Dra.ARMANUSAH M.M.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tanggal,26 Efek Dakwah 2

Berkenaan dengan ke tiga aspek yang mempengaruhi objek dakwah, Moh. Ali Aziz dalam bukunya yang berjudul Ilmu Dakwah menyatakan:

1. Efek kognitif.

Setelah menerima pesan dakwah, mitra dakwah akan menyerap isi dakwah tersebut melalui proses berpikir, dan efek kognitif ini bisa terjadi apabila ada perubahan pada apa yang diketahui, dipahami, dan dimengerti oleh mad‟u tentang isi pesan yang diterimanya. dengan menerima pesan melalui kegiatan dakwah , diharapkan akan dapat mengubah cara berpikir seseorang tentang ajaran agama sesuai dengan pemahaman yang sebenarnya.

Mad’u dapat memahami atau mengerti setelah melalui proses berpikir. Dalam berpikir seseorang mengolah, mengorganisasikan bagian-bagian dari pengetahuan yang diperolehnya,. Adapun berpikir itu melalui proses sebagai berikut:

o Timbulnya masalah atau kesulitan yang harus dipecahkan.

o Mencari dan mengumpulkan fakta-fakta yang dianggap memiliki sangkut paut dengan pemecahan masalah.

o Pada taraf penemuan atau pemahaman, menemukan cara dalam memecahkan masalah.

o Yang dilanjutkan melalui, menyempurnakan, dan mencocokkan hasil pemecahan.

Berpikir ditentukan oleh bermacam-macam faktor yang dapat mempengaruhi jalannya berpikir. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah bagaimana seseorang melihat dan memahami masalah, situasi yang sedang dialami dan situasi di luar yang sedang dihadapi.

2. Efek affektif

Efek ini adalah merupakan pengaruh dakwah berupa perubahan sikap mitra dakwah atau Mad’u setelah menerima pesan. Sikap akan timbul dari proses belajar dengan tiga variabel sebagai penunjangnya, yaitu perhatian, pengertian, dan penerimaan. Pada tahap ini pula penerima dakwah dengan pengertian dan pemikirannya terhadap pesan dakwah yang telah diterimanya akan membuat keputusan untuk menerima atau menolak pesan dakwah.

3. Efek behavioral.

Efek ini merupakan suatu bentuk efek dakwah yang berkenaan dengan pola tingkah laku objek dakwah dalam merealisasikan materi dakwah dalam kehidupan sehari-hari. Efek ini muncul setelah melalui proses kognitif dan affektif.

Sebagaimana yang telah diungkapkan oleh Rahmat Natawijaya, bahwa: Tingkah laku itu dipengaruhi oleh kognitif, yaitu faktorfaktor yang dipahami oleh invidual melalui pengamatan dan tanggapan. efektif yaitu yang dirasakan oleh individual melalui tanggapan dan pengamatan dan perasaan itul timbul keinginan-keinginan yang terwujud dalam perilaku yang bersangkutan. Jadi, perbuatan atau perilaku seseorang itu pada hakikatnya, adalah perwujudan dari perasaan dan pikirannya. Adapun dalam hal ini perilaku yang diharapkan adalah perilaku positif sesuai dengan ajaran Islam baik bagi individu ataupun masyarakat. Jika dakwah telah dapat menyentuh aspek behavioral yaitu telah dapat mendorong objek dakwah melakukan ajaran Islam secara nyata, maka dakwah berhasil mencapai tujuannya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post