RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.4. (BUDAYA POSITIF)
RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.4. (BUDAYA POSITIF)
CGP – Angkatan 9 Kab. Banjar
RAHMAT SURIYANA
SDN TATAH LAYAP 1
I. LATAR BELAKANG
Budaya positif adalah keyakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan Bersama. Menerapkan budaya positif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter positif. Budaya positif dapat dibuat melalui kesepakatan antara guru dan siswa, agar siswa merasa terlibat dan bertanggungjawab dalam menjalanankan disiplin tersebut. Selama ini yang dibuat adalah peraturan dimana siswa tidak terlibat dalam pembuatan peraturan tersebut.
Murid tidak suka peraturan karena selama ini peraturan tidak dibuat bersama siswa dan jika mereka melakukan Pelanggaran maka akan mendapat hukuman dan cenderung akan mempermalukan diri sendiri
Budaya Positif di Sekolah memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh guru dan murid, diantaranya:
1. Membangun hubungan kerjasama antara murid,dan guru
2 .Menciptakan kepercayaan diri dan tanggung jawab
3 .Membangun karakteristik siswa,
4 .Menumbuh kembangkan motivasi instrinsik anak
5 .Menumbuhkan kesadaran dari diri murid terhadap budaya positif
II. TUJUAN AKSI NYATA
Adapaun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:
1. Menciptakan murid yang merdeka dan displin diri yang kuat
2. Menumbuhkan Budaya Positif di sekolah dengan meyakini nilai-nilai Kebijakan Universal
3. .Menumbuhkan kesadaran dari diri murid terhadap budaya positif
III.TOLOK UKUR KEBERHASILAN:
1. Terbentuknya Keyakinan Kelas melalui kegiatan Kesepakatan kelas yang dilakukan oleh guru dan siswa
2. Siswa mampu menerapkan dan menjalankan keyakinan kelas yang telah dibuat
3. Terjalin komunikasi aktif dan efektif antara guru, murid, seluruh warga sekolah
IV. LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN
Adapun linimasa tindakan yang akan saya lakukan untuk mewujudkan aksi nyata ini adalah sebagai berikut.
1. Meminta ijin dan dukungan dari kepala sekolah dan teman sejawat untuk menjelaskan pentingnya penanaman Budaya Positif dan keyakinan kelas di sekolah, serta meminta izin untuk mendisemenasikan kerekan sejawat
2. Mengumpulkan rekan guru untuk melakukan diseminasi Pemahaman materi budaya positif ( Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi )
3. Berkordinasi dan berkaloborasi dengan Guru kelas untuk membuata keyakinan kelas masing-masing
4. Memantau, merefleksi dan mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat
V. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
Untuk melancarkan pelaksanaan rancangan tindakan untuk aksi nyata yang telah susun tentunya memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan yang perlukan yaitu;
1. Dukungan dan izin kepala sekolah, rekan guru, keterlibatan siswa, dan juga dukungan dari orang tua siswa.
2. Sarana dan prasarana untuk menumbuhkan Budaya Positif di sekolah
3. Orang tua dalam melakukan budaya positif.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar