Nurhidayati Putri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Visi Guru Penggerak (Jurnal Refleksi Modul 1.3)

Visi Guru Penggerak (Jurnal Refleksi Modul 1.3)

Facts

Modul 1.3 ini merupakan kelanjutan dari modul 1.1 tentang Filosofi KHD dan modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul ini, saya diajarkan untuk bagaimana merancang visi masa depan sebagai seorang guru penggerak. Saya juga mengenal inquiri apresiatif sebagai paradigma perubahan kolaboratif yang berfokus kepada hal-hal positif sebagai batu pijakan untuk membuat perubahan. Kemudian, juga ada BAGJA yang dilandaskan pada inquiri apresiatif tersebut. BAGJA merupakan singkatan dari Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

Feelings

Saya merasa bersemangat ketika mempelajari modul ini karena sebelumnya tidak pernah terpikir oleh saya bahwa ketika kita ingin melakukan perubahan ternyata ada metode atau langkah-langkahnya. Ternyata bila kita ingin berubah, sekedar niat saja tidak cukup. Kita perlu merancang sebuah strategi perubahan agar perubahan yang kita lakukan lebih terarah dan lebih mudah mencapai tujuan.

Findings

Hal yang mencerahkan bagi saya adalah bahwa ternyata kita sebagai pendidik perlu menyusun visi sendiri karena walau bagaimana pun kita adalah yang ‘bersentuhan’ langsung dengan siswa. Selama ini saya berpikir bahwa sebagai pendidik saya tidak perlu menyusun visi karena sekolah sudah mempunyai visi, yang secara tidak langsung itu adalah visi saya juga. Idealnya nanti, visi dari masing-masing pendidik di suatu sekolah ditelaah dan disatukan sehingga dapat menjadi sebuah visi sekolah. Dengan demikian, semua pihak di sekolah betul-betul merasakan bahwa mereka memiliki visi dan tujuan yang sama.

Future

Manajemen perubahan yang akan saya lakukan adalah dengan mulai melihat sisi positif dan kelebihan dari siswa-siswa saya. Dengan demikian, menjadi PR yang besar bagi saya untuk menemukan hal-hal apa yang bisa dikembangkan pada diri siswa saya agar keluar menjadi potensi unggul yang selama ini terpendam.

Penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks sehari-hari saya di masa akan datang adalah dengan meningkatkan kompetensi diri saya memberikan pembelajaran yang menarik, bermakna, dan menyenangkan bagi siswa. Saya ingin mengembangkan suatu strategi mengajar yang dapat memunculkan minat siswa, menginternalisasikan materi yang saya ajarkan dengan mudah, dan menghasilkan evaluasi yang memuaskan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, bu. Salam kenal!

25 Oct
Balas



search

New Post