Nurhikmah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Penghambat Menulis

Menulis itu sulit-sulit mudah. Tergantung motivasi dan situasi. Berikut ada lima hal yang kerap menjadi penghambat dalam menulus.

1. Malas

Seringkali perasaan malas muncul akibat fisik merasa lelah setelah menyelesaikan beberapa aktivitas harian seperti pekerjaan rumah, mengajar di sekolah, atau aktivitas yang lain. Jalan terbaik untuk menghilangkan rasa malas ini adalah dengan menjadi rajin. Tanamkan dalam pikiran bahwa malas akan membuat kita menyesal.

2. Sulit Memilih Kata (Diksi)

Dalam banyak kesempatan, saat melihat banyak hal, ide-idepun bermunculan. Kalau dibuat menjadi tulisan pasti menarik. Namun saat sudah memegang alat tulis untuk dituangkan di kertas ide itupun pergi tanpa pamit. Memperbanyak membaca karya orang lain akan membantu kita mengatasi hal ini sebab dengan banyak membaca, kita jadi tahu bahwa setiap penulis punya gaya menulis masing-masing dan kalau kita mau, kita bisa meniru gaya salah seorang dari mereka.

3. Sulit Mengembangkan Ide yang Ada

Inspirasi menulis bisa datang kapan dan dimana saja, dari segals penjuru. Namun terkadang ide itu terbatas pada judulnya saja. Ketika ingin dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang bagus, maka pikiran menjadi mentok. Membuat kerangka awal yang jelas dan detil bisa mengatąsi hambatan yang satu ini.

4. Minder

Perasaan ini muncul ketika saya telah menyelesaikan sebuah tulisan, lalu saya baca ulang dan saya bandingkan dengan tulisan orang lain. Dan ternyata tulisan saya banyak tidak bagusnya, diksi yang tidak memikat, tanda baca kurang tepat, dan lain-lain. Jadinya saya tidak semangat lagi untuk menuliskan karya yang lain. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menumbuhkan rasa percaya diri dan jangan terlalu membanding-bandingka karya kita dengan karya orang lain.

5. Tidak Pernah Juara Ikut Lomba Menulis

Saya pernah coba ikut Lomba Menulis berulangkali, tapi karya saya tidak lolos seleksi. Padahal saat saya membaca tulisan orang lain yang lolos itu, tidak jauh beda dengan tulisan saya. Hehe.. Harusnya ketika tidak menang semakin semangat menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa. tulisan yang renyah dan mantap

21 Nov
Balas

Subhanallah, keren tulisannnya

21 Nov
Balas

Jazakallaahu khairan. Semoga memberi sedikit pengetahuan. Salam kenal, bu Muarafah.

09 Dec

Tidak ada kata menyerah bagi penulis, karena guru penulis adalah guru yang hebat, ayo terus menulis, menulis dan menulis

21 Nov
Balas

Terimakasih pak. Never give up. :)

09 Dec

Thanks, mister. Nice to know you en join your team training.:) Barakallaahufiik. semoga dapat terus berkarya untuk bangsa.

09 Dec
Balas



search

New Post