KARYAKU UNTUK GENERASI BANGSAKU
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut guru memiliki peran yang sangat penting. Guru merupakan salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas, tidak hanya dari sisi intelektulitas saja melainkan juga dari tata cara berperilaku dalam masyarakat. Oleh karena itu tugas yang diemban guru tidaklah mudah. Apakah yang dimaksud dengan guru?
Dalam peribahasa jawa guru dikatakan seorang yang digugu dan ditiru. Digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan oleh guru senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua siswa. Sedangkan ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri teladan bagi semua siswa nya. Secara tradisional guru adalah seorang yang berdiri didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Adapun pengertian guru sebagai berikut:
1) Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1993: 288) guru adalah orang yang pekerjaannya, mata pencahariannya, dan profesinya mengajar.
2) Menurut Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa guru adalah pendidik profesional yang bisa dipercaya dan menjadi suri teladan dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
Untuk melaksanakan peran tersebut guru dituntut mampu berkarya. Dalam berkarya guru harus merdeka. Sesuai tema lomba menulis esai atau opini media guru yaitu “Guru Indonesia Merdeka Berkarya”. Tema ini sejalan dengan program Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Merdeka Belajar.
Guru Indonesia adalah seseorang yang mempunyai profesi sebagai guru. Berkarya adalah menghasilkan karya-karya yang berguna bagi generasi penerus bangsa. Dalam berkarya seorang guru harus merdeka. Merdeka berarti bebas. Jadi guru Indonesia mempunyai kebebasan dalam menghasilkan karya-karya yang berguna bagi generasi penerus bangsa.
Generasi penerus bangsaku adalah generasi muda siswa-siswi Kami yang akan mengisi dan melanjutkan pembangunan bangsa ini dimasa akan datang. Apa saja bentuk-bentuk merdeka berkarya yang dapat Kami lakukan untuk generasi penerus bangsaku:
A. Karyaku di Sekolah
Di sekolah tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas ini dilaksanakan dengan melakukan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara langsung di kelas. Dalam melaksanakan PBM Kami menggunakan pendekatan kontekstual dengan model-model pembelajaran yang bervariasi serta memanfaatkan media pembelajaran, sumber pembelajaran dan peralatan TIK yang tersedia di Sekolah disamping kami perhunakan juga modul dan buku teks pelajaran hasil karya Kami. Di kelas kita dapat mengajar dengan mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa-siswi selain itu Kita juga mendidik untuk menanamkan karakter-karakter bangsa yang menjadi ciri khas budaya kebanggan Kita. Jadi diharapkan setelah lulus nanti siswa-siswi mempunyai keluaran (out put) berupa pengetahuan (knowledge), ketrampilan (psikomotor) anak juga dibekali sikap (attitude) yang akan berguna dalam kehidupan dimasa depannya..
Sejak kasus jumlah pasien positif terinfeksi virus corona meningkat di daerah Kami, sekolah Kami saat ini tidak lagi melakukan aktivitas seperti biasanya. Pemerintah daerah sejalan dengan kebijaksanaan dari pemerintah pusat memberlakukan Belajar dari Rumah (BDR). Langkah yang tepat dalam situasi seperti ini adalah memanfaatkan teknologi jaringan dan teknologi informasi dalam pengembangan sistem pembelajaran di sekolah dengan model pembelajaran daring. Dengan pembelajaran daring diperkirakan masih ada siswa-siswa yang tidak terlayani karena keterbatasan sarana prasarana Hand phone (HP) Android, keterjangkauan jaringan internet dan ketersediaan kuota internetnya. Oleh karena itu Sekolah memutuskan mengajar secara laring kepada siswa-siswa yang tidak terlayani tersebut. Sehingga model pembelajaran yang diberlakukan model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring yang dikombinasikan yang Kami sebut sebagai model pembelajaran Darkom (Daring kombinasi).
Dalam penerimaan rapor kenaikan kelas semester genap tahun pelajaran yang lalu Kepala sekolah Kami telah mensosialisasikan Belajar dari Rumah (BDR) kepada orang tua siswa. Maka pada tahun pelajaran baru sekolah tidak akan melaksanakan pembelajaran luring di kelas tetapi sekolah akan melaksanakan proses belajar mengajar dengan model Darkom (Daring kombinasi), kombinasi yang dimaksud adalah kombinasi antara model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring. Bagaimana model pembelajaran daring dan model pembelajaran luring? Yuk. Kita simak penjelasan dibawah ini!
1. Model Pembelajaran daring (dalam jaringan).
Model Pembelajaran daring adalah model pembelajaran dalam jaringan, jadi dilakukan tidak dengan tatap muka langsung antara guru dan siswa-siswa tetapi melalui alat komunikasi berupa HP atau labtob yang menggunakan aplikasi online. Jadi guru tinggal di rumah masing-masing dan mengajar secara online.
Sekolah yang diatur oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengajaran membuat jadwal baru dalam pembelajaran daring. Guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pembelajaran daring kombinasi.
Guru harus menyiapkan dan harus mampu memanfaatkan peralatan ICT (Labtob, Hanphone /HP, Modem, Hotspot dan peralatan untuk mengakses internet). Sehingga yang belum dimiliki harus segera dilengkapi untuk memperlancar pembelajaran daring. Guru harus mampu mengoperasikan aplikasi seperti: WhatsApp (WA) dengan membuat grup-grup kelas, google classroom, Zoom cloud meetings atau aplikasi lain-lain untuk mempermudah pembelajaran. Guru harus mampu memotivasi siswa mengoperasikan aplikasi seperti: Whats Up (WA) dengan membuat grup-grup kelas, google classroom, Zoom cloud meetings dan aplikasi lain-lain untuk mempermudah pembelajaran.
Guru harus mampu membuat tugas-tugas pembelajaran kepada siswanya secara terstruktur dan berkala sesuai dengan roster pembelajaran. Guru harus mampu memantau pemberian tugas-tugas pembelajaran, mengontrol siswa dan mengevaluasi pembelajaran kepada siswa-siswanya. Sering ada siswa yang tidak mengumpulkan tugasnya dan susah untuk ditagih. Sekolah mendata kembali nomor HP siswa untuk memperlancar komunikasi dalam pembelajaran daring.
2. Model Pembelajaran luring (luar jaringan).
Model Pembelajaran luring adalah model pembelajaran di luar jaringan, jadi dilakukan dengan tatap muka langsung antara guru dan siswa-siswa. Untuk mengawali pembelajaran luring sekolah yang ditangani petugas perpustakaan dibantu wali-wali kelas dan guru mata pelajaran menyiapkan buku-buku teks pelajaran. Guru-guru mata pelajaran menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk panduan siswa-siswa dalam belajar. Pengambilan buku-buku teks pelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di sekolah dilakukan oleh orang tua atau wali siswa sedangkan siswa dilarang datang ke sekolah. Orang tua atau wali siswa yang datang ke sekolah harus tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan sekolah, seperti: memakai masker, rajin mencuci tangan dan tetap saling menjaga jarak dan pembelajaran luring dilaksanakan maksimal 5 siswa.
Untuk melaksanakan model pembelajaran luring maka sekolah yang diatur oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengajaran membuat jadwal guru-guru mata pelajaran melakukan kunjungan rumah. Kunjungan rumah dilakukan ke rumah siswa-siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring, siswa-siswa yang tidak mempunyai peralatan Handphone (HP) Android dan tempat tinggal siswa yang tidak terjangkau jaringan internet. Dalam kunjungan tersebut guru-guru membimbing siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Di samping itu juga untuk memantau siswa dalam mengerjakan tugas-tugas dalam pembelajaran daring, mengumpulkan tugas-tugas siswa yang telah dikerjakan.
Dari model pembelajaran Darkom yang telah Kami laksanakan ternyata sangat efektif untuk membantu proses belajar mengajar (PBM) pada masa pandemi Covid-19 di sekolah Kami sehingga dapat kami angkat menjadi sebuah Best Practice. Best Practice yang Kami susun ini akan Kami pergunakan untuk usul kenaikan pangkat semoga dapat menambang kredit point Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK).
B. Karyaku dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Sebagai seorang guru Kami harus mempunyai kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial. Kemampuan 4 kompetensi tersebut sudah diperoleh ketika dalam masa pendidikan. Tetapi ketika sudah menjadi seorang guru masih dituntut untuk mengembangkan kompetensi tersebut dengan mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB dapat Kami lakukan melalui cara: melaksanakan pengembangan diri, melaksanakan publikasi ilmiah, melaksanakan karya inovatif dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi mulai dari sarjana strata satu (S1), sarjana strata dua (S2) dan bahkan Doktoral (S3).
Selama ini kegiatan pengembangan diri seperti: Diklat MGMP, seminar Kami ikuti bila ada Surat undangan yang datang ke sekolah dan mendapat Surat Tugas dari Kepala Sekolah Kami.
