PROGRAM UJIAN PRAKTIK IPA SMP
(Tantangan Hari ke-23)
#TantanganGurusiana
Bagi pengajar kelas 9, sudah saatnya merancang program Ujian Praktik, Sebelum dilaksanakannya USBN sesuai Jadwal yang dikirimkan dari Dinas Kabupaten masing-masing. Berikut adalah salah satu contoh program Ujian praktik IPA yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya.
Tentunya Seorang Guru dalam merancang program ujian praktik selain harus sesuai dengan SKL yang ada , sesuaikan pula dengan keadaan dan kondisi Sarpras di sekolah. Alangkah baiknya jika ujian praktik yang dilakukan dapat membantu mengingatkan kembali kepada konsep materi yang telah diajarkan sehingga dapat membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal IPA USBN maupun UN, karena Semua materi praktik yang dikeluarkan sesuai dengan kisi-kisi UN atau UNBK.
Semoga Program yang saya share ini dapat memberikan inspirasi atau referensi bagi Guru IPA tingkat SMP .
BAB I PENDAHULUAN
I. LATAR BELAKANG
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah / madrasah mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berdasarkan SKL ( Standar Kompetensi Lulusan) dan SI ( Standar Isi ).
Ujian Praktek Sains merupakan salah satu indikator yang harus ditempuh oleh seluruh siswa dan siswi kelas IX untuk memenuhi Standar Kompetensi Lulusan.
SMPN 2 Telukjambe Timur melaksanakan ujian praktek Sains yang meliputi ujian praktek Fisika, Biolog dan Kimia . Adapun materi ujian praktek Sains Diambil dari Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Kompetensi kelas VII, VIII dan IX
Jumlah siswa dan siswi yang akan mengikuti ujian praktek Sains sebanyak 487 siswa. Yang terdiri dari siswa kelas IX-A sampai dengan kelas IX-K sebanyak 11 Rombel. Pelaksanaan ujian praktek tahun pelajaran 2019/2020 dijadwalkan tanggal 31 Maret s.d 3 April 2020 Sesuai dengan surat edaran yang disosialisasikan oleh Ketua MKKS Karawang.
II. TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya ujian praktek sains adalah selain untuk memperoleh nilai ujian praktek yang akan digabungkan dengan nilai ujian tulis dalam pelajaran IPA , juga diharapkan sekolah mendapatkan lulusan yang memenuhi standar kelulusan dari aspek keterampilan ( Psikomotor ) dibidang sains, sehingga dapat bermanfaat bagi lulusannya untuk diaplikasikan dilingkungan kehidupan masyarakat maupun dapat dijadikan dasar pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
BAB II
RENCANA KERJA
A. Jadwal kegiatan praktikum.
HARI/TANGGAL
JAM KE-
WAKTU
KELAS 9
SENIN,
31 Maret 2020
1
07.00 s.d 09.00
H
2
10.00 s.d 12.00
I
SELASA,
01 April 2020
1
07.00 s.d 09.30
J
2
10.00 s.d 12.00
K
RABU,
02 April 2020
1
07.00 s.d 09.30
B, D
2
10.00 s.d 12.00
C
KAMIS
03 April 2020
1
07.00 s.d 09.30
F
2
10.00 s.d 12.00
G
JUM’AT
04 April 2020
1
07.00 s.d 09.O0
A
2
09.30 s.d 11.30
E
NO
NAMA PENGUJI
MAPEL
KELAS
KET
1
RUKMINI, S.Pd
IPA
9A-D
4
2
ANI NURAENI, S.Pd.
IPA
9E-H
4
3
SOLIHAT, S.Pd
IPA
9I-K
L
B. Kisi –kisi Ujian Praktek Sains
MATA PELAJARAN : IPA
SKL :
1. Melakukan Pengamatan Dengan Peralatan Yang Sesuai, Melaksanakan Percobaan Sesuai Prosedur, Mencatat Hasil Pengamatan Dan Pengukuran Dalam Tabel Dan Grafik Yang Sesuai, Membuat Kesimpulan Dan Mengkomunikasikannya Secara Lisan Dan Tertulis Sesuai Dengan Bukti Yang Diperoleh
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup
3. Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, Listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Standar Kompetensi
Kompetensi
Dasar
MATERI
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Bentuk
Skore
3. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
: 2. Memahami kalsifikasi zat
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
3.2 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
4.3. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan Indikator Pencapaian Kompetensi yang tepat
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
·
· Mendemonstrasikan membuat magnet dengan cara induksi,menggosok dan dialiri arus listrik menghilangkan sifat kemagnetan
v Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
v Menentukan gamet dari genotip tetua /induk/ parental
v Menggunakan tabel untuk menentukan rasio hasil persilangan monohibrida.
