Siti Suharni Simamora

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bentuk-bentuk Daun

Bentuk-bentuk Daun

2. Bagian daun terlebar terletak di bagian bawah, antara tengah daun dan pangkal daun

Bentuk daun seperti ini dapat kita jumpai pada daun kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis L.), daun bunga pukul empat (Mirabilis jalapa L), daun air mata pengantin (Antigonon leptopus Hook.et Arn.),anak daun bengkuang (Pachyrrhizus erosus Urb), daun pagagan (Centela asiatica Urb.), daun enceng, dan sebagainya. Pada daun-daun tersebut, bagian pangkalnya ada yang rata dan ada yang berlekuk/bertoreh. Oleh karena itu, bentuk daunnya dapat digolongkan sebagai berikut

a. Bagian daun terlebar di bagian bawah, pangkal daun tidak bertoreh/berlekuk

Golongan bagian daun terlebar di bagian bawah, pangkal daun tidak bertoreh/berlekuk, yaitu

1) Bulat telur (ovate), misalnya pada daun kembang sepatu

2) Segitiga (triangulate), misalnya bunga pukul empat.

3) Delta (deltoid), misalnya pada bunga air mata pengantin

4) Belah ketupat (rombhic), misalnya pada anak daun bengkuang.

b. Bagian daun terlebar di bagian bawah, pangkal daun bertoreh/berlekuk

Bentuk daun yang termasuk golongan ini, seperti berikut

1) Jantung (cordate), berbentuk bulat telur dengan ujung lancip dan pangkal daun berlekuk, misalnya pada daun waru.

2) Ginjal (reniform), daun dengan ujung daun tumpul, pangkal berlelkuk, seperti ginjal, misalnya pada daun pagagan/tapak kuda.

3) Anak panah (sagittate), bagian ujung daun luncip, bagian pangkal dengan lekukan lancip, misalnya daun eceng gondok (Sagittaria sagittifolia L.)

4) Tombak (hastate), bagian ujung daun runcing, sedangkan bagian pangkalnya mendatar, misalnya daun wewehan (Monochoria hastate Solms).

5) Bertelinga (auriculate), seperti bentuk tomnak, tetapipangkal dun di sbeelah kiri dan kanan membulat, misalnya daun tempuyung.

c. Bagian daun terlebar terletak di bagian atas, antara tengah dan ujung daun.

Bentuk daun dengan bagian helai daun terlebar di bagian atas tengah-tengah helai daun, antara lain terdapat pada daun sawo kecil, daun semanggi gunung, semanggi, tapak leman.Pada sawo kecil, daunnya berbentuk bulat telur terbalik (obovate). Pada semanggi gunung,anak daunnya berbentuk jantung terbalik (obcordate).Pada semanggi, anakdaunnya berbentuk segitiga terbalik,sedangkan pada tapak liman, daunnya berbentuk sudip (spathulate). Bentuk lainnya adalah lanet terbalik (oblanceolate).

d. Bagian daun merata, tidak ada bagian daun yang terlebar

Bentuk daun yang mempunyai helai daun dari bagian pangkal hingga ke ujung lebarnya sama atau merata, umumnya ditemkan pada tumbuhan monokotil. Marilah kita amati daun tanaman tebu atau jagung. Daunnya mempunyai helaian daun yang tipis dan merata lebarnya. Daun semacam ini disebut daun pita (ligulatus). Berbeda dengan daun di atas, tanaman agave mempunyai daun berbentuk pedang (ensiformis). Daunnya kaku dan panjang dengan lebar daun yang merata, bagian tengahnya menebal, sedangkan bagian tepinya menipis, seperti pedang, (Masbidin, 2 September 2020).

Rantauprapat, 2 Desember 2020

S3_BaroesCity

#Tantangan Menulis, 270-233 Hari

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post