KISI-KISI SOAL PAIB US KELAS 6
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Tahun Pelajaran
: SD
: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
: Kurikulum 2013
: 120 menit
: 45
: Pilihan Ganda No. 1 s.d. 40/Uraian No. 41 s.d. 45
: 2019/2020
No.
Kompetensi Dasar
Kelas
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
No.
Soal
1
3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas
I
Q.S. al-Fatihah dan
Q.S. al-Ikhlas
Penalaran
Disajikan deskripsi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ayat dari Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar.
1
2
3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr
II
Q.S. an-Nas dan
Q.S. al-‘Asr
Penalaran
Disajikan satu ayat dari Q.S. an-Nas atau Q.S. al-‘Asr, peserta didik dapat menentukan pesan pokok ayat tersebut dengan benar.
2*
3
3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar
III
Q.S. an-Nasr dan
Q.S. al-Kausar
Penerapan
Disajikan satu ayat dari Q.S. an-Nasr atau Q.S. al-Kausar, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai ayat tersebut dengan benar.
3*
4
3.1 Memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar
IV
Q.S. al-Falaq
dan Q.S. al-Fil
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan satu arti ayat dari Q.S. al-Falaq
atau Q.S. al-Fil, peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai dengan benar.
4
5
3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. Mā’ūn dengan baik dan tartil
V
Q.S. at-Tin dan
Q.S. al-Mā’ūn
Penerapan
Disajikan salah satu ayat dari Q.S. at-Tin atau Q.S. al-Mā’ūn. Peserta didik dapat menentukan hukum bacaan Alif lam Ta’rif dengan benar
Penalaran
Disajikan tabel ayat dan arti Q.S. at-Tīn atau Q.S. al-Mā’ūn, peserta didik dapat memadukan ayat dan arti dengan benar.
6
6
3.1 Memahami makna Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar
VI
Q.S. al-Kafirun,
Q.S. al-Maidah/5: 2-3, dan
Q.S. al-Hujurat/49: 12-13
Penerapan
Disajikan satu ayat dari Q.S. al-Kafirun, penggalan ayat dari Q.S. al-Maidah/5: 2-3, atau Q.S. al-Hujurat/49: 12-13, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid pada kata yang bergaris bawah dengan benar.
5
Penalaran
Disajikan satu ayat dari Q.S. al-Kafirun,
penggalan ayat dari Q.S. al-Maidah/5: 2-3, atau Q.S. al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut dengan benar.
36**
7
3.5 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
II
Al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq
Penerapan
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan penerapan makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, atau al-Khaliq dengan benar.
7
8
3.4 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
III
Al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan deskripsi tentang al-Asmau al-Husna, peserta didik dapat menentukan salah satu al-Asma al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, atau as-Sami‘ dengan benar.
9
3.3 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, dan al-‘Azim
IV
Al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, dan al-‘Azim
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan makna al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, atau al-‘Azim dengan benar.
8*
10
3.2 Memahami makna al-Asmau al- Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad
V
Al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan deskripsi tentang al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, atau al-Ahad, peserta didik dapat menentukan al-Asma al-Husna yang sesuai deskripsi tersebut dengan benar.
9
11
3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
V
Iman kepada kitab Allah
Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat menentukan makna diturunkannya kitab-kitab suci dengan benar.
37
12
3.4 Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar
IV
Iman kepada malaikat Allah
Penalaran
Disajikan tabel nama-nama malaikat dan contoh perbuatan yang menunjukkan sikap beriman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan pasangan dengan benar.
10
13
3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi
V
Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi
Penerapan
Disajikan kisah singkat salah satu Rasul Ulul Azmi, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan sikap beriman kepada Rasul Ulul Azmi dengan benar.
11
14
3.2 Memahami makna al-Asmau al-
Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi
VI
Al-Asmau al-
Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi
Penerapan
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan penerapan makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al-Muqtadir, al-Muqaddim, atau al-Baqi dengan benar.
12
15
3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
VI
Iman kepada hari akhir
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah keimanan, peserta didik dapat menentukan hikmah beriman pada hari akhir dengan benar.
13
16
3.4 Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
VI
Iman kepada qada dan qadar
Penerapan
Disajikan narasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan implementasi iman kepada qada dan qadar dengan benar.
14*
17
3.4 Memahami Hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
II
Perilaku hidup bersih dan sehat
Penerapan
Disajikan perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup bersih dan sehat dengan benar.
15
18
3.5 Memahami perilaku tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
III
Perilaku tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan
Penerapan
Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku tawaduk, ikhlas, atau mohon pertolongan dengan benar.
16
19
3.10 Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari
IV
Makna perilaku amanah
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan sifat amanah dengan benar.