·
V. TEKHNIK PELAKSANAAN UJIAN PRAKTEK SAINS
1) Materi praktek terdiri dari 8 :
1. Menetukan Massa Jenis Benda Teratur
2. Menentukan massa Jenis benda tidak teratur
3. Menetukan sifat asam basa Beberapa bahan produk Rumah Tangga
4. Menentukan Perbandingan Genotip dan Fenotif pada persilangan Monohibrid dengan menggunakan Kancing Genetika
5. Membuat Magnet dengan 3 cara
6. Membuktikan adanya arus Listrik dengan menggunakan prinsip Induksielektro magnetiK
7. Membuat Rangkaian hambatan seri dan paralel
8. Menentukan banyak bayangan pada cermin datar
1) Siswa diundi untuk menentukan kelompok IPA yang terdiri dari 4-5 orang
2) Setiap kelompok praktek IPA diundi kembali untuk pemilihan judul materi praktek yang akan dilakukan
3) Seluruh siswa yang mengikuti ujian praktek IPA harus mengikuti rambu-rambu yang telah ditetapkan dengan Kriteria penilaian yang sudah di sosialisasikan sebelum praktek dilakukan.
4) Praktek dilakukan secara berkelompok dengan laporan praktek perorang
5) Bagi siswa yang nilainya kurang dari KKM praktek yaitu 78 maka wajib mengikuti Remedial ujian PRAKTEK IPA dengan jadwal yang telah ditentukan.
BAB III
RENCANA ANGGARAN
Adapun rincian alat dan Bahan yang diperlukan adalah sbb :
1. Pembuatan Program / proposal Ujian Praktek
2. Lakmus Merah dan Biru ± 6 box
3. Cuka, jeruk Nipis, Sitrun ,Sabun Cair, sabun colek dll
4. Kancing Genetika
5. KIT Magnet
6. KIT Listrik
7. KIT MEKANIK
8. Basic meter
9. Cermin Datar
10. Dll
BAB IV
KESIMPULAN
KESIMPULAN
v Ujian Praktek IPA yang selalu dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk :
§ Memperoleh nilai ujian praktek yang akan digabungkan dengan nilai ujian tulis dalam pelajaran IPA
§ Mendapatkan lulusan yang memenuhi standar kelulusan dari aspek keterampilan ( Psikomotor ) dibidang sains, sehingga dapat bermanfaat bagi lulusannya untuk diaplikasikan dilingkungan kehidupan masyarakat maupun dapat dijadikan dasar pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
NILAI :
1. MENETUKAN MASSA JENIS BENDA TERATUR
I. TUJUAN : Siswa Dapat Menetukan Massa Jenis Benda Teratur
II. Alat dan bahan :
1. ..............................................
2. ................................................
3. .....................................................
III. PROSEDUR KERJA :
1) Ukurlah Masa kubus dengan menggunakan Neraca, tulislah dalam tabel data hasilnya
2) Ukurlah Panjan, lebar, Tinggi Kubus dengan menggunakan Penggaris, Tulis Hasilnya pada Data Pengamatan.
3) Hitunglah Volume Benda, Tulis pada Tabel
4)
ƿ = m / V
Dengan menggunakan Rumus Penghitungan Massa Jenis, Tentukan Massa jenis Kubus
IV. DATA HASIL PENGAMATAN :
NO
NAMA BENDA
m (gr)
p (cm)
l (cm)
t (cm)
v
Ƿ
V. KESIMPULAN.
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NAMA/KLS : .................................
NO. PESERTA : ........................
NILAI :
2. MENETUKAN MASSA JENIS BENDA TIDAK TERATUR
I. TUJUAN :
Siswa Dapat Menetukan Massa Jenis Benda Tidak Teratur
II. Alat dan bahan :
1. ...........................................
2. ...........................................
3. ...........................................
4. ...........................................
III. PROSEDUR KERJA :
1) Ukurlah Masa kubus dengan menggunakan Neraca, tulislah dalam tabel data hasilnya
2) Ukurlah Volume Batu/ Lumpang, dengan menggunakan Gelas Ukur dan Gelas corong . tuliskan dalam tabel
3)
ƿ = m / V
Dengan menggunakan Rumus Penghitungan Massa Jenis, Tentukan Massa jenis Kubus
IV. DATA HASIL PENGAMATAN :
NO
NAMA BENDA
m ( gr )
V ( cm3 )
ƿ
v. KESIMPULAN.
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NAMA/KLS : .................................
NO. PESERTA : ........................
