Sucipto

SMK Negeri 1 Tuban Jalan Mastrip No. 2 Kel. Sidorejo Kec. Tuban Kab. Tuban Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web

Prestasi Belajar

PRESTASI BELAJAR

Prestasi belajar mengandung 2 kata yang masing-masing mempunyai pengertian. Oleh karena itu sebelum diartikan secara harfiah, harus didefinisikan terlebih dahulu masing-masing kata.

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai, dilakukan, dikerjakan dan sebagainya (WJS. Poerwadarminta, 1991:787). Prestasi dapat juga diartikan sebagai hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, baik secara individu maupun kelompok. (Djamarah, 1994:19). Sedangkan menurut Masud, Prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja. Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik garis yang sama bahwa prestasi berinti pada hasil dari suatu kegiatan Prestasi tidak akan pernah dicapai oleh seseorang apabila seseorang tersebut tidak melakukan suatu kegiatan.

Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang dipelajari (Djamarah, 1994: 21). Dari pengertian ini aktivitas belajar mempunyai suatu tujuan yang ingin dicapai selama proses. Tujuan dari aktivitas belajar adalah perubahan dalam diri individu.

Dari beberapa uraian di atas, kemudian dapat diambil kesimpulan tentang pengertian prestasi belajar. Prestasi adalah hasil yang diperoleh dari suatu aktivitas, sedangkan belajar adalah suatu proses yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu, yakni perubahan tingkah laku. Dengan pengertian sederhana prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh dari berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari aktivitas dalam belajar.

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. (WJS. Poerwadarminta, 1991:787).

Untuk memperoleh prestasi belajar dibutuhkan proses yang panjang dan ketekunan dari murid dalam proses pembelajaran, tentu di bawah bimbingan seorang guru. Seorang guru harus betul-betul mengenal muridnya, mulai dari karakter, kepribadian, gaya belajar, kemampuan, minat dan hobi masing-masing murid. Dengan pengetahuan yang mendalam terhadap muridnya, maka guru dapat mengarahkan cara murid untuk belajar dan meraih prestasinya. Bagi murid harus mempunyai ketekunan dan sifat yang gigih dan patuh terhadap semua petunjuk yang diberikan oleh guru. Dengan ketekukan dan ketaatan dari murid kepada guru maka, proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan dapat menghasilkan prestasi belajar sesuai dengan kemampuan murid masing-masing.

SMK Negeri 1 Tuban, 13 Nopember 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bermanfaat

15 Nov
Balas

Sangat bermanfaat

16 Nov
Balas

Insyaa Allah bermanfaat

13 Nov
Balas

Sangat memberi manfaat yang juga menginspirasi saya sebagai guru

17 Nov
Balas

Sangat menginspirasi dan bermanfaat menambah wawasan saya. Terimakasih, bapak

17 Nov
Balas



search

New Post