Rini P Gusti

Guru Biologi SMAN 1 Padang Panjang. Sumbar. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cuban Oregano

Cuban Oregano

Cuban Oregano. Inu bukan nama latin untuk spesies tanaman ini.Tetapi  nama julukan karena aroma daunnya seperti aroma oregano.Banyak julukan lain untuk tanaman ini, diantaranya di Indonesia  Jinten, dan   Mint Meksico, Timi Spanyol. Yang jelas ini bukan Oregano asli dari Familia Oreganum. Namun termasuk Familia Lamiaceae dengan nama spesies Plectranthus amboinicus.

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan sukulen berdauan tebal dan berambut halus dengan aroma yang tajam sperti aroma Oregano sejati. Dan itu yang membuat aku tertarik untuk menanam dan sekaligus mempropagandakannya. Oregano adalah bumbu andalan ku yang menemani hari hariku terutama semenjak Pandemi Covid 19 melanda negeri ini. Sejak Pandemi Allah mengilhami aku menjadi Produsen Pizza. Dan bukan Pizza kalau tidak ada oregano sebagai pelengkap aromanya. Nah, kebetulan kakakku menanam ini. Aku diberi sedikit pucuknya dan aku tanam. dan ahai , Alhamdulillah sudah berkembang biak dengan daun daun yang subur.

Langkah selanjutnya yang aku pikirkan adalah bagaimana mengolah daun oregano segar menjadi oregano kering yang dapat disimpan untuk waktu yang lama. Yang menjadi masalah adalah aku tinggal dikota yang udaranya dingin dan sering hujan, ditambah lagi sekarang ya musim hujan. Sudah dicoba dikeringkan dan diangin anginkan dengan diikat dan digantung ditempat tedur dan terbuka. Tetap lama keringnya, karena daunnya tebal dan banyak kandungan airnya. di coba oven ,menjadi matang dan aromanya menjadi berkurang. Adakah dari tau, saya ingin tau dan tolong diberi tahu.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih Bunda Nursyani dan Bunda Ida .Maaf masih belajar.

27 Nov
Balas

Mantap bun sdh berbagi info..

27 Nov
Balas

Tulisan yang informatif bun

27 Nov
Balas



search

New Post