NILAI :
3. MENETUKAN SIFAT ASAM BASA
I. TUJUAN :
1. Siswa Dapat Menetukan sifat asam basa Beberapa bahan produk Rumah Tangga
II. Alat dan bahan :
1. ………………………………
2. ………………………………
3. ………………………………
4. ………………………………
5. Bahan- Bahan yang akan di uji seperti; Cuka, air jeruk Nipis, air Sitrun ,Sabun Cair, air sabun colek dll
III. PROSEDUR KERJA :
1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2. Ambillah bahan-bahan seperti Cuka, air jeruk Nipis, air Sitrun ,Sabun Cair, air sabun colek dll secukupnya dengan menggunakan pipet
3. Taruhlah 2 plat tetes , satu untuk bahan yang dicelupkan Lakmus Merah, satu lagi untuk Lakmus Biru . namun perhatikan jangan sampai tercampur satu dengan lainnya.
4. Ambil kertas lakmus merah dan biru masing-masing 1 lembar kemudian potong menjadi 4 bagian.
5. Celupkan kertas lakmus biru dan merah pada masing –masing Plat tetes. Amati perubahan yang terjadi angkat dan tulis dalam Tabel Pengamatan
6. Sebutkan sifat bahan-bahan yang diuji pada tabel hasil pengamatan
IV. DATA HASIL PENGAMATAN :
NO
NAMA BAHAN
LAKMUS MERAH
LAKMUS BIRU
KETERANGAN Jenis
( Asam, Basa, Garam )
Sebelum dicelupkan
Sesudah dicelupkan
Sebelum dicelupkan
Sesudah dicelupkan
v. KESIMPULAN.
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NAMA/KLS : .................................
NO. PESERTA : ........................
NILAI :
4. MEMBUAT MAGNET DENGAN 3 CARA
I. TUJUAN :
· Siswa dapat membuat magnet dengan 3 cara
II. ALAT DAN BAHAN :
1. ........................
2. .......................
3. ........................
4. ........................
5. .......................
6. ........................
7. ........................
III. PROSEDUR KERJA :
Cara 1 Gbr. Cara 2gbr Cara 3 gbr
Menggosok.................................................
.................................................................................................
..............................................................................................
Induksi.................................................................................................................................................
............................................................................................
.................................................
Elektromagnet….......................................................................
...........................................................................................
.............................................................................................
IV. KESIMPULAN .
........................................................................................................................................................................... ...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NILAI :
NAMA/KLS : .................................
NO. PESERTA : ........................
5. INDUKSI ELEKTROMAGNET
I. TUJUAN :
1. Siswa dapat menemukan arus listrik pada induksi elektromagnetik
II. ALAT DAN BAHAN :
5. .............................
6. ............................
7. ............................
8. .............................
1. .............................
2. ............................
3. ............................
4. .............................
iII. PROSEDUR KERJA :
1. Siapkan dan susun alat seperti Gbr.
2. Masukkan magnet batang ke dalam solenoida( 250 lilitan ). Usahakan magnetnya diam ( magnet ditaruh didalam kumparan ) Bagaimana gerak jarum pada basic meter ? ................................................................................................................................................................
3. Kemudian gerakkan magnet masuk dan keluar solenoida. Bagaimana keadaan jarum pada basic meter ? ................................................................................................................................................................
4. Percepat gerakan magnet, bagaimana simpangan jarum pada basic meter ? ......................................
5. Ganti solenoida/ kumparan dengan yang jumlah lilitannya lebih banyak, ulangi seperti kegiatan diatas , bagaimana simpangan jarum Basic mater ? .....................................................................
6. Tambah magnetnya menjadi 2 dg jumlah lilitan kembali ke 250 lilitan, ulangi kegiatan seperti diatas, bagaimana simpangan jarum ?....................................................................................................
7. Tambah dengan lilitan yang lebih banyak bagaimana simpangan jarum Basic meter ? ................................................................................................................................................................
IV. KESIMPULAN .
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NILAI :
Kelompok : ………
Nama : ........................
6. Persilangan Monohibrid dengan menggunakan Kancing Genetika
I. TUJUAN :
· Siswa Dapat Menentukan Perbandingan Genotip Dan Fenotif Pada Persilangan Monohibrid Dengan Menggunakan Kancing Genetika
1. ......................................................................................................................
2. .........................................................................................................................
3. ..........................................................................................................................
