Navigasi Web
BERKARYA BERSAMA 'TEATER CATUR'

BERKARYA BERSAMA 'TEATER CATUR'

BERKARYA BERSAMA TEATER

Oleh : RAFI KEEFA K.P

Hallo sobat literasi!

Apakah Kalian tahu apa itu Teater? Mungkin saat mendengar kata tersebut, pasti Kalian berfikir bahwa Teater itu drama. Eits ... tapi tidak hanya drama saja. Banyak sekali hal menarik dalam Teater.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, sebaiknya kita ketahui dulu asal usul Teater.Teater adalah cabang kesenian yang lahir pada masa Yunani klasik. Pada masa itu, sekitar 500 tahun SM kesenian ini dimainkan di atas altar oleh pendeta-pendeta. Salah satu adegannya adalah upacara memberi kurban pada dewa. Hingga kemudian bentuk itu berubah pada masa Athena. Kurban diganti oleh peran antagonis yang dihukum atas dasar kehendak masyarakat kemudian mati.

Dalam makna tersebut Teater modern Indonesia dipahami secara konseptual (teater realis) dimulai sejak Usmar Ismail dan Asrul Sani mendirikan ATNI (Akademi Teater Nasional Indonesia) pada 10 September 1955 di Jakarta. Sejak itu bentuk teater di Indonesia mengalami perubahan yang cukup mendasar dibandingkan dengan bentuk-bentuk tradisionalnya, seperti Randai, Ludruk, Mahyong, Ketoprak, dan Ledhek.

Salah satu organisasinya adalah Teater Catur. Teater Catur merupakan cabang ekstrakurikuler sekolah yang bertempat di SMA Negeri 2 Pasuruan. Teater ini didirikan pada 4 September 2002. Kalian pasti ingin tahu mengapa Teater tersebut bernama Teater Catur? Kata Catur merupakan sebuah representasi dari proses setiap anggota digambarkan seperti keseluruhan pada bidak Catur bersama-sama untuk mencapai kemenangan (skakmat!).

Nah, Kalian sudah tahu asal usul nya kan? Sekarang kita akan ulas, apa saja kegiatan yang dilakukan oleh Teater Catur.

Kegiatan yang sering dilakukan pastinya tidak jauh dari bidang seni. Di Teater Catur kita mempelajari tentang drama, musik, make up, tata panggung, tata vokal, keaktoran, dan masih banyak lagi. Koq masih banyak lagi? Ya, sangking banyaknya sampai saya lupa. He he he …

Wah, sangat cocok ya untuk sobat literasi yang bercita-cita ingin menjadi aktor atau artis. Bisa lebih mengembangkan bakat yang dimiliki dong.

Tak hanya itu, lho. Teater Catur juga pernah mempertunjukan drama di Banda Aceh,dalam rangka FLS2N tingkat nasional,pada 20 Agustus 2018. Dengan membawakan naskah berjudul ”Monolog dari Tiga Kamar” yang berhasil menarik ribuan penonton di chanel youtube Teater Catur Pasuruan. Tahun lalu Teater yang satu ini juga mengikuti Festival Teater Pelajar dan Mahasiswa Nasional pada tanggal 13 Oktober 2022. Drama dengan naskah berjudul Sidang Langit pun juga menuai perhatian penonton.Meskipun demikian,masih ada proses yang panjang di balik itu semua.Walaupun berakhir, akan tetapi masih ada proses lagi ke depannya.

Di balik sebuah pertunjukan yang luar biasa, ya pastinya terdapat latihan yang kita lakukan. Kita rutin melaksanakannya pada hari Rabu dan Jumat sepulang sekolah. Mulai dari pemanasan, latihan vokal, dan materi yang diberikan. Kita juga dilatih oleh para alumni dari Teater Catur loh! Kadang-kadang kita latihan gabungan bersama teater lain.

Dalam Teater Catur ini kita juga menjunjung tinggi persaudaraan dan kekeluargaan. Peduli antar sesama itu penting bagi diri kita agar kita saling menghargai perbedaan yang kita miliki.

Sobat literasi sudah tahu kan apa saja yang dilakukan oleh Tetaer Catur. Cukup sampai di sini saja menjelaskan hal-hal yang menarik dari Teater Catur.

Ikan teri makan terasi ...

Sampai jumpa di lain waktu sobat literasi ....

see you

Profil Penulis

RAFI KEEFA KUSMANDANA PUTRA siswa SMA Negeri 2 kota Pasuruan yang dilahirkan di Pasuruan,28 Oktober 2005, putra pasangan dari KUSMANI dan LILIA. Untuk menjalin silaturahmi lebih lanjut, 082145414103(WA),@d_raff(IG) dan [email protected](email).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Pak. Salam literasi

11 Jan
Balas

Makasih pak

12 Jan

semangattt maas

12 Jan
Balas

Sip makasih jo

12 Jan

Sip makasih jo

12 Jan

Sip makasih jo

12 Jan

Sip makasih jo

12 Jan



search

New Post