Nurul Chairani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
TPACK DALAM PEMBELAJARAN TIK

TPACK DALAM PEMBELAJARAN TIK

#Tagur(121)

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dalam kegiatan pembelajaran sebenarnya sudah diterapkan lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Hal ini terbukti dari penggunaan OHP (Over head Project) untuk menggantikan kapur tulis,, komputer sebagai pengganti mesik ketik, dan video untuk menggantikan film slide. Saat ini dengan kebijakan belajar dari rumah, TIK menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan belajar siswa.

Pemanfaatan TIK bukan berarti menggantikan peran guru. Tetapi dengan TIK, guru bukan lagi sebagai satu satunya sumber belajar. Pemanfaatan TIK menuntut guru untuk memiliki kompetensi dalam bidang content (materi pembelajaran), pedagogig (proses pembelajaran) dan teknologi sesuai dengan pendekatan TPACK (Technologycal Pedagogical Content Knowledge).

Pemanfaatan TIK dengan pendekatan TPACK berakibat adanya 7 aspek penguasaan guru, yaitu :

1. Content Knowledge/CK, yaitu penguasaan guru terhadap materi yang diajarkan. Misalnya guru Bahasa Indonesia jenjang SMP harus menguasai materi pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di SMP.

2. Pedagogical Knowledge/PK, yaitu penguasaan guru terhadap proses pembelajaran, seperti strategi, metode, model, pemilihan media, sumber belajar dan lainnya dalam kegiatan pembelajaran.

3. Technologycal Knowledge/TK, yaitu penguasaan guru terhadap pemanfaatan teknologi digital baik software maupun hardware.

4. Pedagogycal Content Knowledge/PCK, yaitu penguasaan guru dalam memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan.

5. Tecnologycal Content knowledge/TCK, yaitu penguasaan guru dalam memilih teknologi digital yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan.

6. Tecnologycal Pedagogycal Knowledge/TPK, yaitu penguasaan guru dalam memilih teknologi digital yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran

7. Tecnologycal Pedagogycal Content Knowledge/TPACK, yaitu adanya integrasi yang komprehensif antara teknologi digital yang digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajran yang dipilih sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan.

Penguasaan TPACK guru akan menghasilkan pembelajaran TIK yang bermakna bagi peserta didik. Memiliki siswa yang hidup di abad 21 merupakan modal bagi guru dalam pembelajaran TIK, oleh sebab itu guru juga perlu mentransformasi diri untuk dapat menjadi guru yang ideal. Be a smart teacher.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post