Penerapan LKS Berbasis Concepts Attainment Model (CAM) pada Materi Pecahan
Best Practice
Penerapan LKS Berbasis Concepts Attainment Model (CAM) pada Materi Pecahan Untuk Meningkatan Kemampuan Konsep Matematis Peserta Didik Kelas 4 SD al muslim
Oleh Putri Wulandari, S.Pd
A. Tahap Perencanaan
Mata pelajaran Matematika kerap kali dianggap sebagai satu pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi sebagian peserta didik di SD al muslim. Melihat angka dan menghitung angka saja sudah menjadi beban bagi peserta didik. Untuk itu perlu adanya tindakan kegiatan pembelajaran yang menciptakan pemahaman konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kirits dengan menerapkan LKS (Lembar Kerja Siswa) berbasis Concepts Attainments Model (CAM). Penerapan LKS yang berbasis model pemahaman konsep akan berlangsung secara aktif dan proses berpikir peserta didik dapat terarah sehingga mendapatkan pemahaman yang benar dan lengkap terhadap konsep maupun prinsip yang dipelajari. Dengan demikian meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas 4 sd al muslim dengan media LKS berbasis Concepts Attainments Model (CAM).
Perencanaan yang dilakukan oleh guru dalam rangka menerapkan media LKS yang berbasis Concepts Attaniments Model (CAM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Mengenal Pecahan kelas 4 SD al muslim adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan konten dan konteks materi pembelajaran Matematika sesuai KD 3.2 dan 4.2.
2. Merancang kegiatan atau aktivitas belajar yang mengarah kepada kemampuan berpikir kritis peserta didik.
3. Menyiapkan alat dan bahan serta media untuk evaluasi peserta didik.
B. Pelaksanaan
Berikut ini adalah deskripsi mengenai setiap tahap dalam pembelajaran berdasarkan RPP.
1) Tahap 1 Apersepsi : Pada tahap awal pembelajaran dimulai, agar peserta didik memahami kegunaan materi dalam kehidupan sehari-hari. Guru memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi pecahan dengan memberikan contoh potongan pizza.
2) Tahap 2 Diskusi Masalah : Guru memberikan stimulus bahwa peserta didik dapat membuat bentuk -bentuk pecahan dari video yang sebelumnya disaksikan oleh mereka. Sehingga peserta didik dapat menjelaskan pengertian pecahan dengan kalimatnya sendiri
3) Tahap 3 Mengidentifikasi pecahan menggunakan LKS berbasis Concepts Attainments Model (CAM) :Pada tahapan ini, guru memberikan beberapa LKS yang diberi nama project “Pizza Fraction”. LKS Pizza Fraction ini diharapkan dapat membantu peserta didik memahami konsep pecahan yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari.
4) Tahap 4 Evaluasi Setelah peserta didik mengikuti instruksi yang sesuai dengan LKS berbasis Concepts Attaiments Model (CAM), guru memberikan evaluasi yang terkait dengan LKS tersebut.
C. Visual Hasil
Berdasarkan hasil dari pelaksanaan dapat diperoleh :
Guru memberikan apersepsi terlebih dahulu untuk mengingat kembali materi pecahan yang sebelumnya sudah pernah dipelajari di kelas 3 sd.Guru memberikan pemahaman tentang “Equal and Not Equal”. Peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian yang termasuk pecahan dan bukan pecahan (ditinjau dari cara membagi atau memecahakan bagiannya)Guru menginsturksikan peserta didik untuk membuat pertanyaan tentang pecahan yang berkaitan dengan materi “Equal and Not Equal”.Guru membagikan LKS “Pizza Fraction” kepada peserta didik.Peserta didik mulai mengerjakan LKS tersebut sesuai dengan instruksi soal. LKS berbasis model Concepts Attainments ini digunakan guru untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dalam penerapan LKS berbasis CAM ini adalah dimana siswa dapat mengikuti insturksi dalam mengerjakan LKS “Pizza Fraction”.Peserta didik memberikan hasil dari LKS “Pizza Fraction” dan menempelkan karyanya di dinding kelas.Peserta didik mengerjakan evaluasi dengan media aplikasi online “Quizizz”. Evaluasi tersebut digunakan untuk guru mengukur tingkat berpikir kritis peserta didik.
D. Tindak lanjut
Kegiatan umpan balik oleh guru dilakukan untuk mengapresiasi kegiatan belajar dengan penerapan LKS berbasis Concepts Attainments Model (CAM) pada materi pecahan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 4 sd al muslim sebagai berikut :
1. Setelah melakukan kegiatan belajar dengan menggunakan LKS berbasis Concepts Attainments Model (CAM) pada materi pecahan, peserta didik menjadi lebih aktif dalam merespon apa yang disampaiakan oleh guru dalam pembelajaran Matematika khususnya materi Pecahan.
2. Konsep pecahan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, dilihat dari kegiatan evaluasi dengan media aplikasi online Quizziz.
3. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan memberikan beragam kasus yang berbeda dari kejadian sehari-hari yang dituangkan kedalam LKS berbasis Concepts Attainments Model (CAM).

Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar