Cerita 4C (tantangan hari ke-23)
#TantanganGurusiana
Setiap guru tentu paham tentang 4C pada RPP.
Yaitu keterampilan yang sesungguhnya ingin dicapai melalui kurikulum sekarang ini.
Keterampilan ini meliputi keterampilan Communication, Collaboration, Critical thinking dan Creativity.
Artinya dalam setiap kegiatan guru harus mampu menjadikan pembelajaran sebagai sarana untuk menstimulasi keterampilan ini pada siswanya
Meski cuma empat poin saja. Saya sendiri merasa tidak semudah itu mengimplementasikannya.
Karena meski sasaran pengembangannya adalah siswa, dalam pelaksanaannya justru guru dan orang tua harus memiliki keterampilan ini, setidaknya telah membiasakan diri melakukan 4C ini dalam.kegiatan keseharian di luar kelas.
Sebagai contoh keterampilan komunikasi yang akan dikembangkan dalam pembelajaran. Seorang guru seharusnya memiliki keterampilan komunikasi yang mumpuni sebagai sarana mengajar dan mendidik.
Baik keterampilan komunikasi verbal, tulisan maupun menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan pesannya.
Komunikasi yang dilakukan juga harus dapat dilakukan dalam ranah persuasif, eksposisi, bernarasi dan argumentasi.
Sebab bila guru hanya mampu menyampaikan materi namun tidak pandai bercerita tentunya terasa garing pesan yang disampaikan.
Apalagi bila harus mengajar di kelas bawah. Kemampuan bernarasi amat membantu tersampaikannya materi dengan mudah.(bersambung)
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar