Nurhasanah Rosyid

Mengajar di Sekolah Tunas Indonesia, aktif di KKG GPAI Kecamatan Pondok Aren. Gemar menulis diary sejak lulus pesantren tahun 1990. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KISI-KISI SOAL PAIB US KELAS 6
Sekolah Tunas Indonesia

KISI-KISI SOAL PAIB US KELAS 6

KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

Jenis Sekolah

Mata Pelajaran

Kurikulum

Alokasi waktu

Jumlah Soal

Bentuk Soal

Tahun Pelajaran

: SD

: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

: Kurikulum 2013

: 120 menit

: 45

: Pilihan Ganda No. 1 s.d. 40/Uraian No. 41 s.d. 45

: 2019/2020

 

No.

Kompetensi Dasar

Kelas

Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

No.

Soal

1

3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S.al-Fatihah  dan Q.S. al-Ikhlas

I

Q.S. al-Fatihah  dan

Q.S. al-Ikhlas

Penalaran

Disajikan deskripsi tentang kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan ayat dari Q.S. al-Fatihah  dan Q.S. al-Ikhlas dengan benar.

1

2

3.2 Memahami pesan-pesan pokok Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Asr

II

Q.S. an-Nas  dan

Q.S. al-‘Asr

Penalaran

Disajikan satu ayat dari Q.S. an-Nas atau Q.S. al-‘Asr, peserta didik dapat menentukan pesan pokok ayat tersebut dengan benar.

2*

3

3.1 Memahami makna Q.S. an-Nasr dan Q.S. al-Kausar

III

Q.S. an-Nasr  dan

Q.S. al-Kausar

Penerapan

Disajikan satu ayat dari Q.S. an-Nasr atau Q.S. al-Kausar, peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai ayat tersebut dengan benar.

3*

4

3.1 Memahami makna Q.S. al-Falaq dan Q.S. al-Fil dengan baik dan benar

IV

Q.S. al-Falaq

dan Q.S. al-Fil

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan satu arti ayat dari Q.S. al-Falaq

atau Q.S. al-Fil, peserta didik dapat menentukan ayat yang sesuai dengan benar.

4

5

3.1 Memahami makna Q.S. at-Tin dan Q.S. Māūn  dengan baik dan tartil

V

Q.S. at-Tin  dan

Q.S. al-Māūn

 

Penerapan

Disajikan salah satu ayat dari Q.S. at-Tin atau Q.S. al-Māūn. Peserta didik dapat menentukan hukum bacaan Alif lam Ta’rif dengan benar

 

Penalaran

Disajikan  tabel  ayat  dan  arti  Q.S.  at-Tīn  atau Q.S. al-Mā’ūn, peserta didik dapat memadukan ayat dan arti dengan benar.

6

6

3.1 Memahami makna Q.S. al-Kafirun, Q.S. al-Maidah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar

VI

Q.S. al-Kafirun,

Q.S. al-Maidah/5: 2-3, dan

Q.S. al-Hujurat/49: 12-13

Penerapan

Disajikan satu ayat dari Q.S. al-Kafirun, penggalan ayat dari Q.S. al-Maidah/5: 2-3, atau Q.S. al-Hujurat/49: 12-13, peserta didik dapat menentukan hukum tajwid pada kata yang bergaris bawah  dengan benar.

5

Penalaran

Disajikan satu ayat dari Q.S. al-Kafirun,

penggalan ayat dari Q.S. al-Maidah/5: 2-3, atau Q.S. al-Hujurat/49:12-13, peserta didik dapat menentukan isi pokok ayat tersebut dengan benar.

36**

7

3.5 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq

II

Al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, dan al-Khaliq

Penerapan

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan penerapan makna al-Asmau al-Husna: al-Quddus, as-Salam, atau al-Khaliq dengan  benar.

7

8

3.4 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘

III

Al-Asmau al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, dan as-Sami‘

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan deskripsi tentang al-Asmau al-Husna, peserta didik dapat menentukan salah satu al-Asma al-Husna: al-Wahhab, al-‘Alim, atau as-Sami‘ dengan benar.

 

9

3.3 Memahami makna al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, dan al-‘Azim

IV

Al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, dan al-‘Azim

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan makna  al-Asmau al-Husna: al-Basir, al-‘Adl, atau al-‘Azim dengan benar.

8*

10

3.2 Memahami makna al-Asmau al- Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad

V

Al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, dan al-Ahad

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan deskripsi tentang al-Asmau al-Husna: al-Mumit, al-Hayy, al- Qayyum, atau al-Ahad, peserta didik dapat menentukan al-Asma al-Husna yang sesuai deskripsi tersebut dengan benar.

9

11

3.4 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman

V

Iman kepada kitab Allah

Pengetahuan dan Pemahaman

Peserta didik dapat menentukan makna diturunkannya kitab-kitab suci dengan benar.

37

12

3.4 Memahami makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar

IV

Iman kepada malaikat Allah

Penalaran

Disajikan tabel nama-nama malaikat dan contoh perbuatan yang menunjukkan sikap beriman kepada malaikat, peserta didik dapat menentukan pasangan dengan benar.

10

13

3.3 Memahami nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi

V

Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi

Penerapan

Disajikan  kisah singkat salah satu Rasul Ulul Azmi, peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan sikap beriman kepada Rasul Ulul Azmi dengan benar.

11

14

3.2 Memahami makna al-Asmau al-

Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

VI

Al-Asmau al-

Husna: As-Samad, Al-Muqtadir, Al-Muqaddim, dan Al-Baqi

Penerapan

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat dapat menunjukkan penerapan makna al-Asmau al-Husna: as-Samad, al-Muqtadir, al-Muqaddim, atau al-Baqi dengan  benar.

12

15

3.3 Memahami hikmah beriman kepada hari akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

VI

Iman kepada hari akhir

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah keimanan, peserta didik dapat menentukan  hikmah beriman pada hari akhir dengan benar.

13

16

3.4 Memahami hikmah beriman kepada qada dan qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia

VI

Iman kepada qada dan qadar

Penerapan

Disajikan narasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan implementasi iman kepada qada dan qadar dengan benar.

14*

17

3.4 Memahami Hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat

II

Perilaku hidup bersih dan sehat

Penerapan

Disajikan perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku hidup bersih dan sehat dengan benar.

15

18

3.5 Memahami perilaku tawaduk,

ikhlas, dan mohon pertolongan

III

Perilaku tawaduk,

ikhlas, dan mohon pertolongan

Penerapan

Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku tawaduk, ikhlas, atau mohon pertolongan dengan benar.

16

19

3.10 Memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari

IV

Makna perilaku amanah

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan sifat amanah dengan benar.

 

20

3.12 Memahami manfaat gemar membaca

IV

Manfaat gemar membaca

Pengetahuan dan Pemahaman

Peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat gemar membaca dengan benar.

17*

21

3.6 Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat sekitar

IV

Sikap santun dan menghargai teman

Penalaran

Disajikan deskripsi perilaku kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menjelaskan manfaat perlaku santun, atau menghargai teman dengan benar.

38

22

3.9 Memahami makna perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

IV

Perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Penerapan

Disajikan salah satu contoh perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur dengan benar.

18

23

3.6 memahami makna hormat dan

patuh kepada orangtua dan guru

V

Hormat dan

patuh kepada orangtua dan guru

Penerapan

Disajikan deskripsi tentang jasa orang tua, guru, atau anggota keluarga, peserta didik dapat mampu menerapkan perilaku terpuji dengan benar.

19

 

24

3.7 Memahami makna saling menghargai sesama manusia

V

Perilaku saling menghargai sesama manusia

Penalaran

Disajikan deskripsi kegiatan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan perilaku saling menghargai kepada sesama manusia dengan benar.

20*

 

25

 

 

3.6 Memahami sikap toleran dan simpatik terhadap sesama sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kafirun

VI

Perilaku toleran dan simpatik terhadap sesama

Penerapan

Disajikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan sikap toleran atau simpatik terhadap sesama dengan benar.

21

Penalaran

Disajikan narasi tentang sikap sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sikap toleran atau simpatik terhadap sesama dengan benar.

