VERIFIKASI SEKOLAH SEHAT SEKOTA TANGERANG
SELASA , 29 NOPEMBER 2019
INSTRUMEN PENILAIAN
LOMBA SEKOLAH SEHAT BAGI SMP/MTs.SMP/MTs
Nama Sekolah/Madrasah : SMP NEGERI 28 TANGERANG
Alamat : JL. Raden fata Rt. 01/01 No.01
Paninggilan Utara Ciledug
Telepon : 021 73460472
Nama Puskesmas Pembina : Puskesmas Paninggilan Utara
Kabupaten/Kota : Kota Tangerang
Provinsi : Banten
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
Ruang Kepala Sekolah
1.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
a. Bersih
- tidak ada debu
- tidak ada sarang laba-laba
- tidak ada bekas bocor lama pada dinding dan langit-langit
- tidak ada sampah (kecuali ditempat sampah)
20
20
20
20
V
V
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
Uji usap dengan tissu
b. Rapi
- buku dan berkas tersusun rapi pada
tempatnya
20
V
2.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tetapi tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 10% dari luas lantai
0
50
c. Luas ventilasi > 10 % dari luas lantai atau pakai AC
100
V
3
Letak ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
Bisa membaca dengan jarak 30 Cm dari buku, diuji denga menyalakan lampu
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
50
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
4. Pencahayaan
a. Kurang terang
b. Terang dengan bantuan lampu
atau terang alami
100
50
100
V
Jumlah nilai halaman 1
400
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
Ruang Guru
5.
Kebersihan dan Kerapihan ruangan
a. Bersih
- tidak ada debu
- tidak ada sarang laba-laba
- tidak ada bekas bocor lama pada
dinding dan langit-langit
- tidak ada sampah (kecuali ditempat sampah)
20
20
20
20
V
V
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
Uji usap dengan tissu
b. Rapi
- Buku dan berkas tersusun rapi pada tempatnya
20
V
6.
Ventilasi tidak termasuk jendela
a. Tidak ada ventilasi atau atau jika AC tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 10% dari luas lantai
0
50
c. Luas lubang ventilasi >10% dari luas lantai
100
V
7.
Letak ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
50
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
8.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
Bisa membaca dengan jarak 30 cm dari buku
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
Jumlah nilai halaman 2
400
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
Ruang Kelas
9.
Kebersihan dan Kerapihan ruang
Bersih :
- Tidak ada coretan di meja murid & guru
- Tidak ada bekas bocor lama
- Tidak ada sampah/kotoran di lantai
- Tidak ada coretan di dinding
- Tdk ada debu
- Tidak ada sarang laba-laba
- Tidak ada sampah dilaci
Rapi :
- Buku dan berkas tersusun rapi pada tempatnya
5
10
10
15
15
15
15
15
V
V
V
V
V
V
V
V
Tidak ada coretan dan sampah
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
10.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
a. Tidak ada ventilasi atau jika AC tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 20% dari luas lantai
0
50
c. Luas lubang ventilasi > 20% dari luas lantai
100
V
11.
Letak Ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
50
75
100
V
12.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
Bisa membaca dengan jarak 30 cm dari buku
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
13.
Rasio tempat cuci tangan dengan jumlah kelas
a. 1 : > 4
b. 1 : 3
25
50
c. 1 : 2
75
d. 1 : 1
100
V
Jumlah nilai halaman 3
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
14.
Akses tempat cuci tangan
a. Terkumpul di suatu tempat
50
b. Disekitar kelas
100
V
15.
Penggunaan air pada tempat cuci tangan
a. Tidak dengan air mengalir (tidak ada gayung, menggunakan satu wadah untuk bersama)
25
b. Bervariasi, dengan air mengalir dan tidak mengalir (lebih banyak menggunakan air tidak mengalir)
50
c. Bervariasi, dengan air mengalir dan
tidak mengalir ((lebih banyak menggunakan air mengalir)
75
d. Dengan air mengalir (menggunakan
gayung atau kran)
100
V
16.
Sabun pada tempat cuci tangan
a. Tidak ada sabun di semua tempat cuci tangan
0
b. Ada sabun < 50% dari jumlah tempat cuci tangan
50
c. Ada sabun ≥ 50% dari jumlah tempat
cuci tangan
75
d. Ada sabun di semua tempat cuci
tangan
100
V
17.
