suryana Surya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Oleh Rahmat Suriyana

Calon Guru Penggerak Angkatan 9

SDN Tatah Layap 1

        

A.      Nilai Guru Penggerak

Ada 5 Nilai yang terdapat dalam guru penggerak yang harus tertanam dalam diri seorang guru penggerak dan harus terus dikembangkan , lima nilai tersebut adalah

1.       Berpihak Pada Murid

Nilai Berpihak pada Murid adalah proses kegiatan pembelajaran berpusat pada murid, Mampu menciptakan lingkungan belajar yang asyik, aman, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensi murid

2.       Mandiri.

Seorang Guru Penggerak termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas. Guru. Penggerak mendorong dirinya untuk meningkatkan kapabilitas dirinya tanpa perlu dorongan dari pihak lain.

3.       Kaloboratif

Seorang Guru Penggerak harus mampu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kan dan menciptakan proses pembelajaran yang baik. Kolaborasi bisa dilakukan dengan siswa, rekan sejawat, orangtua atau pihak lain yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran

4.       Reflektif

Guru Penggerak harus mempunyai kemampuan untuk menghubungkan pengetahuan yang diperolehnya dengan pengetahuan sebelumnya, sehingga diperoleh suatu kesimpulan untuk menyelesaikan permasalahan yang baru, senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain, dengan mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman tersebut.

5.       Inovatif

Seorang Guru Penggerak mampu membuat gagasan-gagasan baru dan tepat guna terkait situasi tertentu ataupun permasalahan tertentu. Kata kunci nilai inovatif adalah kreatif, ide baru, adaptasi, dan modifikasi. Selalu memiliki sifat keterbukaan terhadap gagasan serta ide lain yang muncul dari luar dirinya untuk memecahkan masalah, mencari informasi lain yang bisa mendukung proses, dan melakukan solusi/aksi nyata untuk mengatasi permasalahan yang ada.

 

 

 

 

B.      GAMBARAN DIRI DI MASA DEPAN

               Jika saya menjadi guru penggerak dan sudah berlangsung selama 3 tahun maka Saya akan :

1.       Menjadi guru yang berpihak Kepada murid

Guru yang berpihak pada murid adalah melakukan pembelajaran berpusat pada murid, memperhatikan kebutuhan belajar murid, guru hanya sebagai fasilitator dan pembimbing bukan lagi sebagai sumber belajar

  Kegiatan yang sudah dan akan  terus saya lakukan yaitu :

-    Melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid

-    Melakukan asesmen diagnostik secara menyeluruh

-    Melakukan pembelajaran berdiferensiasi

-    Mengkondisikan kelas secara kondusif, riang dan bahagia dalam belajar

-    Menggunakan media dan alat peraga yang menarik, sehingga siswa semangat belajar

-    mengembangkan pembelajaran abad 21 untuk menjawab tuntutan zaman

-    melakukan pembelajaran dengan melibatklan platform digital/sosmed yang dekat dengan keseharian anak

2.       Menjadi guru yang Reflektif

Guru yang reflektif adalah guru yang mau melihat dirinya sendiri, mau mengintrospeksi  dan memperbaiki diri, mengambil pelajaran dari pengalaman yang bermakna serta melakukan refleksi sebagai kebiasan positif.

Kegiatan yang sudah dan akan  terus saya lakukan yaitu :

-       Memanfaatkan hasil supervise untuk melakukan perbaikan pembelajaran

-       Setelah melakukan pembelajaran saya melakukan evaluasi, apa yang kurang dalam pembelajaran dengan meminta umpan balik siswa.

-       Melakukan Open Class untuk menerima masukan dari rekan sejawat

-       Konsisten melakukan refleksi disetiap akhir pembelajaran

-       mempersiapkan dengan baik apa yang akan saya lakukan dalam kegiatan pembelajaran

3.       Menjadi Guru yang Mandiri

Guru yang mandiri adalah  guru yang memiliki komitmen dan motivasi, memilik rasa percaya diri, aktif mengeksplor potensi dalam dirinya, miliki inisiatif, mampu menumbuhkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.

Kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan yaitu :

-       Aktif dalam kegiatan Komunitas belajar

-       Mengikuti kegiatan pengembangan diri dan profesi

-       Ikut menjadi bagian dari organisasi keprofesian

-       mengikuti kegiatan pelatihan publikasi ilmiah, pelatihan penulisan jurnal, pelatihan menulis artikel

-       Aktif mengikuti berbagai kompetisi dan meningkatkan kompentensi secara mandiri

4.       Menjadi Guru yang Kaloboratif

Guru yang Kaloboratif adalah guru yang mampu melakukan kerjasama dengan rekan sejawat, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi  antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan yaitu :

-       Bekerjasama dengan kepala sekolah, rekan sejawat, murid dan orang tua murid untuk mensukseskan kegiatan sekolah

-       Berkaloborasi dalam komunitas belajar baik di sekolah maupun komunitas di luar sekolah

-       Aktif berkolaborasi dengan Lembaga-lembaga luar yang dapat meningkatkan kualitas pebelajaran sesuai visi misi sekolah.

-       aktif berkolaborasi dan berbagi pengalaman  serta tantangan yang dihadapi dan mencari solusinya.

5.       Menjadi Guru yang Inovatif

Guru Yang Inovatif adalah guru yang mampu memunculkan ide baru yang tepat guna, mempunyai semaangat pantang menyerah dan berwawasan luas, memiliki sifat keterbukaan terhadap gagasan serta ide lain yang muncul dari luar dirinya untuk memecahkan masalah, mencari informasi lain yang bisa mendukung proses, dan melakukan solusi

Kegiatan yang sudah dan akan terus saya lakukan yaitu :

-  Membuat Media dan Video pembelajaran yang menarik agar murid mudah dalam pembelajaran.

-  membuat berbagai bahan ajar interaktif

-  Merancang model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai kodrat anak

- mengkombinasikan metode, model dan pendekatan yang sesuai dengan perkembangan usia dan kodrat zaman

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post