Rizka Gustiara Rahmah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Meningkatkan motorik halus siswa kelas 2 melalui menjiplak jari tangan menjadi bentuk hewa

Meningkatkan motorik halus siswa kelas 2 melalui menjiplak jari tangan menjadi bentuk hewa

Best Practise

Meningkatkan motorik halus siswa kelas 2 melalui menjiplak jari tangan menjadi bentuk hewan

Oleh Rizka Gustiara Rahmah.S.Pd

A. PERENCANAAN

Pendidikan mencakup proses hidup dan interaksi manusia dengan lingkunganya dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan tahapan perkembangan agar berjalan secara optimal. Pendidikan semakin berkembang dengan pesat dan teknologi pun semakin berperan dalam Pendidikan, maka dengan keadaan seperti ini guru dituntut untuk membuat proses pembelajaran yang kreatif, asik dan menarik peserta didik untuk belajar. Dengan demikian tidak hanya teknologi saja yang harus dikembangkan dalam dunia Pendidikan namun, motorik peserta didik juga harus dilatih dan dikembangkan.

Perkembangan motorik adalah perkembangan yang akan terjadi pada anak yang meliputi perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah gerakan yang menggunakan otot besar, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih sedangkan Perkembangan motorik halus merupakan kemampuan anak dalam melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti perlunya mengamati sesuatu, menciplak, menulis, meronce, dan menempel. Kemampuan motorik halus anak bisa dikembangkan dengan cara anak-anak menjiplak, menggunting hasil jiplakannya. pengembangan motorik halus ini merupakan modal dasar anak untuk menulis.

Untuk mengembangkan motorik halus dikelas dua maka guru akan mengemas suatu kegiatan yang seru yaitu peserta didik menjiplak jari tangannya. Dari hasil jiplakan jari tangan peserta bisa membuat bentuk hewan (ayam atau burung). Berikut rancangan Langkah-langkah membuat bentuk hewan dari hasil jiplakan jari tangan

1. Peserta didik melihat video cara membuatnya

2. Peserta didik menyiapkan peralatan yang akan digunakan (gunting, origami, pensil, penghapus)

3. Peserta didik menyebutkan peralatan yang akan digunakan menggunakan Bahasa inggris.

4. Peserta didik menyiapkan satu lembar origami untuk alas menjiplak jari tangan.

5. Peserta didik membuat pola kepala, mata, kaki dan mulut hewan yang akan dibuatnya.

6. Selesai membuat pola peserta didik mengguntingnya dengan teliti dan hati-hati

7. Peserta didik Menyusun hasil pola yang sudah digunting menjadi bentuk hewan

8. Menempelkan pola-pola yang sudah disusun menjadi bentuk hewan.

9. Guru mengevaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan.

B. PELAKSANAAN

Kegiatan motorik halus ini dilaksanakan sesuai dengan tahapan perencanaan yang sudah dibuat. Tahap yang pertama peserta didik lakukan yaitu menonton video bagaimana cara menjiplak jari tangan mereka menjadi sebuah bentuk hewan. Tahap kedua peserta didik mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam pelaksaan menjiplak jari tangan menjadi bentuk hewan peralatan yang digunakan yaitu 3 lembar origami (warna sesuai yang peserta didik inginkan), gunting, pensil, penghapus dan suatu benda yang berbentuk bulat (botol minum, gelas, dll) yang berfungsi untuk membentuk kepala hewan, dan lem fox atau lem kertas. Tahap ketiga yaitu peserta didik menyebutkan peralatan yang akan di gunakan untuk menjiplak dengan menggunakan Bahasa inggris, pada tahap ini sangat terkait dengan materi pembelajaran Bahasa inggris pada bulan agustus dan September yaitu materi mengenal benda-benda yang ada dilingkungan sekolah. Tahap ke empat peserta didik mulai menjiplak salah satu jari tangan mereka, boleh jari tangan sebelah kanan atau jari tangan sebelah kiri peserta didik di atas satu lembar origami yang sudah di siapkan oleh peserta didik. Tahap ke lima Peserta didik membuat pola kepala, mata, kaki dan mulut hewan yang akan dibuatnya di lembar origami. Tahap keenam selesai menjiplak jari tangan, membuat pola kepala, kaki, mulut dan mata hewan yang sudah dibuat maka peserta didik mengguntingnya sesuai pola yang sudah dibuat dengan teliti dan hati-hati. Tahap ke tujuh peserta didik Menyusun pola hewan yang sudah dibuat menjadi bentuk hewan. Tahap ke delapan menempelkan pola yang sudah disusun agar terbentuk menjadi hewan yang diinginkan. Tahap kesembilan guru memberikan evaluasi terkait pembelajaran yang sudah di laksanakan.

C. Visual Hasil

Hasil kegiatan motorik halus “menjiplak jari tangan menjadi bentuk hewan (ayam/burung)” didokumentasikan dan ditempel di dinding kelas. Dokumentasi berupa foto-foto yang diambil oleh guru dalam pelaksanaan motorik halus ini. Berikut dokumentasi saat pelaksanaan motorik halus “menjiplak jari tangan pada kelas Khadijah” (terlampil)

A. D. Tindak Lanjut

Sebagai bentuk mengapresiasi kegiatan pembelajaran brbasis proyek, guru memberikan feedback sebagai berikut :

1. Seluruh peserta didik di kelas 2 melaksanakan kegiatan sesuai dengan rancangan pelaksanaan hingga pelaksanaan terlaksana

2. Dalam menyebutkan peralatan yang digunakan dalam Bahasa inggris guru mendengarkan dengan baik dan memperbaikinya jika ada peserta didik yang salah menyebutkan nama benda dalam Bahasa inggris.

3. Guru mengoptimalkan kegiatan motorik halus ini dengan baik serta membimbing seluruh peserta didik dalam melakukan kegiatan ini.

4. Guru meminta seluruh peserta didik mempersentasikan bagaimana cara membuatnya dan menyebutkan kendalanya.

Semua peserta didik melakukan kegiatan ini dengan happy dan peserta didik menunggu kegiatan motorik halus selanjutnya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post