Jarak papan tulis dengan kursi terdepan
a. Semua kelas < 2,5 m
0
b. Jika lebih banyak kelas < 2,5 m
c. Jika lebih banyak kelas ≥ 2,5 m
50
75
d. Semua kelas > 2,5 m
100
V
18.
Kepadatan Ruang Kelas
a. Semua kelas < 1,75 m2 per murid
0
b. Jika lebih banyak kelas < 1,75 m2 per murid
25
c. Jika lebih banyak kelas > 1,75 m2 per murid
50
d. Semua kelas ≥ 1,75 m2 per murid
100
V
Jumlah nilai halaman 4
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
19.
Rasio tempat sampah dengan jumlah kelas
(didalam atau diluar kelas)
a. 1 : > 4
25
b. 1 : 3
50
c. 1 : 2
75
d. 1 : 1
100
V
20.
Tempat sampah di dalam dan atau di luar
a. Seluruhnya terbuka
25
b. Jika lebih banyak yang terbuka
50
c. Jika lebih banyak yang tertutup
d. Tertutup di setiap kelas
100
V
21.
Pemilahan sampah di luar kelas :
a. Seluruh kelas tempat sampahnya tidak dipilah
25
Keterangan pemilahan sampah minimal dua jenis:
Sampah basah (organik) dan sampah kering (anorganik)
b. Sebagian besar kelas, tempat sampahnya tidak dipilah
50
c. Sebagian besar kelas, tempat sampahnya dipilah
75
d. Seluruh kelas tempat sampahnya dipilah
100
V
Jumlah nilai halaman 5
300
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
22.
23.
Ruang Perpustakaan
Kebersihan dan kerapiha ruangan
Bersih- Tidak ada coretan di meja murid & guru
- Tidak ada bekas bocor lama
- Tidak ada sampah/kotoran di lantai
- Tidak ada coretan di dinding
- Tdk ada debu
- Tidak ada sarang laba-laba
- Tidak ada sampah dilaci
b. Rapi :
- Buku dan berkas tersusun rapi pada tempatnya
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
5
10
10
15
15
15
15
15
V
V
V
V
V
V
V
V
Tidak ada coretan dan sampah
Nilai kumulatif (dijumlahkan
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tetapi tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 20% dari luas lantai
0
50
c. Luas lubang ventilasi > 20% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
24.
Letak Ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
b. Di satu sisi dinding
50
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
75
d Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
25.
Pencahayaan
Bisa membaca dengan jarak 30 cm dari buku
a. Kurang terang
50
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
26.
Buku-buku tentang kesehatan (selain buku pelajaran termasuk artikel dan majalah kesehatan)
a. 1 – 3 judul buku
50
b. 4 – 6 judul buku
75
c. > 6 judul buku
100
V
Jumlah nilai halaman 6
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
27.
28.
Tempat Ibadah
Kebersihan
a . Kurang bersih
b,Bersih
Kebersihan sarana ibadah :
50
100
V
a. Lantai/karpet/alas
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Kitab suci & perlengkapan ibadah
25
V
c. Rak/ lemari/ meja/ kursi
25
V
d. Tempat wudhu (termasuk toilet)/ tempat air suci/ tempat sesaji/ tempat dupa
25
V
29.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tetapi tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 20% dari luas lantai
0
50
Bisa membaca dengan
jarak 30cm dari buku
a. Luas lubang ventilasi > 20% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
30.
Letak Ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
50
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
31.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
Ruang UKS
32.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
a. Bersih
- Tidak ada bekas bocor lama pada dinding dan langit-langit
10
V
- Tidak ada sampah (kecuali di tempat sampah
- Lantai bersih
- tempat tidur dan sprei bersih
- tempat cuci tangan bersih
- peralatan UKS bersih
- tidak ada debu
- tidak ada sarang laba-laba
b. Rapih
- Peralatan termasuk sprey
- Buku dan berkas tersusun rapih pada tempatnya
10
10
10
10
10
10
10
10
10
V
V
V
V
V
V
V
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan
33.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tetapi tidak berfungsi
b. Luas lubang ventilasi < 10% dari luas lantai
0
50
c. Luas lubang ventilasi > 10% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
34.
Letak Ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau atau jika AC tidak berfungsi
0
Jika AC tidak berfungsi, jendela harus dibuka (untuk pertukaran udara)
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
50
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
35.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
36.
Tempat cuci tangan di ruang UKS
a. Menggunakan air dalam wadah (tidak mengalir) tanpa sabun
25
Jumlah nilai halaman 8
800
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
b. Menggunakan air dalam wadah (tidak mengalir) dengan sabun
50
c. Menggunakan air mengalir tanpa sabun
75
d. Menggunakan air mengalir dengan sabun
100
V
37.
Tempat sampah
a. Tidak ada
0
b. Ada terbuka
50
c. Ada tertutup
100
V
38.
Perlengkapan ruang UKS
39.
Bahan dan obat-obatan P3K
a. Obat luka
b. Kain kasa steril
c. Kapas
d. Alkohol
e. Plester kecil untuk luka
f. Elastis verban
g. Plester
15
15
15
10
10
10
5
V
V
V
V
V
V
V
Jika spalk dan mitela
terletak di ruang
PMR
diminta untuk
diperlihatkan
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
h. Verban
i. Spalk (penyangga patah tulang)
j. Mitela/ kain segitiga
k. Gunting
5
5
5
5
V
V
V
V
40.
Obat-obatan P3P
a. Obat turun panas/ obat pengurang sakit
b. Oralit
c. Talk atau bedak cair untuk gatal-gatal
d. Obat maag
e. Obat gosok
20
20
20
20
20
V
V
V
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
41.
Kartu/ buku data kegiatan UKS
a. KMS AS/ Buku catatan pengukuran BB/TB
20
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Buku data hasil pemeriksaan kesehatan
20
V
c. Buku data rujukan kasus
20
V
d. Buku/ data harian & bulanan
20
V
e. Buku data kegiatan pembinaan UKS
20
V
42.
Tim pelaksana UKS
a. 2 unsur
25
b. 3 unsur
50
c. 4 unsur
75
d. 5 unsur atau lebih
100
V
43.
Bagan struktur organisasi
a. Tidak ada
0
b. Ada, tidak ditempel di dinding
75
c. Ada, ditempel di dinding
100
V
Jumlah nilai halaman 10
700
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
44.
Papan data kegiatan pelaksanaan UKS
a. Tidak ada
b. Ada, tidak ditempel di dinding
0
75
c. Ada, ditempel di dinding
100
V
45.
Jumlah program/ kegiatan Tim Pelaksana UKS
a. < 5 kegiatan
50
b. > 5 kegiatan
100
V
46.
Kerjasama Tim Pelaksana UKS tahun 2010 dengan
a. Komite Sekolah
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Dinas, instansi terkait lainnya (selain 4 instansi terkait)
25
V
c. Dunia usaha (selain industri rokok)
50
V
47.
Jumlah siswa yang sudah mengikuti pelatihan Kader Kesehatan Sekolah (dokcil/KKR, PMR, konselor sebaya)
Persentasi dari jumlah siswa kelas 7 & 8 (SMP)
a. < 5%
50
b. 5% - 10%
75
c. > 10%
100
V
48.
Guru dan atau kepala sekolah yang mengikuti pelatihan UKS
a. 1 orang, yang telah ditatar/ dilatih UKS
50
b. > 2 orang yang telah ditatar/ dilatih UKS
100
V
49.
Pemanfaatan ruang dan fasilitas UKS dalam 1 tahun terakhir
a. Sebagai sarana pelayanan
50
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Sebagai sarana pembelajaran
50
V
Jumlah nilai halaman 11
600
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
50.
Buku-buku pengetahuan/ media KIE tentang kesehatan
a. Buku pedoman tentang kesehatan UKS/UKGS
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Poster/ banner
25
V
c. Leaflet/ booklet
25
V
d. Lembar balik
25
V
Ruang Bimbingan Konseling (BK)
51.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
a. Bersih :
- Tdk ada debu
- Tidak ada sarang laba-laba
- Tidak ada bekas bocor lama pada dinding dan langit-langit
- Tidak ada sampah (kecuali di tempat sampah)
20
20
20
20
V
V
V
V
Uji usap dengan tisu
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Rapi :
Buku dan berkas tersusun rapi pada tempatnya
20
V
52.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
.
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tetapi tidak berfungsi
0
b. Luas lubang ventilasi < 10% dari luas lantai
50
c. Luas lubang ventilasi > 10% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
53.
Letak Ventilasi
a. Di satu sisi dinding atau jika ada AC tapi tidak berfungsi
50
Jika AC tidak berfungsi, jendela
harus dibuka (untukpertukaran udara
b. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
75
c. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
54.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
Bisa membaca dengan jarak
30cm dari buku
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
Jumlah nilai halaman 12
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
55.
