pemisahan campuran dapat juga dengan cara pengendapan. Alat pengendap yang sering dipergunakan adalah centrifuse atau alat pemusing. Beri contoh zat yang sering dipisahkan dengan cara ini! Bagaimanakah prinsip kerjanya?

Binjai, 27 April 2020 (4 Ramadhan 1441H)

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post