22

26

3.11 Memahami tata cara bersuci

I

Tata cara bersuci

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan beberapa gambar benda, peserta didik dapat menentukan alat beristinja sebagai pengganti air dengan benar.

24*

27

3.10 Memahami tata cara salat dan bacaannya

II

Tata cara salat dan bacaannya

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan  salah satu gambar gerakan salat, peserta didik dapat menentukan bacaannya dengan benar.

25

28

3.9 Memahami makna zikir dan doa setelah salat

III

Zikir dan doa setelah salat

Penalaran

Disajikan satu lafal zikir, atau penggalan doa setelah salat, peserta didik dapat menentukan maknanya dengan benar.

 

29

3.10 Memahami hikmah ibadah salat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

III

Hikmah ibadah salat

Penerapan

Disajikan beberapa hikmah ibadah, peserta didik dapat menentukan hikmah ibadah salat dengan benar.

23

30

3.14 Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil sesuai ketentuan syari’at Islam

IV

Tata cara bersuci dari hadas kecil

Penerapan

Disajikan rukun wudhu secara acak, peserta didik dapat mengurutkannya dengan benar. 

26

31

3.10 Memahami hikmah puasa Ramadan yang dapat membentuk akhlak mulia

V

Hikmah puasa Ramadan

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hikmah puasa Ramadan dengan benar.

27*

32

3.11 Memahami pelaksanaan salat tarawih dan tadarus al-Qur’an

V

Salat tarawih dan tadarus al-Qur’an

Penerapan

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan pelaksanaan salat tarawih atau tadarus al-Qur’an dengan benar.

39

33

3.7 Memahami hikmah zakat, infaq, dan sedekah sebagai implementasi rukun Islam

VI

Zakat, infaq, dan sedekah

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan tentang hikmah ibadah, peserta didik dapat menentukan hikmah zakat, infaq, atau sedekah dengan benar.

28

34

3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

I

Kisah keteladanan Nabi Adam a.s.

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan kisah singkat perjuangan  Nabi Adam a.s. peserta didik menentukan sikap keteladanan Nabi Adam a.s. dengan benar.

 

35

3.13 Memahami kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

III

Kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.  dan Nabi Ismail a.s.

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan kisah singkat perjuangan  Nabi Ibrahim a.s. atau Nabi Ismail a.s. peserta didik dapat menentukan sikap keteladanan Nabi Ibrahim a.s. atau Nabi Ismail a.s. dengan benar.

29

36

3.16 Memahami kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.

IV

Kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.

Pengetahuan dan Pemahaman

Disajikan kisah singkat Nabi Ayub a.s. Peserta didik dapat menentukan sikap keteladanan dari kisah Nabi Ayub a.s. dengan benar.

30

37

3.21 Memahami kisah keteladanan Wali Songo

IV

Kisah keteladanan Wali Songo

Penerapan

Disajikan deskripsi perjuangan salah satu wali songo, peserta didik mengimplementasikan keteladanannya dalam  kehidupan sehari- hari dengan benar.

31

38

3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

V

Kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Penerapan

Disajikan pernyataan tentang perjuangan  Nabi Dawud a.s. Peserta didik dapat mengimplemen-tasikan tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. dengan benar.

32

39

3.17 Memahami kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an

V

Kisah keteladanan Luqman

Penalaran

Disajikan kisah singkat Luqman Al-hakim,  peserta didik dapat menentukan perilaku yang sesuai dengan keteladanan Luqman dengan benar.

40

40

3.12 Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad  saw.

VI

Kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

Penalaran

Disajikan deskripsi perjuangan  Nabi Muhammad saw. peserta didik dapat merumuskan tentang keteladanan Nabi Muhammad saw. dengan benar.

33

41

3.13 Memahami kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw.

VI

Kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw. 

Penalaran

Disajikan penggalan kisah tanggungjawab sahabat nabi, peserta didik dapat menentukan perilaku kehidupan sehari-hari sesuai kisah tersebut dengan benar.

34*

42

3.14 Memahami kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’an

VI

Kisah keteladanan Ashabul Kahfi

Penalaran

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan keteladanan kisah Ashabul Kahfi dengan benar.

35*

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post