Siti Ropiah

Guru MA Al Ishlah Cikarang Utara Kab Bekasi Jawa Barat Alumni Uin Jakarta, nomor hp 087888623714 ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penetapan KKM dan  Predikat Nilai

Penetapan KKM dan Predikat Nilai

Dalam menetapkan KKM ditentukan oleh tiga hal, yaitu intake siswa (3,2,1), kompleksitas (1,2,3) dan daya dukung (3,2,1). Dengan ketentuan intake+kompleksitas+daya dukung dibagi 9 dikali 100 Seringkali para guru mengingingkan nilai anak tinggi dengan menaikan KKM. Padahal tidak demikian. Karena penetapan KKM berpengaruh besar terhadap predikat nilai yang didapat siswa. Untuk menentukan predikat KKM, A, B,C atau D, ditentukan nilai KKM. Predikat KKM adalah nilai maksimal dikurangi nilai KKM dibagi 3. Contoh KKM 75 (100-75):3=8,3. Maka interval 8 dan 9 A= 93-100 sangat baik B= 84- 92 baik C= 75-83 Cukup D= kurang dari 75 Contoh KKM 60 Interval (100-60):3 = 13, 3 Interval 13 atau 14 , maka A = 88 - 100 B = 74 - 87 C = 60 - 73 D = kurang dari 60 Contoh KKM 70 Interval (100-70):3= 10 A= 90 - 100 B= 80 - 89 C= 70- 79 D = kurang dari 70 Semakin rendah nilai KKM, semakin mudah meraih predikat yang baik. Lihat contoh kedua, KKM 60, siswa sudah dapat predikat B, cukup dengan nilai 74. Sedangkan bila KKM 75, siswa dengan nilai 75 baru dapat predikat C. Bila ingin predikat B, maka harus raih nilai 84. Semoga dapat menjadi bahan renungan. Sejatinya Memahami Predikat dalam Penetapan KKM Merupakan Keniscayaan. Salam Perindu Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul begitu bun... Semakin tinggi KKM akan semakin mendesak anak bernilai tinggi pula. Menyulitkan untuk mengejar Target nilai tentang A dan B. Tapi sepertinya KKM mau tidak mau harus tinggi. Karena ada poin guru yang harus bernilai 100 sebagai penetapan nilai ideal... Menyiasatinya adalah dengan membuat Komponen lain nilainya jauh lebih rendah.

03 Aug
Balas

Begitu yah Bund. Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

06 Aug

Terimakasih bunda siti

02 Aug
Balas

Sama sama Bund. Terima kasih sudah mampir dan barakallah fiik

06 Aug

Abah hanya bisa menyampaikan, setiap yang kita tuliskan di Gurusiana insya Allah bermanfaat. Barakallah Ibu Siti selalu sehat

02 Aug
Balas

Amin. Terima kasih Abah selalu mengapresiasi dan sempatkan mampir. Barakallahu fiik

02 Aug

Barokallah...terimakasih bunda

02 Aug
Balas

Terima kasih sudah mampir dan barakallahu fiik

20 Aug



search

New Post