Sucipto

SMK Negeri 1 Tuban Jalan Mastrip No. 2 Kel. Sidorejo Kec. Tuban Kab. Tuban Jawa Timur...

Selengkapnya
Navigasi Web

ADAB DAN AKHLAK PENUNTUT ILMU BAGIAN 1

ADAB DAN AKHLAK PENUNTUT ILMU

(Bagian #1)

 

PENUNTUT ILMU

Tatkala kita mendatangi suatu majelis ilmu (khususnya ilmu agama) di masjid, di lembaga pendidikan, di madrasah atau di sekolah pada umumnya, ketika ilmu (nasihat) disampaikan oleh Ustad atau guru kepada kita, seketika muncul dalam diri kita suatu kesadaran akan pentingnya ilmu dan manfaat yang dapat kita rasakan dan menjadi tujuan dari kehidupan di dunia dan khususnya di akhirat. Namun, ketika kita sudah keluar dari lingkungan majelis ilmu itu seolah tak berbekas. Hati yang sebelumnya dapat menerima ilmu (nasihat) dengan baik kemudian mengeras dan membatu kembali.

Dengan perenungan yang dalam, kita akan menemukan bahwa yang datang ke majelis ilmu atau manusia pada umumnya akan terbagi menjadi tiga yaitu:

Pertama, manusia yang menerima ilmu laksana mendapatkan pukulan dengan cemeti. Ketika sesorang habis dipukuli dengan cemeti itu, ia sama sekali tidak merasakan sakit. Kehadirannya di majelis ilmu dan ketika keluar dari majelis tidak ada sedikit yang dia dapat. 

Kedua, manusia yang menerima ilmu, mendapati kondisi jiwa dan pikirannya sangat baik, tenang dan dapat menerima segala bentuk nasihat yang masuk ke dalam dirinya. Seolah dia sudah terlepas dari segala kebutuhan duniawi. Semua panca inderanya tenang dan hatinya hadir dalam majelis ilmu  itu. Namun ketika dia keluar dari majelis itu, maka jiwa lamanya yang diselubungi dengan kebutuhan duniawi kembali hadir, kembali disibukkan hanya urusan dunia.

Ketiga, manusia yang tenang dengan panca indera yang berfokus pada ilmu yang disampaikan oleh gurunya, matanya memperhatikan bahasa tubuh gurunya, telinganya hanya mendengarkan dengan seksama apa yang keluar dari mulut gurunya, tangannya mencatat setiap kalimat yang diucapkan gurunya. Ketika keluar dari majelis ilmu langkah kakinya mantap untuk menerapkan ilmu yang baru saja didapat dari gurunya. Sesampai di rumahnya, apa yang dicatat di mejelis ilmu tadi dibacanya kembali. Mencoba untuk memilah ilmu yang mana yang dapat dengan segera diamalkannya.

Tentu kita berharap kitalah manusia ketiga itu, penuntut ilmu yang dengan ilmunya dia akan memulai untuk mengamalkannya. Yang dengan ilmu yang kemudian diamalkannya, dia mendapati dirinya berada di jalan yang lurus. Ilmu mempunyai frekuensi yang sangat positif, ilmu adalah pegangan.   Hadist-hadist yang membicarakan tentang fadhilah (keutamaan) ilmu sangatlah banyak. Imam Muslim telah menshahihkan sebagian darinya, diantaranya hadist Abu Hurairah Radiallahuanhu secara marfu: “Barang siapa menempuh sebuah jalan dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”.

Tentu tidak mudah karena godaan dunia sangatlah beragam dan sangat melalaikan. Perumpamaan tabiat kecenderungan manusia pada dunia laksana air yang terus mengalir menuju tempat yang lebih rendah. Dibutuhkan kekuatan hati dan pikiran untuk kita bisa naik ke atas. Di sinilah dibutuhkan syariat agama untuk menguatkan dengan kabar gembira dan acaman yang diberikan agama untuk mempertajam akal kita. 

 

(Bersambung ke bagian #2)

 

Kitab Rujukan:

1.       Ibnu Hajar al-‘Asqalani. “Fathul Bari, Syarah Shahih al-Bukhari: Kitab Ilmu” Jilid 2/35. Penerbit Imam Asy-Syafii. 2018.

2.       Imam Al-Bukhari. “Kitab Al-Adabul Mufrad”. Pensyarah Syaikh Dr. Muhammad Luqman as-Salafi “Rasysyul Barad Syarh al-Adabil Mufrad”. Penerbit Griya Ilmu. 2009.

3.       Imam Nawawi. “Adabul ‘Alim wal Muta’allim”. Penerbit Maktabah ash-Shahabah, Thantha. 1987.

4.       Imam Ibnu Al-Jauzi. “Shaidul Khatir” . Penerbit Maghfirah. 2016.

5.       Imam As Syafii. “Al Umm: Kajian Ilmu”. Jilid 15/16. Penerbit Pustaka Azzam. 2014.

 

 

SMK Negeri 1 Tuban, 12 Nopember 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap barakallah

13 Nov
Balas

mantap pak

14 Nov
Balas

mantap pak

14 Nov
Balas

Bermanfaat dan menginspirasi

15 Nov
Balas

Bermanfaat dan menginspirasi

15 Nov
Balas

sangat bermanfaat, dan semoga kita tergolong jenis manusia yang ketiga.

