Nur Handayani

Guru BK SMA Negeri 9 Yogyakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
GENERASI Z  GENERASI DIGITAL

GENERASI Z GENERASI DIGITAL

CHAPTER 3

MENGARAHKAN MINAT DAN BAKAT GENERASI Z

#TantanganMenulisGurusiana Hari ke-54

Anak-anak generasi masa kini merupakan generasi digital native, yaitu mereka yang sudah mengenal media elektronik dan digital sejak lahir (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Pada anak generasi Z disebut sebagai generasi digital, sedang orang tuanya disebut sebagai imigran digital. Generasi Z lahir antara tahun 1995 – 2011, mereka ini memiliki ciri-ciri : suka bersosialisasi dan mengekspresikan diri, memiliki sifat mobile (suka bergerak), berpikiran global, terbuka, menghendaki perubahan sosial, selalu asyik dengan teknologi, berkomunikasi secara digital, menyukai hal-hal yang bersifat visual, dan menyukai promosi yang kekinian.

Generasi Z ini juga disebut sebagai generasi internet dan digital native, yaitu generasi yang tumbuh dimana akses internet selalu tersedia. Generasi Z ini memiliki kekhasan berupa :

1. Menyukai format audio visual saat belajar

2. Bisa mati gaya tanpa gadget

3. Gemar mengakses media sosial

4. Membutuhkan ruang untuk berinovasi

5. Kritis saat mengemukakan pendapat

6. Mudah memahami contoh konkret

Penelitian yang dilakukan tirto.id terhadap 1.201 responden usia 7-21 tahun di Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Tangerang dan Denpasar pada tanggal 9 Maret – 16 Juni 2017, didapatkan bahwa generasi Z Indonesia :

1. Penggunaan akses informasi memilih menggunakan media social sebesar 35,2%

2. Waktu yang digunakan mengkases internet rata-rata 3 – 5 jam/hari

3. Mengkases internet menggunakan ponsel pintar sebesar 90%

4. Media sosial yang paling sering digunakan adalah Instagram dan Line

5. Produk Fesyen yang dibeli melalui mal, pusat belanja, dan pasar 90%

6. 70 % produk yang dibeli diputuskan sendiri, merek yang dibeli antara lain Adidas, Nike, dan Zara

7. Kuliner yang paling banyak disukai adalah KFC dan McDonals

8. Hiburan yang dipilih adalah streaming musik pop Barat dan Indonesia

9. Kebanyakan nonton film lewat streaming dan mengunduh

10. Waktu yang digunakan bermain game 1-3 jam/hari sebesar 61%

11. Mayoritas bermain game online/aplikasi

12. Memilih liburan di dalam negeri 90% (tempat syuting film)

13. Pilihan liburan ditentukan oleh orang tua sebesar 60%

14. Transportasi utama berlibur menggunakan mobil pribadi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap. Dapat ilmu baru tentang generasi Z.

08 Mar
Balas

Maturnuwun bund..

09 Mar

Alhamdulillah..lengkap sekali dgn data dan prosentase..jadi tahu dan bermanfaat nih utk generasi melinial...salut dsh...artikel keren..salam

11 Mar
Balas

Maturnuwun. Salam kembali.

13 Mar

Aku yang generasi Alif Ba...gimana Bu...

09 Mar
Balas

Jadi hafidz ya pak.. Biar ortunya bahagia..

09 Mar



search

New Post