Sucipto

SMK Negeri 1 Tuban Jalan Mastrip No. 2 Kel. Sidorejo Kec. Tuban Kab. Tuban Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sekolah 5R

SEKOLAH 5R

Kita sebagai guru, murid dan semua warga sekolah tentu mendambakan sebuah sekolah yang nyaman dan menyenangkan bagi pelaksanaan proses belajar mengajar. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal ini, cara paling mudah adalah mencontoh sekolah yang sudah dalam kondisi nyaman dan menyenangkan. Sekolah yang begitu masuk gerbang sudah disambut senyum Bapak dan Ibu guru, suasana yang bersih dan tertata rapi, gedung-gedung sekolah dicat bersih dengan warna yang sejuk, tanaman terawat rapi dan subur, pohon-pohon teduh seolah meneduhkan hati. Tentu saja kita para guru, murid dan semua warga sekolah dapat memberikan gambaran yang berbeda-beda tentang kondisi sekolah Untuk mendapat kondisi yang seperti dapat kita terapkan Sekolah 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Kita dapat mengembangkan definisi masing-masing dari 5R tersebut.

1. Ringkas adalah membedakan antara barang yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan dan selanjutnya menyingkirkan barang yang tidak diperlukan tersebut. Ringkas dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan semua barang yang tidak diperlukan dari lingkungan kerja.

2. Rapi adalah menata barang yang diperlukan pada tempat yang memudahkan untuk segera mengambil barang tersebut. Rapi berarti menyimpan barang dalam tata letak yang benar mengikuti suatu aturan yang ditetapkan.

3. Resik adalah menjaga lingkungan kerja dan seluruh barang dalam keadaan baik dan bersih. Resik berarti menjaga agar tempat kerja bersih dan rapi, serta melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi tempat kerja dan barang dalam keadaan baik dan pada tempatnya.

4. Rawat adalah memelihara lingkungan yang sudah Ringkas, Rapi, dan Resik sepanjang waktu dengan membuat standar operasional prosedur yang diketahui, dipahami dan dilaksanakan semua warga sekolah.

5. Rajin adalah membuat 4R sebelumnya menjadi suatu kebiasaan untuk pengembangan yang berkelanjutan. Rajin berarti mempertahankan standar prosedur yang telah ada untuk menjalankan Ringkas, Rapi, Resik, dan rawat secara berkelanjutan.

SMK Negeri 1 Tuban, 13 Nopember 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa pak

14 Nov
Balas

Keren

15 Nov
Balas



search

New Post