12 Nov
Balas

Semoga anak-anak yang menuntut ilmu di SMK Negeri 1 Tuban dengan bimbingan bapak/ibu GTK memperoleh ilmu yang bermanfaat

12 Nov
Balas

Terima kasih telah memberikan ilmu yang luar biasa, semoga kita semua selalu menjadi manusia ketiga itu, yaitu penuntut ilmu yang dengan ilmunya dia akan memulai untuk mengamalkannya. Amin

12 Nov
Balas

Semoga Ilmu kita dan anak anak berkah dunia akherat,aamiin....

14 Nov
Balas

subhanallah.. analogi sederhana tapi mendalam maknanya. sesuatu yg kita ketahui namun tak pernah kita sadari,membuka pikiran dan hati.

12 Nov
Balas

Alhamdulillah...semoga kita semua menjadi manusia yg ketiga dan semoga ilmu yg kita berikan menjadi keberkahan dan bermanfaat.

13 Nov
Balas

Alhamdulillah...semoga kita semua menjadi manusia yg ketiga dan semoga ilmu yg kita berikan menjadi keberkahan dan bermanfaat.

13 Nov
Balas

Semoga Ilmunya Barokah

12 Nov
Balas

Pencerahan yang luar biasa, dan sering kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih atas ilmu yang diberikan, sbg pengingat dan instropeksi untuk diri saya, agar tergolong menjadi manusia yang ketiga.

12 Nov
Balas

Semoga kita dan anak-anak didik kita termasuk kedalam golongan yang ketiga. Amin.

12 Nov
Balas

Mudah2 an slalu diistiqomahkan di majlis ilmu dan memberikan keberkahan dalam kehidupan kita

12 Nov
Balas

Alhamdulillah....Sebuah pencerahan untuk peserta didik dan pendidik. Semoga dengan adab yang baik, Ilmu yang diperoleh anak anak menjadi ilmu yang bermanfaat, begitu juga dengan ilmu yang kita ajarkan, semoga bermanfaat dan mendapatkan ridho Allah Ta'ala. Aamiin

12 Nov
Balas

Alhamdulillah....Sebuah pencerahan untuk peserta didik dan pendidik. Semoga dengan adab yang baik, Ilmu yang diperoleh anak anak menjadi ilmu yang bermanfaat, begitu juga dengan ilmu yang kita ajarkan, semoga bermanfaat dan mendapatkan ridho Allah Ta'ala. Aamiin

12 Nov
Balas

Semoga kita tercerahkan dengan Ilmu yang kita pelajari, sehingga kita selalu haus akan menuntut ilmu dan menjadi pribadi yang lebih baik, baik bagi guru maupun bagi murid-murid kita.

12 Nov
Balas

Saat ini memang sudah mulai krisis adab dan tata krama, ini sebagai daya pengingat kembali untuk kita semua.

13 Nov
Balas

alhamdullilah.mudah2an di beri keberkahan ilmu yang manfaat

13 Nov
Balas

Alhamdulillaah...

13 Nov
Balas

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,

13 Nov
Balas

ditunggu part 2 nya

13 Nov
Balas

Alhamdulillah, membuka cakrawala pencerahan tuk kami. Terimakasih. Sangat bermanfaat untuk kami, bapak. Membuat kami tersadar, bahwa memang adzab, kesopanan, dan budi pekerti sangat diperlukan untuk menyeimbangkan ilmu. Karena meski seseorang mempunyai ilmu yang tinggi, akan tetapi tidak diimbangi dengan adzab, kesopanan, dan budi pekerti yang baik, maka ilmu yang dimiliki tidak akan membawa keberkahan & kesuksesan. Semoga kita semua dalam golongan orang ke-3 seperti yang bapak sampaikan. Sekali lagi terima kasih atas ilmu yang diberikan, bapak. Skses, sehat, dan bahagia sll tuk bapak sekeluarga. Aamiin...3X..YRA

14 Nov
Balas

Alhamdulillah, membuka cakrawala pencerahan tuk kami. Terimakasih. Sangat bermanfaat untuk kami, bapak. Membuat kami tersadar, bahwa memang adzab, kesopanan, dan budi pekerti sangat diperlukan untuk menyeimbangkan ilmu. Karena meski seseorang mempunyai ilmu yang tinggi, akan tetapi tidak diimbangi dengan adzab, kesopanan, dan budi pekerti yang baik, maka ilmu yang dimiliki tidak akan membawa keberkahan & kesuksesan. Semoga kita semua dalam golongan orang ke-3 seperti yang bapak sampaikan. Sekali lagi terima kasih atas ilmu yang diberikan, bapak. Skses, sehat, dan bahagia sll tuk bapak sekeluarga. Aamiin...3X..YRA

14 Nov
Balas

rasakan abadi

14 Nov
Balas

Mantap pak

14 Nov
Balas

Mantap pak

14 Nov
Balas

Okelah gen

14 Nov
Balas

Okelah gen

14 Nov
Balas

Mantap sekali Bapak, dapat menginspirasi saya dan memberikan pencerahan bagi saya

14 Nov
Balas

Mantap sekali Bapak, dapat menginspirasi saya dan memberikan pencerahan bagi saya

14 Nov
Balas

Mantap sekali Bapak, dapat menginspirasi saya dan memberikan pencerahan bagi saya

14 Nov
Balas

Mantap sekali Bapak, dapat menginspirasi saya dan memberikan pencerahan bagi saya

14 Nov
Balas

Mantap sekali Bapak, dapat menginspirasi saya dan memberikan pencerahan bagi saya

14 Nov
Balas

Bagus bapak, sangat menginspirasi buat saya

17 Nov
Balas



search

New Post