SOEBRI

SABRI BIN MUHAMMAD BIN HUSIN BIN ABDURRAHMAN(NYAK ADEK) Nama Sabri memiliki arti Sabar, Lahir disamalanga, 29 Oktober 1987, dari pasangan Muhammad bin Husin Bi...

Selengkapnya
Navigasi Web
EKSOTISNYA MENGELAS ( Program Pelatihan Juru Las SMAW 3G )
TEKNIK PENGELASAN

EKSOTISNYA MENGELAS ( Program Pelatihan Juru Las SMAW 3G )

Teknik las SMAW merupakan modal dasar untuk menjadi welder (tukang las) profesional.Sebelum menjadi welder argon,welder SCAW (MIG),welder kombinasi maupun welder bawah laut semua berawal dari welder SMAW dulu. Untuk menjadi welder professional baik welder SMAW, welder argon dan lain-lain bukanlah hal mudah,butuh waktu dan proses yang panjang. Selain minat dan bakat, dibutuhkan ketelatenan, belajar dan usaha yang terus menerus hingga mencapai hasil sesuai standar pengelasan yang ditentukan

Las SMAW yang berasal dari kata Shield Metal Arc Welding adalah proses pengelasan yang menggunakan panas untuk mencairkan material dasar atau logam induk dan elektroda (kawat las). Panas tersebut ditimbulkan oleh lompatan ion listrik yang terjadi antara katoda dan anoda (ujung elektroda dan permukaan plat yang akan dilas. Pengelasan plat posisi 3G PF artinya plat disambung dengan kampuh/groove pada posisi vertikal up atau pengelasan dari posisi bawah ke atas (arah naik) Sebelum materi posisi 3G diajarkan, praktek di minggu kedua pelatihan pengelasan kali ini sedang berlatih rigi-rigi las terlebih dahulu Sahabat. Kemudian diminggu berikutnya akan diajarkan tentang posisi 1F, 2F,3F.

Selama pelaksanaan pelatihan berlangsung, peserta memperoleh fasilitas yang lengkap untuk mengasah kemampuan dalam bidang pengelasan.. Tidak hanya fasilitas lengkap yang didapatkan, peserta pelatihan juga akan memperoleh materi dari Instruktrur yang berpengalaman.

Selama pelatihan berlangsung, peserta akan mempelajari pekerjaan pengelasan pada bahan besi atau baja, hampir seluruh logam dalam proses produksinya harus dilakukan pengelasan. Tidak hanya kemampuan dalam melakukan pengelasan, peserta pelatihan juga diajarkan cara membuat produk rumah tangga serta memberikan materi untuk mendapatkan kesadaran dalam melakukan kewirausahaan. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung selama 1 (satu) bulan dengan 16 (enam belas) peserta pelatihan

Instruktur Kejuruan Teknik Las Sabri, ST. Berharap peserta pelatihan dapat memperoleh skill baru untuk dapat menghadapi dunia kerja pada bidang teknik pengelasan dan mampu membuka lapangan pekerjaan dengan membuka usaha mandiri.

Dalam Dunia industri Teknik Las/welding di Indonesia sendiri bisa dikatakan masih sedikit tenaga kerja yang memiliki keahlihan, hal ini dikarenakan masyarakat belum banyak mengenal dan tertarik pada bidang tersebut. Padahal peluang keahlihan teknik las sangat luas, jika kita melihat besar kecilnya industri, bisa dikatakan bidang keahlihan teknik las sangat dibutuhkan oleh berbagai industri besar maupun kecil, misalnya pada pembuatan fabrikasi kapal laut, rangka baja, pipa pesat, jembatan dan sebagainya. Melihat potensi tersebut, Balai Latihan Kerja melaksanakan pelatihan dengan bidang kompetensi Teknik Las. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta pelatihan untuk memiliki kemampuan dalam melakukan pengelasan.

Program pelatihan Juru Las SMAW 3G merupakan salah satu program pelatihan dari kejuruan Teknik Las/Welding. Setelah mengikuti pelatihan peserta di harapkan mampu :

Ø Melakukan pengelasan SMAW posisi 3G/PF Pada Industri Pengelasan Sesuai dengan WPS (Welding Procedure Spesification)

Adapun kompetensi yang akan diberikan yaitu :

ü Melaksanakan persiapan tempat kerja

ü Memperbaiki hasil pengelasan

ü Membuat sambungan las fillet sesuai WPS untuk pengelasan pelat ke pelat, pipa ke pipa, dan pelat ke pipa sesuai dengan proses las yang digunakan

ü Membuat sambungan las kampuh (groove) sesuai WPS untuk pengelasan pelat ke pelat dan sesuai dengan proses las yang digunakan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantap maju terus

15 Dec
Balas



search

New Post