Cara Aktivasi Akun di My-SAPK BKN dengan Mobile Phone
MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil. elalui aplikasi ini seorang ASN dapat melakukan Pemutakhiran Data secara mandiri.
Pemutakhiran Data Mandiri ASN adalah proses peremajaan dan pembaharuan data secara mandiri yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, terkini, terpadu, berkualitas baik sehingga dapat menciptakan interoperabilitas Data. Interoperabilitas adalah dimana suatu aplikasi bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang disetujui bersama lewat bermacam-macam jalur komunikasi.
Data yang dimutakhirkan adalah Data Personal (Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS) dan Data Riwayat (Data yang berisi informasi mengenai data diri PNS).
Bagi ASN yang berstatus PNS, data-data tersebut terdiri atas Data Personal, Riwayat Jabatan, Riwayat Pendidikan & diklat (Kursus), Riwayat SKP (2 tahun terakhir), Riwayat Penghargaan, Riwayat Pangkat dan Golongan Ruang, Riwayat Keluarga, Riwayat Peninjauan Masa Kerja, Riwayat Pindah Instansi, Riwayat CLTN, Riwayat CPNS/PNS, dan Riwayat Organisasi.
Bagi ASN yang berstatus PPPK, data-data tersebut terdiri atas Data Personal, Riwayat Diklat (Kursus), Riwayat Penghargaan/tanda jasa, Riwayat Keluarga, dan Riwayat Organisasi.
Cara mengakses aplikasi My-SAPK dengan menggunakan mobile phone mengikuti alur berikut ini.
1. Unduh aplikasi My-SAPK BKN di playstore.
2. Buka aplikasi My-SAPK BKN dan masukkan NIP
3. Klik Lupa Password
4. Ketik email aktif dan Anda akan mendapat kode token di email tersebut
5. Masukkan password baru (minimal 6 karakter, dan menggunakan minimal 1 huruf besar dan 1 angka)
6. Masukkan token yang dikirim di email
7. Klik 'Reset Pasword'
8. Login ke My-SAPK BKN dengan NIP dan pasword yang baru saja Anda buat.
Berikut ini tampilan aplikasi My-SAPK BKN di mobile phone yang sudah aktif.

Lantas bagaimana jika proses aktivasi tidak berhasil? Di situ ada keterangan email salah/tidak sesuai. Silakan Anda menghubungi biro sdm/bkpsdm instansi masing-masing.
Bagi yang telah berhasil aktivasi, saat ini jika Anda akan melakukan pemutakhiran data masih belum bisa karena menu Upadate Data Mandiri belum diaktifkan oleh penyedia layanan.
Demikian Bapak-Ibu semoga bermanfaat. Yuk, peduli dengan data kita. Salam.
Sumber: Buku Saku Pedoman PDM, BKN, 2021
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Terima kasih atas informasinya, bun. Sukses selalu..
Terimakasih bunda informasinya
beres bu..sudah masik..data masih kosong.. He.he
Saya empat hari yg lalu SDH trial, namun msh terkendala di password. Ada notice : email salah salah/tidak sesuai. Silahkan hub biro sdm/bkpsdm instansi masing-masing. Trus alamatnya mana yah..... #Salam Berbagi
Terima kasih atas informasinya
Terima kasih atas informasinya
Informasi lengkap dan bermanfaat. terimakasih Bu Riful Hamidah. Salam kenal dari Trenggalek. Sukses selalu .
Thanks infonya bunda
Detil sekali ulasan Ibu. Sangat bermanfaat. Ayo peduli data.