Program bimbingan dan konseling
a. Tidak ada
0
b. Ada, tidak terjadwal
50
c. Ada terjadwal
75
d. Ada terjadwal dan insidentil
100
V
56.
Program bimbingan dan konseling
a. Kesehatan mental remaja
20
V
b. Perilaku (merokok/napza, tawuran, KDRT)
20
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
c. Kesehatan reproduksi
20
V
d. Kesehatan Inteligensi
20
V
e. Bimbingan karier
20
V
57.
Ruang untuk “konseling”
a. Tidak ada ruang konseling
0
b. Menggabung dengan tempat lain
50
c. Ada, tersendiri, tetapi tidak privasi
75
d. Ada dan privasi
100
V
58.
Tenaga yang memberikan konseling
a. Wali kelas
50
b. Guru lain yang sudah mendapat pelatihan terkait bimbingan dan konseling
75
c. Guru BK
100
V
59.
Kelengkapan ruang/ tempat konseling
a. Ada buku register saja
10
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
Catat jenis kasus yang sering terjadi
b. Ada buku catatan siswa/ buku kasus
20
V
c. Ada buku rujukan
25
V
d. Ada catatan konseling perorangan
25
V
e. Ada lemari buku penyimpanan data siswa
10
V
f. Poster, leaflet, alat peraga, buku pedoman
Jumlah nilai halaman 13
10
V
500
Ruang laboratorium/ Ketrampilan/ Praktek/ workshop (untuk SMK disesuaikan dg program keahlian)
60.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
a. Bersih:
- Dinding dan langit-langit
- Lantai
- Tempat cuci tangan/peralatan lab
- Peralatan Lab
- Tidak ada debu,
- Tidak ada sarang laba-laba,
b. Rapi :
- Peralatan tersusun rapi pada tempatnya
10
15
15
15
15
15
15
V
V
V
V
V
V
V
Untuk lab bahasa/budaya & komputer, pada point c tetap diberikan nilai penuh.
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
61.
Ventilasi tidak termasuk jendela
a. Tidak ada ventilasi atau ada AC tapi tidak berfungsi)
0
b. Luas lubang ventilasi < 10% dari luas lantai
50
c. Luas ventilasi > 10 % dari luas lantai atau pakai AC
100
V
62.
Letak ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau jika AC tidak berfungsi
0
b. Di satu sisi dinding
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
50
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
Jumlah nilai halaman 14
300
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
63.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
Bisa membaca dgn
jarak 30cm dari buku
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
64.
Tempat cuci tangan di Ruang Laboratorium
a. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) tanpa sabun
25
Untuk lab bahasa/budaya & komputer, nilai nomor ini = 100
b. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) dengan sabun
50
c. Menggunakan air mengalir tanpa
sabun
75
d. Menggunakan air mengalir dengan sabun
100
V
65.
Tempat sampah
a. Tidak ada
0
b. Ada terbuka
50
c. Ada tertutup
100
V
v Kantin sekolah
66.
Letak kantin
a. Berhubungan langsung dengan KM/WC
0
b. Tidak berhubungan langsung dengan KM/WC
50
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
c. Jarak < 20 m dari tempat penampungan sampah sementara
0
d. Jarak > 20 m dari Tempat Penampungan sampah sementara/ tidak ada tempat penampungan sampah sementara karena langsung diangkut
50
V
67.
Bebas serangga :
a. Ada lalat
0
b. Tidak ditemukan lalat sama sekali
100
V
Jumlah nilai halaman 15
500
TEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
68.
Kebersihan dan kerapihan ruangan
a. Bersih:
- Dinding
- Lantai
- Langit-langit
20
20
15
V
V
V
- Tidak ada debu
- Tidak ada sarang laba-laba
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Rapi :
- Penataan alat makan
- Penataan makanan yang dijual
- Penataan peralatan masak dan makan yang dijual
15
15
15
V
V
V
69.
Kebersihan sarana kantin
a. Peralatan masak
b. Tempat menyimpan bahan makanan
c. Tempat pengolahan makanan
d. Tempat penyimpanan peralatan masak
e. Peralatan makan (piring, mangkok, sendok, garpu, sumpit, gelas)
f. Tempat cuci tangan
g. Tempat sampah
h. Tempat cuci peralatan makanan
i. Tempat penyajian/penutup makanan
10
10
10
10
10
10
10
15
15
V
V
V
V
V
V
V
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
70.
Ventilasi (tidak termasuk jendela)
a. Luas lubang ventilasi < 20% dari luas lantai
50
b. Luas lubang ventilasi > 20% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
Jumlah nilai halaman 16
300
TEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
71.
Letak ventilasi
a. Di satu sisi dinding atau jika ada AC tapi tidak berfungsi
0
b. Di satu sisi dinding
50
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau AC berfungsi
100
V
72.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
b. Terang dengan bantuan lampu atau terang alami
100
V
73.
Makanan yang dijual mengandung
a. Sumber karbohidrat
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Sumber protein
25
V
c. Sumber vitamin dan mineral
- Sayur
- buah
25
25
V
V
74.
Penyajian makanan yang dijual
a. Disajikan di tempat terbuka, sebagian atau seluruh makanan terbuka
0
b. Disajikan di tempat terbuka, seluruh makanan terbungkus
50
c. Disajikan di tempat tertutup dan makanan tidak terbungkus
75
d. Semua disajikan dalam tempat tertutup dan semua makanan terbungkus
100
V
75.
Makanan kemasan (pabrikan) yang dijual
a. Ada label/ ijin BPOM/ Depkes
30
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Kemasan tidak rusak
30
V
c. Belum kadaluarsa
40
V
Jumlah nilai halaman 17
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
76.
Makanan dan minuman yang dijual
a. Diduga kuat ada yang mengandung zat pewarna dan atau pengawet yang dilarang
0
b. Tidak ada yang mengandung zat pewarna yang dilarang
100
V
77.
Makanan dan minuman yang dijual
a. Ada makanan yang ‘manis yg lengket’ dan atau minuman bersoda
0
Makanan manis lengket misalnya: dodol, permen, gulali, wajik, coklat.
b. Tidak ada makanan yang ‘manis yg lengket’ dan atau minuman bersoda
100
V
78.
Petugas / penjaga kantin
a. Pakaian bersih dan rapi
15
V
b. Menggunakan celemek
15
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
Lihat kukunya
c. Menggunakan tutup kepala
15
V
d. Menggunakan alat/perlengkapan saat menjamah makanan
15
V
e. Tidak sedang menderita sakit; batuk, pilek, mata, kulit dan penyakit menular lainnya
g. Kuku terpotong pendek dan bersih
20
20
V
V
79.
Pencucian alat makan/ minum jajanan:
a. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) tanpa sabun
25
b. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) dengan sabun
50
c. Menggunakan air mengalir tanpa sabun
75
d. Menggunakan air mengalir dengan sabun
100
V
80.
Alat pengering perlengkapan makan
a. Lap kotor
0
b. Lap bersih
50
c. Lap bersih & terpisah dengan lap yg lain
75
d. Dikeringkan/ ditiriskan di rak
100
V
81.
Tempat cuci tangan di kantin
a. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) tanpa sabun
25
b. Menggunakan air dengan wadah (tidak mengalir) dengan sabun
50
c. Menggunakan air mengalir tanpa sabun
75
d. Menggunakan air mengalir dengan sabun
100
V
82.
Tempat sampah
a. Tidak ada
0
b. Ada tapi terbuka
50
c. Ada tertutup
100
V
83.
Pengawasan kantin sekolah dilakukan oleh
a. Kader Kesehatan Sekolah (KKR)
25
b. Guru Pembina UKS
50
c. Kader Kesehatan Sekolah dan Guru Pembina UKS
75
d. Dilakukan oleh a, b dan petugas kesehatan
100
V
84.
Saluran pembuangan air limbah kantin
a. Tidak disemen, terbuka, mengalir
b. Disemen, terbuka, mengalir lancar
c. Disemen, tertutup, mengalir lancar
25
50
100
V
Jumlah
Kamar mandi, WC dan Peturasan
900
85.
Kebersihan
a. Semua kamar mandi/ WC/ Peturasan kotor
0
b. Sebagian besar kamar mandi/ WC/ Peturasan kotor
25
c. Sebagian besar kamar mandi/ WC/ Peturasan bersih
75
d. Semua kamar mandi/ WC/ Peturasan bersih
100
V
86.
Bau kamar mandi/WC
a. Semua kamar mandi/WC bau tidak sedap
0
b. Sebagian besar kamar mandi/WC bau tidak sedap
25
c. Sebagian kecil kamar mandi/WC bau tidak sedap
75
d. Semua kamar mandi/WC tidak bau
100
V
87.
