Raihana Rasyid

Lahir dan menetap di Medan ,07 September 1967.Alumni IKIP Negeri Medan Jurusan Pendidikan Biologi. Tenaga pendidik di SMA Negeri 14 Medan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Diskusi Presentasi Tingkatkan Motivasi dan Kreasi
Suasana diskusi kelompok di kelas X MIPA1 SMA Negeri 14 Medan dalam materi pelajaran FUNGI.( Sumber : Juliana P Sianturi)

Diskusi Presentasi Tingkatkan Motivasi dan Kreasi

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk tercapainya tujuan. Asalkan dapat disesuaikan dengan materi pelajaran, situasi dan kondisi serta yang paling utama siswa merasa gembira melakukannya. Sejatinya, suasana hati sangat berpengaruh pada hasil belajar. Sebisa mungkin guru menghindari pembelajaran yang membosankan.

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sangat perlu dilakukan karena pengalaman yang menyenangkan akan meningkatkan kadar dopamin, endorfin dan oksigen pada otak anak sebagaimana hasil penelitian seorang neurolog Judy Willis di dalam buku “Research-Based Strategias to Ignite Student Learning : Insights from a Neurologist and Classroom Teacher”. Masih dari hasil penelitian tersebut di atas, kadar dopamin yang meningkat akan meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Sedangkan kadar endorfin yang meningkat akan menurunkan tingkat stres dan kadar oksigen yang meningkat dapat melancarkan kerja otak.Oleh karena itu menjaga kondisi psikis siswa harus diupayakan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Memilih metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu usaha untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Di mana metode pembelajaran yang dipilih tentunya selain dapat menciptakan mood yang baik, juga dapat memotivasi siswa untuk berperan aktif, kreatif dan bernalar kritis.

Metode pembelajaran diskusi presentasi menjadi satu opsi dalam aktivitas belajar yang merupakan gabungan dari dua metode yaitu diskusi dan presentasi. Pada metode diskusi, siswa dilatih untuk aktif belajar menyampaikan tugas secara lisan di dalam kelompok, belajar menghargai dan menanggapi pendapat orang lain serta melatih diri dalam mengambil keputusan bersama. Semua anggota kelompok diharapkan berperan aktif. Apalagi jika guru memotivasi dengan adanya nilai plus ataupun reward bagi siswa yang aktif dalam diskusi.

Setelah diskusi dilakukan, maka setiap kelompok wajib mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas sehingga kelompok lain bisa memberikan tanggapan. Saat presentasi dilakukan, diharapkan siswa akan aktif mengikuti dengan baik yang nantinya akan menumbuhkan rasa percaya diri, saling menghargai, bernalar kritis dan analitis.

Metode pembelajaran diskusi presentasi terasa lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dan memacu semangat belajar siswa karena adanya kompetitif di antara kelompok.

Sejatinya, metode pembelajaran yang sesuai akan meningkatkan motivasi dan kreasi peserta didik yang berbanding lurus dengan peningkatan prestasi.

#edisikuatkanhatire28#

#belajarmenyenangkan#

Sumber referensi :

https://www.antaranews.com/berita/2572025/alasan-belajar-harus-menyenangkan

https://www.matrapendidikan.com/2016/03/agar-belajar-menjadi-kegiatan.html

https://text-id.123dok.com/document/6zk69lkey-metode-diskusi-dan-presentasi-dalam-pembelajaran.html

Langit Biru di Sekolahku, SMA Negeri 14 Medan, 5 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Langkah menuju pembelajaran berpusat pada siswa yaa buu

06 Feb
Balas



search

New Post