Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
MENDIDIK ANAK DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN - 2
Sumber: kantormeme

MENDIDIK ANAK DALAM PERSPEKTIF AL QUR'AN - 2

Rasulullah SAW, bersabda : “Aku telah meninggalkan dua perkara yang kamu tidak akan sesat selama kamu berpegang teguh kepada keduanya, yaitu kitab Allah ( Al Qur’an ) dan sunnah ( Hadits ) Nabi-NYA”. (HR.Malik)

Konsep pendidikan anak dalam perspektif Al Qur’an tidaklah diragukan lagi. Selain merujuk pada hadits di atas, Allah SWT juga berfirman didalam surah Al Baqarah ayat 2.

Jika di dalam diri manusia itu masih juga terdapat keraguan, maka Allah menjelaskan dalam surah yang sama ayat 23.

Di dalam Al Qur’an, pendidikan yang benar haruslah diawali dari diri orang tua terlebih dahulu. Artinya orang tua harus mencontohkan keteladanan bagi anak-anaknya. Dengan demikian pendidikan akan berhasil karena anak-anak senantiasa melihat keteladanan yang dicontohkan oleh orang tuanya dalam kehidupan yang nyata.

Hal ini jelas ditunjukkan Allah dalam runtutan-runtutan surah didalam Al Qur’an. Kita merujuk pada surah An Nisa’ ayat 9 yang berisi tentang kewajiban orang tua untuk mendidik anaknya dan mengawalinya dengan terlebih dahulu pada dirinya sendiri untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan mengajarkan perkataan yang baik.

Setelah 10 juz kemudian, kita baru menemukan surah Bani Israil ayat 23 – 24 yang menjelaskan kewajiban anak kepada orang tua. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan itu tidaklah instan tetapi melalui proses yang panjang. Setelah di juz 5 (surah An Nisa’) Allah SWT memerintahkan orang tua berbuat baik kepada anaknya, di juz 15 (surah Bani Israil) Allah SWT memerintahkan pula kepada anak untuk berbuat baik kepada orang tua. Karena pendidikan itu merupakan proses yang panjang, maka kita mohon kepada Allah SWT agar kita senantiasa dalam rahmad dan ridho NYA sehingga pendidikan itu dapat mencapai tujuan. Wallahu a’lam bishshowab.

Rumahku, Menggapai Mardhotillah, 9 Maret 2018.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang menyentil telinga banyak orangtua muda saat ini. Dahsyat Bunda... Like it !!!

09 Mar
Balas

Alhamdulillah...,terimakasih Bundsay....Baarokallah.

09 Mar

Betul sekali itu Bu..proses yang baik hasilnya pasti akan berkualitas.

09 Mar
Balas

Alhamdulillah...terimakasih Bunda. Baarokallah.

09 Mar

Terima kasih pencerahannya Bunda Rai...sangat bernas, belajar menjadi orang tua , karena sesungguhnya pendidikan dimulai dari rumah, dari orang tuanya...sehat n sukses selalu Bunda Rai...barakallah

19 Dec
Balas



search

New Post