Ventilasi
a. Semua lubang ventilasi luasnya < 30% dari luas lantai
0
b. Sebagian besar lubang ventilasi luasnya < 30% dari luas lantai
25
c. Sebagian besar lubang ventilasi luasnya > 30% dari luas lantai
75
d. Semua lubang ventilasi luasnya > 30% dari luas lantai atau pakai AC
100
V
88.
Letak ventilasi
a. Tidak ada ventilasi atau jika exhaust fan tidak berfungsi
0
b. Di satu sisi dinding
50
c. Di dua sisi dinding tidak berhadapan
75
d. Di dua sisi dinding berhadapan atau exhaust berfungsi
100
V
89.
Pencahayaan
a. Kurang terang
50
b. Terang dengan bantuan lampu/terang alami
100
V
90.
Penampungan atau bak air pada WC/KM:
a. Seluruhnya kotor/ berlumut
0
b. > 50% kotor/ berlumut
25
c. < 50% kotor/ berlumut
75
d. Seluruhnya bersih
100
V
91.
W C
a. Sebagian berfungsi
50
b. Semua berfungsi
100
V
92.
Saluran/ tempat penampungan kotoran
a. Tidak dialirkan ke septik tank
0
b. Dialirkan ke septik tank
100
V
93.
Air pada WC/KM
a. Seluruhnya tidak mencukupi
50
b. Sebagian yang mencukupi
75
c. Seluruhnya mencukupi
100
V
94.
Jentik di lingkungan sekolah bak mandi, vas bunga, tempat minum burung, dispenser, ember, kaleng bekas, dll)
a. Ada jentik
0
b. Tidak ada jentik
100
V
95.
Alat mengambil air/ gayung secara umum
a. Ada, tidak aman
50
Tidak membahayakan, tajam, berkarat, berlumut/licin
b. Ada, aman, bersih
100
V
96.
Proporsi jumlah WC/ Urinoir terhadap siswa laki-laki
Ket. Jika tidak dipisah, gunakan proporsi WC/ jamban terhadap peserta didik perempuan
Misal: Jumlah siswa laki-laki 100, siswa perempuan 200, WC 10, maka perbandingan WC dengan peserta didik adalah 10:300=1:30, lihat nilai proporsi perempuan yaitu 75, nilai untuk no. 91 dan 92.
a. 1 : > 70
25
b. 1 : 60
50
c. 1 : 50
75
d. 1 : 40
100
V
97.
Proporsi jumlah WC terhadap siswa perempuan termasuk WC guru
a. 1 : > 50
25
b. 1 : 40
50
c. 1 : 30
75
d. 1 : 25
100
V
98.
Jumlah alat dan bahan pembersih
Ket. Alat dan bahan pembersih:
- Sikat lantai
- Sapu lantai
- Sabun
- disinfektan
- kamper
- sikat WC
- (termasuk yang ada di gudang)
a. Ada, 1 macam
25
b. Ada, 2 macam
50
c. Ada, 3 macam
75
d. Ada 4 macam atau lebih untuk seluruh keperluan WC/KM
100
V
Jumlah
1400
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
99.
Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat
v Halaman, pekarangan dan pagar
Halaman:
Tidak becek Tidak menjadi tempat bersarang dan berkembangbiaknya serangga/ binatang pengerat Ada tempat untuk upacara/ olahraga/ aula Tersedia saluran penuntasan air hujan yang diresapkan ke dalam tanah atau dialirkan ke saluran umum Bersih
10
20
20
20
30
V
V
V
V
V
100.
Tanaman perindang dan tanaman hias
a. Tanaman perindang minimal 2
25
V
b. Tanaman hias beragam minimal 10 jenis
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
c. Tanaman hias tertata rapi
25
V
d. Tanaman tidak membahayakan
25
V
101.
Kebun sekolah/ apotik hidup
a. Beragam minimal 7 jenis
25
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Ditata rapi
25
V
c. Diberi nama/ label
25
V
d. Di manfaatkan
25
V
102.
Pagar :
a. Terawat baik
20
V
b. Bersih
20
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
c. Aman bagi warga sekolah
30
V
d. Berfungsi sebagai pelindung
30
V
103.
Penerapan kawasan tanpa rokok di sekolah/ madrasah
a. Tidak dilaksanakan
0
b. Dilaksanakan (tidak ada yang merokok di lingkungan sekolah
100
V
Cek pada siswa
104.