II. ALAT DAN BAHAN :
II. PROSEDUR KERJA :
TAHAP I ( Untuk mendapatkan F1 )
1. Siapkan 2 buah gelas Kimia beri masing- masing label A dan B
2. Masukkan 10 pasang Kancing Genetika warna merah kedalam gelas A dan 10 pasang kancing genetika warna putih ke dalam gelas B
3. Tangan Kiri mengambil 1 kancing dari gelas A dan tangan kanan mengabil 1 kancing dari gelas B
4. Sebutkan warna Kancing yang terambil ! .................................................
5. Lakukan hal tersebut hingga semua kancing terambil
Pertanyaan :
1. Apakah semua kancing yang terambil oleh tangan kiri atau kanan selalu sama ? ..........................
2. Bila kedua kancing digabung sebutkan kedua warna-warnanya ............................ ada berapa pasang ? ....................................
3. Berapa persentasi masing-masing keturunan F1 ? .........................................................................
TAHAP II ( Untuk mendapatkan F2 )
1. Setelah mendapatkan F1 yang semuanya berwarna merah putih, simpanlah kancing genetika tsb pada gelas A, Lepaskanlah.
2. Siapkan Kembali Kancing Genetika sejumlah pasangan yang sama seperti no. 1 lakukan hal yang sama. Taruh pada gelas Kimiaberlabel B
3. Tangan Kiri mengambil 1 kancing dari A dan tangan kanan mengambil satu kancing dari gelas B kemudian satukan ( tanpa memilih atau melihat )
4. Sebutkan warnanya dan tuliskan berupa tabulasi pada tabel berikut :
MERAH-MERAH
MERAH-PUTIH
PUTIH-PUTIH
JUMLAH: ...............
JUMLAH: ..............
JUMLAH: ..................
5. Berapakah Perbandingan Fenotip dan Genotip Kancing genetika tersebut jika warna Merah Dominan ? ......................................................
6. Berapakah Perbandingan Fenotip dan Genotip Kancing genetika tersebut jika Bersifat intermediet? .....................................................
( kerjakan di halaman belakang soal …………..)
NILAI :
NAMA/KLS : ..............................
NO. PESERTA : ........................
7. RANGKAIAN HAMBATAN SERI DAN PARALEL
A. TUJUAN :
1. Dapat Membuat Rangkaian Seri
2. Dapat Membuat Rangkaian Seri dan Rangkaian Paralel
B. Alat dan Bahan :
......................................... ..................................... ......................................
Langkah Kerja dan hasil pengamatan rangk. Seri :
ü ................................................................................................
ü .................................................................................................
ü Setelah tersusun seperti gbr. Lepaslah salah satu lampu dari tempatnya, apa yang terjadi dengan lamu yang lain ? ..............
Mengapa ? ................................................................................
...................................................................................................
Gambar1
Prosedur Kerja :
a.Rangkaian Seri:
Gambar
b.
Langkah Kerja dan hasil pengamatan rangk. Paralel :
ü ................................................................................................
ü .................................................................................................
ü Setelah tersusun seperti gbr. Lepaslah salah satu lampu dari tempatnya, apa yang terjadi dengan lamu yang lain ? ..............
Mengapa ? ................................................................................
...................................................................................................
Rangkaian Paralel:
Gambar2
KESIMPULAN :
1. Keuntungan menggunakan rangkaian hambatan seri: ........................................................
..............................................................................................................................................
2. Keuntungan menggunakan rangkaian hambatan Paralel: ......................................................
..............................................................................................................................................
3. Kerugian menggunakan rangkaian hambatan seri: ........................................................
..............................................................................................................................................
4. Kerugian menggunakan rangkaian hambatan Paralel: ......................................................
..............................................................................................................................................
PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
( ) ( )
NILAI :
NAMA/KLS : ..............................
NO. PESERTA : ........................
8. MENENTUKAN BANYAK BAYANGAN PADA CERMIN DATAR
A. Tujuan :
1. Menentukan bayangan pada cermin datar dengan sudut α 0
B. Alat dan Bahan
1. ...............................................
2. ...............................................
3. ...............................................
C. Prosedur Kerja
Bentuklah sudut sesuai tabel beriku tentukan banyak bayangan :
SUDUT
YANG DIBENTUK (α )
BANYAK BAYANGAN (n)
SUDUT
YANG DIBENTUK (α )
BANYAK BAYANGAN (n)
1. 180
6. 90
2. 160
7. 80
3. 140
8. 60
4. 120
9. 30
5. 100
10. 20
Buktikan dengan menggunakan rumus, untuk mencari bayangan pada cermin datar yang membentuk sudut α Rumus : n = 360/ α – 1 , untuk sudut : 180, 120, 90 dan 30
1. ............................................................................................................................
2. ............................................................................................................................
3. ............................................................................................................................
4. ............................................................................................................................
KESIMPULAN: .............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. PEMERIKSA 1 PEMERIKSA 2
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Wow, paparan luar biasa. Sukses selalu dan barakallahu fiik
Aamiin yra.. trmksh bunda...Barakallahu fiikum..