Saeful Bahri

Guru Bahasa Inggris jenjang SMP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penggunaan Strategi Pembelajaran CTL  Pada Materi Direction

Penggunaan Strategi Pembelajaran CTL Pada Materi Direction

Lokasi:

SDN 4 Samarang Jl. Lengkong No.11 Desa Samarang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut

Lingkup Pendidikan:

Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai:

Meningkatkan kemampuan menulis peserta didik dalam membuat kalimat sederhana asking and giving direction menggunakan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) melalui model problem based learning (PBL)

Penulis:

Saeful Bahri, S.Pd.

Tanggal :

7 Januari 2023

Kondisi yang menjadi Latar belakang masalah

Peserta didik beranggapan bahwa pelajaran Bahasa Inggris ini sulit untuk diikuti karena Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang tidak digunakan mereka untuk berkomunikasi sehari-hari. Latar belakang yang menjadi masalah adalah:

1. Keterbatasan kosa kata dalam bahasa Inggris

2. Malu dan tidak percaya diri

3. Pembelajaran kurang menggunakan TPACK

4. Strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pelajaran terksesan monoton dan tidak menarik

5. kesulitan peserta didik dalam mengemukakan ide sehingga pembelajaran terkesan monoton.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Praktik ini penting untuk dibagikan, karena berdasarkan hasil observasi selama proses pembelajaran di kelas, telah berhasil menunjukkan kemampuan peserta didik untuk mengungkapkan ide maupun gagasan dalam materi direction menjadi lebih baik ketika menggunakan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) melalui model problem based learning (PBL).

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai pendidik atau pelaku utama dalam menyusun perangkat pembelajaran yang berisi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, kisi-kisi dan instrument penilaian, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Kemudian setelah berperan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang inovatif, saya bertanggung jawab untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan desain pembelajaran yang telah saya cantumkan di RPP hingga mengamati keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Selain itu saya juga menunjukan TPACK selama pembelajaran dengan menggunaan media PPT pada saat menampilkan materi pembelajaran, menyajikan denah sekolah (school map) yang dibuat sedemikian rupa menyerupai aslinya sehingga kemampuan peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disajikan.

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Tantangan yang muncul dalam mencapai tujuan tersebut adalah:

Pemilihan model yang tepat sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik Sebagian peserta didik masih merasa kurang percaya diri untuk mengungkapkan ide atau pendapat.

Siapa saja yang terlibat?

Pihak – pihak yang terlibat dalam mencapai tujuan ini:

Guru Dosen Guru Pamong Peserta didik Teman sejawat

Langkah-langkah apa yang dilakukan umtuk menghadapi tantangan tersebut

Langkah – langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

Melakukan komunikasi yang intens dengan seluruh pihak baik rekan sejawat, pejabat sekolah, maupun peserta didik Melakukan kajian literature dan wawancara untuk mengeidentifikasi, menganalisa, mencari penyebab, hingga menentukan solusi untuk masalah yang dimaksud Menyusun perangkat pembelajaran (modul)sebagai acuan dalam melaksanakan aksi Mempersiapkan TPACK yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Melaksanakan aksi dengan baik Bekerja sama denga tim yang terlibat dalam pengambilan dokumentasi Melakukan refleksi Melakukan perbaikan berdasarkan hasil refleksi

Strategi apa yang digunakan

9. Strategi Pembelajaran : CTL

Model : PBL

Metode : Diskusi, Tanya jawab,kerja kelompok

10. Media, Alat/Bahan dan Sumber Belajar

11. Media : Power point

12. Alat dan Bahan :

Alat : laptop, smartphone, LCD proyektor

Bahan : Lembar Kerja Peserta Didik

13. Sumber Belajar :

· Buku Peserta didik Grow With English Book 6, Lesson 5 Hal. 88 sd 93. Penerbit Erlangga, Jl.H. Baping Raya No.100 Ciracas.Jakarta 13740 Mukarto, Sujatmoko, Josephine S.M & Kiswara (2017). Grow With English Book 6

· Lembar Kerja Peserta Didik

· Sumber belajar lain yang relevan

C. Penilaian Hasil Belajar

1. Teknik Penilaian:

· Sikap (berdiskusi)

· Pengetahuan (menjawab soal yang berkaitan dengan gambar, melengkapi kalimat sederhana dengan ungkapan asking/giving direction)

· Keterampilan

D. Materi Pembelajaran

- Menganalisis Gambar denah sekolah

- Membaca lantang dialog sederhana mengenai Giving direction.

- Mendemonstrasikan kalimat sederhana mengenai memberikan dan menanyakan arah dengan penggunaan bahasa yang tepat.

- Unsur kebahasaan

- Kosa kata khusus terkait dengan teks, turn right, turn left, between, across, How to go to .., where is ..

- Ucapan, tekanan kata, intonasi

- Ejaan, tanda baca

Bagaimana Prosesnya

A. Pendahuluan

Pada saat pendahuluan, pertama-tama saya menyapa peserta didik dengan memberikan salam dan menanyakan keadaan mereka. Setelah itu mengarahkan mereka agar berdoa bersama sebelum membuka kegiatan pembelajaran. Karena menyanyikan lagu nasional telah menjadi salah satu kebiasaan di sekolah, maka setelah itu semua peserta didik menyanyikan lagu Indonesia raya bersama-sama. Tidak lupa setelah kegiatan tersebut penulis kemudian mengecek kehadiran peserta didik. Setelah semua itu selesai dilakukan, penulis kemudian melakukan apersepsi dengan memberikan sebuah game yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Game tersebut berisi tentang tebak kata yang berkaitan dengan materi Direction. Dengan apersepsi menggunakan game, peserta didik terlihat sangat antusias untuk mengikutinya sehingga mampu menebak materi apa yang akan dipelajari pada saat hari itu.

B. Inti

Pada kegiatan inti, penulis mulai menyajikan gambar yang berkaitan dengan materi Direction berupa gambar sebuah peta yang didalanya terdiri dari beberapa tempat yang terbagi dalam beberapa jalan. Peserta didik kemudian menebak tempat apa saja yang ada di dalam peta tersebut baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia. Pada kegiatan ini keaktifan peserta didik juga mulai terlihat, dimana beberapa dari mereka aktif menjawab beberapa pertanyaan dari penulis. Setelah kegiatan mengamati gambar selesai, penulis kemudian menayangkan sebuah video tentang denah tersebut yang berisi suara native speaker. Pada kegiatan selanjutnya, penulis menyajikan materi PPT berupa materi Expressing Asking and Giving Direction dimana didalamnya berisi beberapa contoh ungkapan bertanya dan memberikan arah dalam bahasa Inggris. Setelah serangkaian materi telah tersampaikan, langkah berikutnya adalah penulis melakukan penilain pengetahuan dan Keterampilan berupa pemberian LKPD. Hasil dari penilaian tersebut terlihat cukup memuaskan, karena mayoritas dari peserta didik mendapatkan nilai yang bagus

C. Penutup

Pada kegiatan penutup, penulis melakukan kegiatan refleksi pembelajaran berupa membuat kesimpulan dari materi pembelajaran yang telah disampaikan dan refleksi peserta didik berupa pertanyaan mengenai perasaan mereka setelah mengikuti pembelajaran hari itu. Hasilnya mayoritas peserta didik mampu memberikan kesimpulan yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari dan memberikan respon yang positif atas perasaan mereka selama kegiatan pembelajaran. Setelah itu penulis menyampaikan materi apa yang akan dipelajari selanjutnya dan menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

Siapa saja yang terlibat

Pihak – pihak yang terlibat dalam proses praktik pembelajaran adalah saya sebagai pendidik, peserta didik, dan tim pengambil gambar/video.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah Sarana prasarana seperti kelas, proyektor, papan tulis, laptop, handphone Perangkat pembelajaran (RPP) Sumber daya manusia yaitu pelaku Seperangkat alat pengambil gambar

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran, maka strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) menggunakan model pembelajaran PBL mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif karena mereka mendapatkan materi pembelajaran yang kontekstual. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik mampu mengemukakan ide maupun gagasan yang berkaitan dengan materi direction (asking and giving) selama pembelajaran, serta keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, dan suasana belajar dikelas menjadi menyenangkan.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Aksi yang telah dilakukan terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membuat kalimat sederhana mengenai direction (writing). Karena melalui strategi dan model pembelajaran yang dipilih di aksi ini, peserta didik selalu terlibat dan mampu mengemukakan ide serta mengembangkan kalimat dalam proses pembelajaran mulai awal hingga akhir pembelajaran.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Respon rekan sejawat: Memberikan komentar positif penggunaan strategi pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) menggunakan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis pada materi direction. Respon peserta didik: Sangat aktif terlibat dalam proses pembelajaran yang diterapkan karena merasa sangat menyenangkan.

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan

Keberhasilan praktik pembelajaran ini tentu dikarenakan beberapa faktor yaitu:

Media pembelajaran yang menggunakan TPACK berupa PPT yang mampu menyajikan materi pembelajaran lebih menarik Materi pembelajaran yang kontekstual sehingga materi lebih mudah dipahami Pendekatan secara emosional kepada peserta didik mampu membentuk bounding antara pendidik dengan peserta didik sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan Komunikasi dan kerja sama antar pihak menjadi faktor yang juga tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan strategi yang dilakukan

Ketidakberhasilan strategi ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi-kondisi tertentu yang dipengaruhi oleh alam seperti cuaca yang sering kali hujan dengan intensitas tinggi, sehingga ini mempengaruhi suasana kondusifitas di dalam kelas.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Pendidik merasakan benar manfaat yang dihasilkan dengan menggunakan strategi dan model pembelajaran yang tepat Proses pendekatan secara emosional terhadap peserta didik menjadi hal yang penting dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan Perencanaan pembelajaran yang matang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran Media/gambar/ teknologi yang kontekstual menjadi sangat penting bagi penulis agar dapat mendesain pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman peserta didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa pa, menambah wawasan dalam penggunaan CTL di materi bahasa inggris

21 Jan
Balas

Artikelnya mantap pak.. selalu semangat..gasskeuunnn..

21 Jan
Balas

Mantap pak saeful

21 Jan
Balas

Amazing pak saeful.. bisa menjadi referensi

21 Jan
Balas

semangat gaskeun mantap

21 Jan
Balas

bagus sekali best practice Pak Saeful, keren, mantap, awesome, semangat...

26 Jan
Balas

Mantap pa saepul...good luck

22 Jan
Balas

Sangat menginspirasi pak saeful... Semangat

21 Jan
Balas

Sangat menginspirasi pak saeful... Semangat

21 Jan
Balas

Sangat menginspirasi pak saeful... Semangat

21 Jan
Balas



search

New Post