Sekolah sebagai kawasan tanpa rokok
a. Tidak ada himbauan
b. Ada himbauan tertulis/ poster/ stiker/ spanduk
c. Ada kebijakan dari kepala sekolah
0
50
50
V
V
Nilai kumulatif
(lihat dokumen)
Jumlah nilai halaman 23
600
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
105.
Kegiatan pemberantasan jentik & sarang nyamuk (PSN)
a. PSN minimal dilaksanakan < 1 kali dalam seminggu
25
b. Seminggu 1 kali
50
c. Seminggu > 1 kali
100
V
106.
Suasana lingkungan sekolah, lokasi /letak sekolah
a. Nyaman
40
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
b. Asri
30
V
c. Teduh
30
V
v Sampah dan Air Limbah
107.
Tempat penampungan sampah sementara
a. Dibuat lubang di tanah terbuka
25
b. Dibuat dari pasangan batu bata/ drum terbuka
50
c. Dibuat dari pasangan batu bata/ drum tertutup
75
d. Sampah diangkut langsung keluar lingkungan sekolah termasuk yang dibawa ke tempat pembuatan kompos
100
V
108.
Pengangkutan sampah
a. Diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir di luar sekolah tidak setiap hari, > 3 hari
25
b. Diangkut ke tempat pembuangan sampah akhir di luar sekolah tidak setiap hari, < 3 hari
75
c. Diangkut langsung setiap hari
100
v
Jumlah nilai halaman 24
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
109.
Jarak penampungan sampah sementara dari ruang kelas terdekat
a. < 10 m
0
b. > 10 m atau tidak ada karena diangkut langsung di luar sekolah
100
V
110.
Saluran pembuangan air limbah
a. Tidak disemen, terbuka, mengalir
25
Masuk ke poin WC
b. Disemen, terbuka, mengalir lancar
50
c. Disemen, tertutup, mengalir lancar
100
V
111.
Pembuangan air limbah
a. Dialirkan dengan saluran air ke sungai/ badan air
0
b. Dialirkan ke kolam di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah
50
c. Dialirkan ke saluran parit umum
75
d. Dialirkan ke sumur resapan yang tertutup
100
V
112.
Jarak penampungan air limbah dengan sumber air bersih
a. < 10 m
0
b. ≥10 m/ PAM
100
V
113.
Penanganan limbah laboratorium
a. Sekolah yang menghasilkan limbah B3:
- Bercampur dengan air limbah lainnya
0
B3 : Bahan Beracun dan Berbahaya (formalin, H2O2 amoniak)
- Dilakukan pengenceran limbah sebelum dialirkan/ dialirkan ke penampungan khusus
100
V
b. Sekolah yang tidak menghasilkan limbah B3
Jumlah nilai halaman 25
500
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
v Air Bersih
114.
Jarak sumber air bersih dari sumur peresapan/ septik tank dan sumber pencemaran
Sumber pencemaran:
- Penampungan limbah
- Penampungan sampah
a. < 10 m
0
b. > 10 m/ menggunakan PAM
100
V
115.
Kondisi kualitas fisik air
a. Tidak berwarna
40
V
Ada pertimbangan kondisi geografis
Nilai kumulatif
b. Tidak berbau
30
V
c. Tidak berasa
30
V
116.
Ketersediaan air bersih di sekolah
a. Kurang mencukupi
50
b. Mencukupi untuk seluruh keperluan sekolah
100
V
v Pendidikan Kesehatan
117.
Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) dan pendidikan kesehatan lainnya:
Materi pendidikan KRR :
- HIV-AIDS, IMS, ISR
- Haid, mimpi basah
- Kehamilan termasuk KtD
- Gizi remaja
- Tumbuh kembang remaja
- Narkoba (termasuk rokok)
- P3K
- Penyakit lainnya (P3P)
- PHBS
a. Diberikan 3-4 materi
25
b. Diberikan 5-6 materi
50
c. Diberikan 7-8 materi
75
d. Diberikan >8 materi
Catatan :
Digali melalui DKT dengan siswa
100
V
118.
Guru yang mengajar pendidikan kesehatan
a. Tidak membuat satuan kegiatan harian/ mingguan
25
Jumlah nilai halaman 26
400
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
b. Membuat satuan kegiatan harian / mingguan sendiri tetapi tidak rutin
50
c. Membuat satuan kegiatan harian/ mingguan secara rutin
100
V
119.
Peranserta siswa dalam program UKS
a. Penyuluhan
b. Penjaringan kesehatan/ pemeriksaan kesehatan berkala
c. P3P dan P3K
d. Pengawasan kantin
e. Pemberantasan Sarang Nyamuk
f. Pemanfaatan kebun sekolah/ apotik hidup (tanaman obat keluarga
50
50
50
50
50
50
V
V
V
-
V
V
Nilai kumulatif (dijumlahkan)
120.
Peran siswa/jumantik dalam kebersihan kelas, kebun sekolah termasuk pemeriksaan jentik
Ket. Harus dibuktikan dengan dokumen piket, misal : jadwal dan kegiatan yang dilakukan
a. Siswa/jumantik tidak berperan
0
b. Siswa/jumantik berperan ada piket kelas tapi masih ada sampah/ jentik
50
c. Siswa/jumantik berperan ada piket kelas, bersih dan tidak ada jentik
100
V
121.
Tingkat pengetahuan siswa tentang Pendidikan Kesehatan (dengan kuesioner terlampir)
122.
Pemantauan kebugaran jasmani
Ditanyakan kpd guru penjaskes/ orkes
Norma yg digunakan:
-TKJI, lari 2,4 km, lari 15mnt, blep test, havard step test (naik turun bangku), atau lainnya
a. Tidak dilakukan
0
b. Dilakukan tidak menggunakan norma
c. Dilakukan menggunakan norma tetapi tidak semua kelas
50
75
d. Dilakukan menggunakan norma di semua kelas
100
V
Jumlah nilai halaman 27
550
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
123.
Kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perilaku berisiko (bahaya rokok dan narkoba, HIV-AIDS, seks bebas, kesehatan reproduksi dll)
a. Tidak ada
0
b. Ada 1 – 2 kali/ tahun
50
c. Ada cukup banyak dan aktif
100
V
v Pelayanan kesehatan
124.
Penyuluhan kesehatan satu tahun terakhir (tahun 2019)
Ditambah gigi mulut dan flu burung (H1N1)
a. 1 – 3 jenis materi
b. 4 – 6 jenis materi
c. 7 – 9 jenis materi
d. > 10 jenis materi
25
50
75
100
V
Catatan :
Penyuluhan yg dilakukan oleh: puskesmas, BNK, Komite sekolah, Ortu murid, LSM
125.
Ketrampilan siswa dalam penanganan P3K
Diperagakan siswa penanga
nan
- pingsan
- kecelakaan
- cedera patah tulang)
a. Satu jenis penanganan P3K
50
b. Dua jenis penanganan P3K
75
V
c. Tiga jenis penanganan P3K
100
126.
Ketrampilan siswa dalam penanganan Pertolongan Pertama pada Penyakit (P3P)
Diperagakan siswapenanga
nan
a. Satu jenis penanganan P3P
50
- demam
- pusing
- muntah
- diare)
b. Dua jenis penanganan P3P
75
c. Tiga jenis penanganan P3P
100
V
127.
Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan berkala siswa
Nilai kumulatif
Untuk ragam kegiatan penjaringan masuk penilaian TP
a. Tidak ada
0
b. Penjaringan kesehatan
50
c. Pemeriksaan kesehatan berkala
100
V
Jumlah nilai halaman 28
475
ITEM YANG DINILAI
RANGE
NILAI
NILAI YANG DIBERIKAN
KET
128.
Kegiatan Kader Kesehatan Remaja (KKR) termasuk PMR dan konselor sebaya
a. Diskusi kelompok tentang Kespro, Narkoba, HIV-AIDS, DBD, kesehatan lingkungan dll
50
V
b. Pendidikan kecakapan hidup sehat (drama, puisi dan debat tentang kesehatan remaja
50
V
Nilai kumulatif
(dijumlahkan)
c. Majalah dinding/ poster tentang kesehatan remaja
50
V
Jumlah nilai halaman 28
150
JUMLAH NILAI AKHIR
12.775
Catatan :
1. Apakah ditemukan bau tidak sedap (pesing dan bau tinja) di lingkungan sekolah
2. Apakah ditemukan data-data yang baru dipersiapkan
3. Apakah ditemukan asbak, puntung, bungkus, abu dan bau rokok di lingkungan sekolah
4. Apakah masyarakat sekitar sekolah merasa nyaman atau tidak terhadap perilaku siswa






Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar