SOFII, M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
HIPNO MOTIVASI BELAJAR

HIPNO MOTIVASI BELAJAR

PENTINGNYA PENGUASAAN ILMU HIPNOSIS BAGI GURU MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Motivasi belajar merupakan hal penting yang berpengaruh kuat terhadap proses dan hasil belajar siswa. Sementara yang sering kita jumpai banyak model pembelajaran yang dilakukan guru di kelas dirasa kurang menarik dan membosankan. Semisal, guru mengawali pelajaran di kelas dengan kalimat-kalimat yang monoton. “Anak-anak, hari ini ada PR - tidak?” / “ Baiklah kalau begitu, sekarang buka buku kalian dan kerjakan halaman 30!”.

Bayangkan jika setiap guru yang masuk kelas mengawali pelajaran dengan pertanyaan yang sama seperti tersebut di atas. Betapa bosannya siswa. Mereka yang dari rumah ingin mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan jadi pupus. Semangat belajar tidak ada. Rasa jenuh, mengantuk berbaur jadi satu dan anehnya, dari dulu hingga sekarang masih banyak sekali guru yang melakukan hal serupa.

Keterpurukan model pembelajaran seperti ini tidak boleh dibiarkan berkelanjutan. Jika hal ini biarkan maka sekian tahun yang akan datang bisa dipridiksikan akan terjadi kemerosotan mutu pendidikan yang berimbas pada sulitnya mencapai generasi emas di era mendatang. Atas dasar itulah diperlukan model pembelajaran yang baik yang bisa mengantarkan siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Pada prinsipnya, konsep pembelajaran yang baik merupakan pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif melibatkan diri dalam pembelajaran. Dengan begitu indikator yang direncanakan guru dalam setiap pembelajaran bisa tercapai. Kemampuan guru untuk tampil menawan dan memahami semua karakter siswa sangat dibutuhkan. Guru harus bisa memotivasi/membangkitkan semangat dan antusiasme siswa dalam pembelajaran.

Siswa yang menerima motivasi dari guru minimal bisa merasakan 6 macam manfaat, 1) membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, 2) meminimalisir perasaan jenuh, 3) membantu siswa dalam menentukan mimpinya, 4) menumbuhkan sikap optimisme dalam diri siswa, 5) siswa akan menjadi lebih eksploratif, dan 6) mengajarkan siswa untuk tidak mudah menyerah.

Salah satu bentuk pemberian motivasi belajar tersebut bisa dilakukan melalui hipno motivasi belajar. Hipno motivasi belajar dilakukan dengan cara memberi sugesti-sugesti positif sesuai dengan kebutuhan. Tidak bisa dipungkiri bahwa guru merupakan penghipnotis yang handal terhadap siswanya. Guru yang memiliki keteladanan yang baik dalam bersikap dan berprilaku akan memunculkan kewibawaan yang tinggi. Ini menjadi modal yang sangat baik untuk mempengaruhi dan mengendalikan pola berpikir siswanya. Jika siswa sudah bisa dikendalikan dengan baik maka nasihat ataupun arahan-arahan dari guru akan bisa diterima dengan baik. Sesungguhnya ini sebuah awal yang baik dalam proses pembelajaran bagi guru untuk bisa mentransfer semua nilai kognitif, afektif, dan psikomotor kepada siswannya.

Melalui hipno motivasi belajar guru bisa membantu siswa dalam hal, 1) meningkatkan semangat dan konsentrasi belajar, 2) meningkatkan kepercayaan diri dalam menghadapi masalah, 3) mengubah pola pikir negatif menjadi positif, 4) membentuk sikap dan perilaku yang baik untuk meningkatkan prestasi belajar, 5) menghilangkan emosi negatif misalnya malas belajar, cemas menghadapi ujian dan lain-lain. 6) menghilangkan mentalitas negatif misalnya kebiasaan merokok, kecanduan games, suka tawuran, dan lain-lain, 7) menyembuhkan phobia dan trauma.

