Landasan Sosiologis
Landasan Sosiologis
Dalam Tataran Landasan Sosiologis berkenaan dengan perkembangan, kebutuhan dan karakteristik masyarakat. Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah tentang proses sosial dan pola-pola interaksi sosial di dalam sistem pendidikan. Ruang lingkup yang dipelajari oleh sosiologi pendidikan meliputi empat bidang:
a. Hubungan sistem pendidikan dengan aspek masyarakat lain.
b. Hubungan kemanusiaan.
c. Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya.
d. Sekolah dalam komunitas,yang mempelajari pola interaksi antara sekolah dengan kelompok sosial lain di dalam komunitasnya.
Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dengan manusia lain, manusia hidup berkelompok, dan saling membutuhkan sesuatu yang terjadi dengan yang lain sama halnya hewan, tetapi pengelompokan pada manusia lebih rumit dari pada hewan. Pengertian tentang landasan sosiologi yaitu Dimana suatu proses interaksi antar dua individu, bahkan dua generasi dan memungkinkan generasi muda untuk mengembangkan diri, sehingga melahirkan cabang - cabang sosiologi antara lain sosiologi pendidikan dan ruang lingkup yang di pelajari antara lain:
1) Hubungan pendidikan dengan aspek masyarakat lain,yang mempelajari: Fungsi pendidikan dalam kebudayaan, Hubungan sisitem pendidikan dan proses kontrol sosiala dengan sistem kekuasaan lain, Fungsi pendidikan dalam memelihara dan mendorong proses sosial dan perubahan kebudayaan, Hubungan antar kelas sosial, Fungsional pendidikan formal yang mencakup hubungan dengan ras,kebudayaam dan kelompok kelompok dalam masyarakat.
2) Hubungan kemanusiaan di sekolah yang meliputi: Sifat kebudayaan dalam sekolah yang khusus dan berbeda dengan kebudayaan di luar sekolah dan Pola interaksi dan struktur masyarakat sekolah
3) Pengaruh sekolah pada perilaku anggotanya,yang mempelajari: Peranan sosial guru, Sifat kepribadian guru, Pengaruh kepribadian guru terhadap tingkah laju sisiw dan Fungsi sosial sekolah pada sosialisasi anak anak.
4) Sekolah dalam komunitas,mempelajari pola interaksi antara sekolah dalam komunitasnya yang meliputi: Pelukisan komunitas sekolah seperti tampaknya dalam prganisasi sekolah, Analisis tentang proses pendidikan seperti tampak pada kaum sosila tak terpelajar, Hubungan antara sekolah dan komunitas dalam fungsi pendidikannya, Faktor faktor demografi dan ekologi dalam organisasi sekolah.
Pada Masyarakat indonesia sebagai landasan sosiologi sistem pendidikan nasional (sisdiknas) Masyarakat sebagai kesatuan hidup memiliki ciri utama antara lain: Adanya interaksi antar warga warganya, Pola tingkah laku yang diatur adat istiadat,hukum dan norma yang berlaku dan adanya rasa identitas yang mengikat pada warganya.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar