suhud rois

Guru di SD Peradaban Insan Mulia. Penulis. Editor MediaGuru. Penggerak Komunitas Guru Belajar Nusantara. Pelatih Kampus Guru Cikal ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bagaimana Supaya Murid Terlibat?

Guru seperti apa yang tidak ingin muridnya terlibat dalam pembelajaran? Harusnya tidak ada. Yang (harusnya) ada: bagaimana supaya murid terlibat? Keterlibatan murid dalam pembelajaran terjadi dalam perilaku, emosional, dan kognitif. Jadi, sangat mudah dipahami bahwa keterlibatan murid tergambar dalam perilaku yang baik, perasaan positif dan, pemikiran. Hal mendasar yang perlu diyakini, ketika murid melihat guru berusaha melibatkan mereka, dengan energi yang lebih besar mereka berusaha terlibat. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Ingat dengan peribahasa ini kan? Artinya negatif kan? Mohon izin saya mengartikannya secara berbeda. Begini… Murid selalu memperhatikan gurunya. Iya, sih, kadang terlihat cuek. Namun, sebenarnya mereka perhatian. Nah, apa yang tertangkap dan terbaca dari guru mereka pantulkan dengan energi yang lebih besar. Jadi, kalau guru kencing berdiri, mereka (murid-murid) akan kuncing berlari. Tidak kebayang, bagaimana, sih, kencing sambil berlari (dan jangan pula dibayangkan, apalagi dicoba). Mempertimbangkan elemen-elemen yang saling terkait ketika merancang dan melaksanakan pembelajaran dapat membantu meningkatkan keterlibatan murid sehingga secara positif memengaruhi pembelajaran dan dampaknya. Apa sajakah elemen itu?
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

21 Sep
Balas

Sangat inspiratif. Salam literasi

18 Aug
Balas

Ulasannya keren. Sukses selalu sahabat gurusianer

26 Sep
Balas

Setuju banget pak

06 Jan
Balas



search

New Post