Lukman Hakim

Teacher | CEO of Delta Pustaka Publishing | Chief Reviewer of Scientific Journal | Chief Reviewer of Learning Inovation Journal...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ingin Cepat Naik Pangkat? Menulislah!

Ingin Cepat Naik Pangkat? Menulislah!

Proses kenaikan pangkat setelah terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya memiliki warna yang berbeda tentang prosedur kenaikan pangkat melalui angka kredit. Salah satunya adalah angka kredit wajib dari unsur publikasi ilmiah. Artinya berapapun nilai angka kredit dari unsur utama dan penunjang, unsur publikasi ilmiah wajib ada berdasarkan nilai yang telah ditentukan. Apabila tidak terpenuhi, maka pendidik tidak bisa naik pangkat.

Publikasi ilmiah tidak hanya laporan hasil penelitian saja, tetapi banyak jenisnya. Buku 4 tentang Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar dijelaskan bahwa publikasi ilmiah terdiri dari: (1) Presentasi pada forum ilmiah; (2) Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal; (3) publikasi buku teks pelajaran; (4) buku pengayaan dan/atau; dan (5) pedoman guru.

Pertama, presentasi pada forum ilmiah. Presentasi pada forum ilmiah adalah kegiatan penyampaian gagasan ilmiah sebagai salah satu bentuk publikasi ilmiah. Presetasi pada forum ilmiah dalam bentuk: (1) menjadi pemrasaran/narasumber pada seminar atau lokakarya ilmiah; dan (2) menjadi pemrasaran/narasumber pada koloqium atau diskusi ilmiah. Bukti fisik yang harus disertakan adalah makalah.

Kedua, publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal. Publikasi Ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmiah bidang pendidikan formal meliputi laporan hasil penelitian, makalah berupa tinjauan ilmiah, tulisan ilmiah populer, dan artikel ilmiah dalam bidang pendidikan.

Laporan hasil penelitian berupa karya tulis yang didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan sesuai dengan tugas pokoknya. Laporan penelitian dapat berupa penelitian tindakan kelas, penelitian eksperimen, penelitian deskriptif, penelitian perbandingan, penelitian korelasi, dan sebagainya.

Makalah tinjauan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya). Best Practice adalah karya tulis guru yang berisi pengalaman terbaik dalam proses pembelajaran.

Tulisan Ilmiah Populer adalah tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Tulisan ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi guru merupakan tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan. Kerangka isi tulisan ilmiah populer disesuaikan dengan persyaratan atau kelaziman dari media massa yang akan mempublikasikan tulisan tersebut.

Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Artikel gagasan ilmiah/best practice di bidang pendidikan pada umumnya mengikuti aturan dari jurnal yang akan memuat artikel gagasan ilmiah tersebut.

Ketiga, Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari: (1) Buku Teks Pelajaran, (2) Buku Pengayaan yang terdiri dari Modul/Diktat Pembelajaran, Buku dalam Bidang Pendidikan, Karya Terjemahan, dan (3) Buku Pedoman Guru.

Buku teks pelajaran adalah buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagaibuku pelengkap. Buku pelajaran dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/bidang studi yang disampaikan olehguru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Diktat adalah buku pelajaran yang 'masih' mempunyai keterbatasan, baik dalam jangkauan penggunaannya maupun cakupan isinya. Modul atau diktat tersebut harus secara jelas menunjukkan nama mata pelajaran atau materi pokok tertentu yang menjadi isi utamanya, tahun/semester diterbitkan, serta penjelasan kelas dari peserta didik yang akan menggunakan modul atau diktat tersebut.

Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan.

Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran.

Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari: (a) rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik; (b) rencana pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Isi kedua rencana kerja tersebut paling tidak meliputi upaya dalam meningkatkan/ memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran bagi peserta didik dan pengembangan profesi bagi guru pembelajar. Melalui rencana kerja tersebut, guru mempunyai pedoman untuk pengembangan profesinya. Buku ini juga dapat dipakai kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru yang bersangkutan.

Dengan muncul PermenPABRB 16 Tahun 2009 ini mau tidak mau memaksa pendidik untuk menulis. Bila tidak menulis, maka kenaikan pangkat akan berhenti atau tertunda. PermenPANRB seharus jadi tantangan bagi pendidik untuk mengembangkan diri dalam kepenulisan. Bukan dengan cara “menjahitkan” karya tulis kepada orang lain.

Jika ingin naik pangkat dengan cepat, ya Menulis! Kapan? Sekarang! Di mana? Gurusiana (*).

Sumber: Buku 4 tentang Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Pembelajar Tahun 2016

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat malam pak Lukman. Mau tanya, apakah opini yang ditulis di gurusiana dapat dipakai untuk kenaikan pangkat? Mohon pencerahan. Terima kasih...

03 Mar
Balas

Tidak bisa, pak hero. Kalau dibukukan bisa.

22 Mar

Mau nanya ni Pa Lukman. Kalau judul best practice sama seperti PTK ?

08 Jan
Balas

Kalo Best Practice lebih dipersingkat, Bu Ai nurhayati

08 Jan

Belajar menulis. Insyaallah pak Lukman. Salam sukses selalu pak, barakallah.

08 Jan
Balas

Jozz... Semoga sukses selalu, mbak Yenny...Salam kenal saya dr SMKN 1 Sooko Mojokerro

08 Jan



search

New Post