Langkah-langkah menerapkan hipno motivasi belajar di awal pelajaran dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Tampillah yang menawan saat masuk kelas.

2. Ucapkan salam dengan penuh kewibawaan untuk memusatkan perhatian seluruh siswa yang terpencar konsentrasinya.

3. Berilah stimulus verbal dengan kata-kata yang membuat siswa merasa senang dengan apapun yang dilihat dan didengar.

4. Berikan apersepsi materi dengan menghubungkan pada pengalaman anak yang menarik dan menyenangkan.

5. Ajak siswa untuk mengatur nafas dengan teratur dan lebih relaks agar konsentrasi belajarnya lebih meningkat.

6. Yakinkan pada siswa bahwa materi yang akan dipelajari merupakan materi yang sangat mudah dan tidak ada materi yang sulit sama sekali. Ucapkan ini berulang-ulang karena hal ini akan mensugesti pikiran bawah sadar siswa yang berimbas pada munculkan motivasi intrinsik yang besar pada diri siswa.

Jika langkah-langkah diatas dilakukan berulang setiap mengawali pembelajaran maka akan terekam kuat di pikiran bahwa sadar siswa dan memunculkan keyakinan bahwa dalam proses belajar tidak ada materi yang bersifat sulit. Begitu juga dengan hal-hal lain bisa juga disugestikan kepada siswa agar mereka memiliki motivasi intrinsik yang kuat, yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan ataupun target hidupnya.

Perlu dipahami bahwa ilmu hipnosis tidak identik dengan ilmu gendam yang memiliki kekuatan magic melainkan ilmu komunikasi dimana komunikasi yang efektif dan mempunyai pengaruh terhadap pikiran bawah sadar orang lain (sugestif). Jadi sugesti hipnosis yang diberikan guru kepada siswa merupakan rangkaian kalimat positif yang bersifat motivasi belajar yang diberikan dengan cara tertentu dan dalam kondisi tertentu dapat mempengaruhi secara langsung ke bagian pikiran bawah sadar siswa sehingga siswa akan melakukan hal-hal positif untuk mencapai tujuan positif yang disugestikan oleh guru selaku penghipnotis.

Prinsip dasar yang harus dilakukan guru dalam menghipnosis siswanya:

1. Gunakan kalimat yang positif. Lupakanlah sejumlah kegagalan yang pernah dialami. Tanamkan kepercayaan diri yang kuat untuk bangkit dan menyongsong kesuksesan. Hindari dengan kata “Jangan!”

2. Lakukan dengan penuh keyakinan dan kesungguhan.

3. Keinginan yang hendak dicapai harus dideskripsikan secara jelas.

4. Sugesti harus berwujud keinginan saat ini, bukan keinginan masa lalu atau keinginan yang akan datang.

5. Lakukan perubahan yang positif dulu pada diri sendiri baru memberikan sugesti positif pada diri siswa.

6. Gunakan kata “Bayangkan dan Rasakan secara nyata dipikiranmu bahwa ...” Perlu dipahamu bahwa dua kata sakti ini mudah menembuh pikiran bawah sadar subjek (orang yang dihipnosis).

7. Pertegas waktu mulainya reaksi sugesti “Mulai sekarang dan seterusnya, kamu harus belajar lebih baik dan tidak ada pelajaran yang sulit bagi kamu!”.

Semoga dengan dikuasainya ilmu hipnosis bagi guru madrasah, para siswa lebih sukses dalam melakukan proses dan hasil belajar untuk mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Yakinkan pada siswa bahwa materi yang akan dipelajari merupakan materi yang sangat mudah dan tidak ada materi yang sulit sama sekali. Ucapkan ini berulang-ulang karena hal ini akan mensugesti pikiran bawah sadar siswa yang berimbas pada munculkan motivasi intrinsik yang besar pada diri siswa. Ini benar benar baru bagi saya. Tips yang jitu untuk kita para guru. Terimakasih sharing ilmunya, pak.

30 Nov
Balas

Smg bermanfaat

30 Nov
Balas



search

New Post