Kami melaksanakan Publikasi Ilmiah dari hasil-hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang pernah kami laksanakan. Alhamdulillah sudah ada hasil PTK Kami susun seperti: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) type NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang (2019), Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 4 Alla kabupaten Enrekang dengan menerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type TGT (Teams Games Tournament) (2019) dan Implementasi Model Pembelajaran Kelkej untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX C SMP Negeri 4 Alla Enrekang (2020). PTK yang Kami laksanakan mempunyai tujuan untuk memperbaiki mutu /kualitas pembelajaran di sekolah untuk siswa-siswi Kami dan dapat menjadi rujukan atau contoh pembelajaran bagi guru-guru yang lainnya. PTK ini akan Kami pergunakan untuk usul kenaikan pangkat semoga dapat menambah kredit point Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK).
Selama masa pandemi Covid-19 Kami tidak melaksanakan PTK tetapi Kami telah membuat Artikel Ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikannya serta sudah berhasil Kami publikasikan di Jurnal SAINSMAT dengan judul: Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) type NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang.
Kami juga melaksanakan publikasi buku teks pelajaran dan buku pedoman guru. Modul yang telah berhasil Kami susun antara lain: PATAS (Panduan Tugas) IPA Biologi SMP/MTs Kelas IX (2011,) Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas IX A (2019) dan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas IX B (2019). Buku pedoman Guru telah kami sejak tahun pelajaran 2019/2020. Selama masa pandemi Covid-19 dari rintisan modul yang sudah Kami susun kami kembangkan dengan mengikuti Pelatihan Satu Guru Satu Buku (Sagusabu 2 Online) yang diadakan Media Guru Indonesia (MGI) sehingga telah berhasil menerbitkan sebuah buku teks pelajaran dengan judul Ayo Belajar IPA Terpadu SMP/MTs Kelas IX (2020).
PATAS, modul dan Buku teks pelajaran IPA Terpadu yang telah kami susun telah kami pergunakan untuk membantu proses belajar mengajar siswa-siswi di Sekolah SMP khususnya kelas IX. Buku pedoman guru yang sudah Kami susun sudah Kami pergunakan dan sangat membantu sebagai pedoman dalam proses belajar mengajar di Sekolah dan telah menjadi contoh untuk teman-teman guru lainnya.
C. Karyaku dalam Organisasi
Tugas pokok kami adalah sebagai guru Kami juga bergabung dalam beberapa organisasi sebagai bagian dari kebebasan Guru Indonesia Merdeka berkarya diantaranya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Koperasi Setia Kawan SMP Negeri 4 Alla.
Di PGRI Kami berperan sebagai sekertaris pengurus Cabang PGRI Curio. Kami sebagai pengurus harian bersama ketua dan Bendahara berperan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program-program kerja di organisasi Kami yang mempunyai lebih kurang 300 anggota.
Di Koperasi Setia Kawan SMP Negeri 4 Alla Kami berperan sebagai Ketua. Kami bersama-sama dengan sekertaris dan bendahara mengelola manajemen di koperasi kami yang mengelola simpan pinjam uang kepada anggota-anggota kami yang berjumlah 25 orang. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anggota kami.
Dari kegiatan organisasi yang kami ikuti ini sangat besar manfaatnya untuk meningkatkan kompetensi kepribadian, kompetensi sosial bahkan kompetensi kewirausahaan.
D. Karyaku di Masyarakat
Seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan disegala bidang yang sedang dilakukan. Ia dapat mengembangkan kemampuannya pada bidang-bidang dikuasainya. Guru perlu juga memiliki kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat melalui kemampuannya, antara lain melalui kegiatan olah raga, keagamaan dan kepemudaan.
Di masyarakat Kami juga mempunyai peran dalam kegiatan sosial kemasyarakatan diantaranya: kegiatan olah raga, keagamaan /kegiatan pengajian di masjid, pesta perkawinan, acara kematian, kerja bakti dan gotong royong. Jadi di masyarakat Kami bersama-sama warga masyarakat turut berperan sebagai warga masyarakat bersama-sama komponen masyarakat mendidik generasi muda penerus bangsa.
Demikianlah uraian Kami tentang Karyaku untuk Generasi Bangsaku ingatlah pesan sebait pantun ini ya:
Ayolah Kita terus berkarya
Berkarya untuk generasi bangsaku
Janganlah lupa Kita berdoa
Berdoa untuk bekal akhiratmu
Mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangannya Kami hanya manusia biasa, Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.
Profil Penulis
Pria bernama lengkap Sri Murwanto, S.Pd, M.Pd ini lahir di Klaten pada 25 Maret 1975 ini alumni Pendidikan Biologi Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (Strata 1, 1998) dan pascasarjana Universitas Negeri Makassar Jurusan Administrasi Pendidikan Kekhususan Manajemen Pendidikan (Strata 2, 2017). Kini ia mengabdi sebagai guru di SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Selain mengajar, dia aktif di beberapa organisasi. Saat ini dia menjabat sebagai sekertaris PGRI Cabang Curio Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Penulis bisa dihubungi di Nomor WA 085399725899 dan di alamat Email [email protected].
#Kisah Masa Pandemi Covid-19#
Curio, 1 November 2020

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Ulasan yang keren dan berbobot, bergizi semua tulisan bapak, salam sukses Pak
Ya. Semoga berfaedah. Amin
Mantap surantap dan keren menewen... Pak Sri.. Sukses selalu
Alhamdulillah. Terima kasih Pak Burhani
Artikel yang sangat bermanfaat. Sukses selalu Pak Sri Murwanto. Salam.literasi.
Semoga bermanfaat bu.Terima kasih. Salam literasi
Keren pak...Sukses selalu
Oh ya. Bu. Terima kasih Semoga sukses
Oh ya. Bu. Terima kasih Semoga sukses
Oh ya. Bu. Terima kasih Semoga sukses
Oh ya. Bu. Terima kasih Semoga sukses
Keren Pak, sukses selalu, salam
Waalaukum salam. Semoga sukses
Wow! keren pak, sistematis penjelasan menambah pengetahuan pembaca.... Good Luck, Pak, ijin follow
Silahkan. Semoga dapat menambah pengetahuan
Sukses selalu Pak, salam kenal
Waalaikum salam. Semoga sukses
Sangat luar biasa, semoga menang, Oh ya bisa dong berbagi pembuatan modul. Sehat dan sukses selalu
Amiin
Sangat inspirasi, kereen salam dan sukses Pak.
Terima kasih bu
Top markotop Pak. Sukses selalu untuk Bapak.
Amin. Terima kasih bu
ulasan yang keren, sukses selalu Bapak Sri
Ya. Terima kasih Pak Bambang
Tulisan yang mencerahkan. Sukses selalu, Pak.
Semoga dapat memberi pencerahan bu. Terima kasih
Luar Biasa, kereen,. Sukses Pak. Salam literasi
Salam literasi.
Sukses selalu Pak. Mantap tulisannya. Salam literasi
Ya. Mantap bu. Semoga sukses
Wahh tulisan empat sehat lima sempurna. Terima kasih Bapak sangat menginspirasi sekali, salam sehat dan sukses selalu ya Pak..
Menu bergizi dong bu. Aamiiiin
Keren bu
Ya bu. Kereen
Masyaallah. Keren pak
Alahmdulillah. Semoga bermanfaat
Tulisan yang mantap fill gizi. Sukses n sehat selalu pak. Salam literasi fari Sukoharjo. Barokallah
Terima kasih. Salam literasi
Artikel yang sarat ilmu, Pak. Super keren. Insyaallah bermanfaat.
Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.
Ulasannya sangat bagus. Salam literasi
Ya. Bu Salam literasi
hebat Bunda. terima kasih informasi dan moritasinya untuk selalu berkarya
Ya. Bun. Lanjutkan
Lengkap ulasannya, terima kasih telah berbagi. Sukses selalu tuk bapak.
Aamiiiin. Semoga menginspirasi
Aamiiiin. Semoga menginspirasi
Mantap.....
Oh. Iya. Bu. Mantap
Ulasan yg keren, sukses selalu Pak
Ya. Bu. Semoga sukses
Top sekali pak, ditunggu follow back nya
Teima kasih bu
Mantap Pak ....komplit penjelasannya...sukses selalu ya Pak...Aamiin
Aamiiiin. Ya bu
Kereeen pool,Pak. Sangat menginspirasi.. Salam sukses,Pak.
Terima kasih bu. selamat berkarya
Tidak bosan mengulas tentang guru karena latar belakang tugas kita sebagai guru dan sangat bermanfaat bisa di contoh semoga sukses selalu
Terima kasih bu. Semoga bermanfaat
Silahkan bu. Semoga berguna
Tulisan informatif dan inspiratif. Luar biasa karyanya. Semoga sukses selalu Pak. Terima kasih bisa belajar dari Bapak
Semoga dapat menginspirasi bu
Tulisan yang keren dan menginspirasi Pak. Sukses ya Pak. Untuk lomba PGRI ini Pak?
Terima kasih Bun.Bukan bu untuk ikut MGI
Wou ulasannya keren n mqntap pak...sukses sll nggih
Nggih bu. Aamiiiin
Luar biasa pak tulisannya, salam semoga sukses selalu
Ya. Pak. Terima kasih Amiin
Keren ulasannya pak..mantap. semoga sukses. Sehat selalu. salam literasi
Amin.
Mantap pak ulasannya..sukses selalu. Salam literasi
Terima kasih
Menginspirasi Pak, TOP ...salam sukses ya Pak, ijin follow ya Pak
Silahkan bu.Amiin