DAULAH ABBASIYAH MEMBANGUN PERADABAN ISLAM
PEMBELAJARAN JARAK JAUH
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS VIII
Kompetensi Dasar Semester Ganjil
3.1. Menganalisis sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
3.2. Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
Rangkuman Materi Bab 1
Daulah Abbasiyah berkuasa selama lima setengah abad. Sejak 750 – 1258 M yang wilayahnya kekuasaannya membentang luas dari Asia Barat, Asia Selatan, Afrika Utara hingga Eropa. Pada masa inilah peradaban Islam berada pada puncak kejayaannya, sejarwan menyebutnya sebagai Golden Age (Tahun Keemasan).
Daulah ini disebut Abbasiyah karena pendirinya merupakan keturunan Abbas bin Abdul Muthalib (paman Nabi Muhammad Saw).
Tokoh utama pendiri Daulah Abbasiyah adalah Ali bin Abdullah, Muhammad bin Ali, Ibrahim bin Ali, Abu Abbas As-Saffah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Abu Muslim AlKhurasani.
Walau pendiri sekaligus khalifah pertama Dauah Abbasiyah adalah Abul Abbas AsSaffah, tetapi pemerintahannya sangat singkat. Usaha pembangunan, pengembangan dan peletak dasar pemerintahan Daulah Abbasiyah justru dilakukan oleh pelanjutnya, yaitu khalifah ke dua Abu Ja’far Al-Mansyur.
Keberadaan Daulah Abbasiyah berlangsung selama 550 tahun/lima setengah abad (132-656 H/750-1258 M). Selama periode itu pola pemerintahan Daulah Abbasiyah berubah-ubah sesuai dengan perubahan politik, sosial, budaya, dan penguasa.
Dari 37 khalifah Dinasti Bani Abbasiyah, terdapat beberapa orang khalifah yang terkenal, di antaranya Abu Ja’far Al-Mansur, Harun Ar-Rasyid dan Abdullah AlMakmun.
Al-Mansur merupakan khalifah kedua, merupakan khalifah yang menetapkan dasardasar pemerintahan Daulat Bani Abbas.Masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Mansur merupakan masa awal perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan cikal bakal perkembangan kejayaan Abbasyiah di masa pemerintahan setelahnya. Kota Baghdad yang dibangunya menjadi ibu kota Dinasti Abbasiyah dan selain merupakan pusat perdagangan juga kebudayaan dan ilmu pengtahuan. Baghdad dianggap sebagai kota terpenting di dunia dan menjadi salah satu pusat peradaban dunia.
Pada masa Khalifah Harun Ar-Rasyid dan Khalifah Al-Makmun, peradaban Islam mencapai masa keemasan. Kebudayaan India dan Yunani juga telah memberi sumbangan yang berarti bagi perkembangan kebudayaan Islam. Kota-kota Jundisapur, Harran, dan Iskandariyah adalah pusat-pusat peradaban Yunani sebelum Islam. Setelah Islam datang tradisi keilmuwan Yunani terjaga bahkan mengalami perkembangan yang semakin pesat. Beberapa sastrawan dan budayawan yang muncul pada masa itu adalah Ibnu Maskawaih dan Al-Kindi.
Al-Mansur, Harun Ar-Rasid dan Al-Makmun merupakan masa-masa keemasan peradaban Islam. Para khalifah agung tersebut dikenal sebagai penguasa adil dan bijaksana serta memiliki perhatian dan kecintaan yang kuat terhadap ilmu pengetahuan. Dukungan dan kegigihan mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengembangan perdaban Islam tercermin dalam berbagai kebijakan pemerintahannya.
Uji Kompetensi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan Daulah Abbasiyah !
2. Tuliskan khalifah besar daulah Abbasiyah dan jasa-jasanya !
3. Bandingkan keberhasilan para khalifah besar daulah Abbasiyah dalam membawa Islam pada puncak kejayaan !
4. Sebagai pelajar, keteladanan apa yang dapat diambil dari kemajuan peradaban dan kebudayaan Islam masa Daulah Abbasiyah ?
5. Di era digital saat ini, bagaimana sikap seorang muslim/muslimah yang bertaqwa menyikapi kemajuan teknologi informasi ?
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Kegiatan pembelajaran yang sangat menarik. Sungguh jelas, singkat dan padat. Semoga pembelajaran jarak jauh ini membuat anak bisa efektif belajar meski tidak bisa 100%
Betul ibu meskipun materi harus serba dirampingkan
terima kasih pak atas ilmunya, salam sukses selalu
Salam silaturahmi