Aksi Nyata Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak ' Pemikiran Ki Hadjar Dewantara'
Aksi Nyata Modul 1.1 Pendidikan Guru Penggerak ' Pemikiran Ki Hadjar Dewantara'
Oleh : Putri Dwi Wulandari
FASILITATOR: Ibu Harlina Nursiamti & PENDAMPING: Bapak Pudjianto
Beberapa point yang akan saya sampaikan terkait Aksi Nyata Modul 1.1 yaitu:
Perasaan selama melakukan perubahan di kelas Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baikLatar Belakang Pemikiran Filosofi Ki Hajar Dewantara
Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah menuntun dalam hidup tumbuh berkembangnya anak. Anak bukanlah kertas kosong yang harus diisi melainkan anak sudah membawa kodratnya dan seorang guru menebalkan garis-garis samar yang ada pada anak. Tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak itu agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Dengan berbagai ide yang dimiliki dari Ki Hajar Dewantara ada satu konsep yang luar biasa. Di dalamnya terdapat kodrat alam dan kodrat zaman yang menjadi pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwa setiap anak mempunyai zaman yang berbeda dalam pembelajaran. Maka dari itu sebagai guru harus bisa mengikuti zaman yang ada untuk memberikan pembelajaran. Karena sejatinya guru harus menuntun anak agar sampai tujuan dengan diimbangi oleh pembelajaran budi pekerti di dalamnya,
Point yang akan saya sampaikan terkait Aksi Nyata Modul 1.1.
1. Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
Perasaan yang dirasakan saat melakukan perubahan di kelas yaitu perasaan yang cukup terkejut karena saat di aplikasikan di kelas cukup menantang karena banyak perubahan yang dilakukan. Karena saya biasa melakukan pembelajaran terfokus pada materi dan metode ceramah saja di depan kelas serta berpusat kepada buku. Saya juga merasa tertantang karena harus memberikan pelayanan yang terbaik dan merata kepada setiap anak di dalam kelas yang menjadikan itu adalah suatu tantangan berat. Maka dari itu, saya harus melakukan apa penerapan ‘Pemikiran Ki Hajar Dewantara’ soal pendidikan dan pembelajaran di kelas. Perasaan itu yang menjadikan saya merasa ada perubahan. Konsep menjadikan pendidikan yang berpusat pada murid memang suatu hal yang baru bagi saya sebagai seorang guru. Aksi nyata harus saya lakukan untuk perbaikan pembelajaran untuk ke depan, Semua perbaikan itu dimulai dari rencana yang mempunyai pemahaman dan perencanaan yang baik, tidak hanya sekedar tertulis dalam catatan tapi juga aksi yang harus diterapkan di kelas kepada anak.
2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan
Melakukan perubahan dengan melakukan perencanaan yang matang dalam melaksanakan pembelajaran. Sehingga membuat pembelajaran itu menjadi lebih baik, inovatif dan menyenangkan di dalam kelas. Sebagai guru, saya benar-benar harus bisa menjadi fasilitator yang baik dan menuntun murid saya sampai ke tujuan dengan cara mereka yang berbeda. Saya harus menjadi seorang yang bisa memberikan perhatian terhdapat masing-masing murid saya karena mereka mempunyai kemampuan, minat dan bakat yang berbeda. Saya melakukan refleksi terhdapat murid bertanya tentang bagaimana pembelajaran saya. Hasil refleksi terhadap pembelajaran yang saya lakukan ada beragam yaitu dengan mengisi google form dan juga melalui wawancara secara individu. Agar meyakinkan bahwa memang semua yang mereka rasakan itu benar-benar dari hatinya mereka.
3. Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik
Di dalam pembelajaran yang menjadi pengalaman ada praktik baik yaitu saya merasakan bahwa setiap murid mempunyai kemampuan mereka masing-masing. Dan saya harus siap untuk menuntun mereka pada tujuannya. Karena kodratnya yang berbeda-beda. Memberikan ruang untuk mereka menampilkan kreatifitasnya dalam pembelajaran karena pendidikan berpusat pada murid. Memberikan juga refleksi di setiap pembelajaran yang dilakukan oleh murid. Yang menjadikan mereka ikut dalam pembelajaran yang ada lebih dalam. Serta memberikan motivasi serta nilai budi pekerti yang ada didalam pembelajaran.
4. ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan

Refleksi pada pembelajaran

Penerapan pembelajaran yang berpusat pada murid

Refleksi diri dan memastikan murid senang dengan pembelajaran yang disampaikan
Testimoni Rekan Sejawat dan SIswa terkait Aksi Nyata.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi
terima kasih banyak Pak. Salam Literasi