20
3.12 Memahami manfaat gemar membaca
IV
Manfaat gemar membaca
Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat gemar membaca dengan benar.
17*
21
3.6 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar
IV
Sikap santun dan menghargai teman
Penalaran
Disajikan deskripsi perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan manfaat perlaku santun, atau menghargai teman dengan benar.
38
22
3.9 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
IV
Perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Penerapan
Disajikan salah satu contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur dengan benar.
18
23
3.6 memahami makna hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
V
Hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
Penerapan
Disajikan deskripsi tentang jasa orang tua, guru, atau anggota keluarga, peserta didik dapat mampu menerapkan perilaku terpuji dengan benar.
19
24
3.7 Memahami makna saling menghargai sesama manusia
V
Perilaku saling menghargai sesama manusia
Penalaran
Disajikan deskripsi kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku saling menghargai kepada sesama manusia dengan benar.
20*
25
3.6 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun
VI
Perilaku toleran dan simpatik terhadap sesama
Penerapan
Disajikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan sikap toleran atau simpatik terhadap sesama dengan benar.
21
Penalaran
Disajikan narasi tentang sikap sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap toleran atau simpatik terhadap sesama dengan benar.
22
26
3.11 Memahami tata cara bersuci
I
Tata cara bersuci
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan beberapa gambar benda, peserta didik dapat menentukan alat beristinja sebagai pengganti air dengan benar.
24*
27
3.10 Memahami tata cara salat dan bacaannya
II
Tata cara salat dan bacaannya
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan salah satu gambar gerakan salat, peserta didik dapat menentukan bacaannya dengan benar.
25
28
3.9 Memahami makna zikir dan doa setelah salat
III
Zikir dan doa setelah salat
Penalaran
Disajikan satu lafal zikir, atau penggalan doa setelah salat, peserta didik dapat menentukan maknanya dengan benar.
29
3.10 Memahami hikmah ibadah salat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah
III
Hikmah ibadah salat
Penerapan
Disajikan beberapa hikmah ibadah, peserta didik dapat menentukan hikmah ibadah salat dengan benar.
23
30
3.14 Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam
IV
Tata cara bersuci dari hadas kecil
Penerapan
Disajikan rukun wudhu secara acak, peserta didik dapat mengurutkannya dengan benar.
26
31
3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia
V
Hikmah puasa Ramadan
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hikmah puasa Ramadan dengan benar.
27*
32
3.11 Memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur’an
V
Salat tarawih dan tadarus al-Qur’an
Penerapan
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat tarawih atau tadarus al-Qur’an dengan benar.
39
33
3.7 Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam
VI
Zakat, infaq, dan sedekah
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah ibadah, peserta didik dapat menentukan hikmah zakat, infaq, atau sedekah dengan benar.
28
34
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
I
Kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan kisah singkat perjuangan Nabi Adam a.s. peserta didik menentukan sikap keteladanan Nabi Adam a.s. dengan benar.
35
3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
III
Kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan kisah singkat perjuangan Nabi Ibrahim a.s. atau Nabi Ismail a.s. peserta didik dapat menentukan sikap keteladanan Nabi Ibrahim a.s. atau Nabi Ismail a.s. dengan benar.
29
36
3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
IV
Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
Pengetahuan dan Pemahaman
Disajikan kisah singkat Nabi Ayub a.s. Peserta didik dapat menentukan sikap keteladanan dari kisah Nabi Ayub a.s. dengan benar.
30
37
3.21 Memahami kisah keteladanan Wali Songo
IV
Kisah keteladanan Wali Songo
Penerapan
Disajikan deskripsi perjuangan salah satu wali songo, peserta didik mengimplementasikan keteladanannya dalam kehidupan sehari- hari dengan benar.
31
38
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
V
Kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
Penerapan
Disajikan pernyataan tentang perjuangan Nabi Dawud a.s. Peserta didik dapat mengimplemen-tasikan tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. dengan benar.
32
39
3.17 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
V
Kisah keteladanan Luqman
Penalaran
Disajikan kisah singkat Luqman Al-hakim, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan keteladanan Luqman dengan benar.
40
40
3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
VI
Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
Penalaran
Disajikan deskripsi perjuangan Nabi Muhammad saw. peserta didik dapat merumuskan tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan benar.
33
41
3.13 Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
VI
Kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.
Penalaran
Disajikan penggalan kisah tanggungjawab sahabat nabi, peserta didik dapat menentukan perilaku kehidupan sehari-hari sesuai kisah tersebut dengan benar.
34*
42
3.14 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an
VI
Kisah keteladanan Ashabul Kahfi
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan keteladanan kisah Ashabul Kahfi dengan benar.
35*
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar