Layanan BK Eksperiental Learning Berbasis Permainan
( #TantanganGurusiana Hari 62)
Materi keenam dari Diklat Peningkatan Kompetensi Keahlian Mahir Tenaga Pendidik Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Cabang Surabaya adalah:
Mendesain Layanan BK Eksperiental Learning Berbasis Permainan
Pemateri: Juster Donal Sinaga, M.Pd ( Dosen BK Universitas Sanata Dharma Yogyakarta)
Experiential learning merupakan model pembelajaran yang membuat peserta didik terlibat langsung dalam proses belajar dan peserta didik mendapatkan pengalaman-pengalaman yang menjadi suatu pengetahuan.
Pembelajaran berbasis pengalaman merupakan sebuah proses para pembelajar membangun pengetahuan,keterampilan dan nilai dari pengalaman langsung. Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan konkrit yang membuat mereka mampu untuk mengalami apa yang mereka tengah pelajari .
Kesempatan untuk merefleksikan kegiatan tersebut.
Tahapan Pengembangan Pembelajaran
- Menyediakan media permainan
- Mengembangkan skenario kegiatan permainan
- Memilih game sesuai capaian pembelajaran
- Contoh game:
¨ https://www.youtube.com/watch?v=gcy-pkwLjXE ¨ https://www.youtube.com/watch?v=LXlvOFuCs7o ¨ https://www.youtube.com/watch?v=v74nRbWSNqk ¨ https://www.youtube.com/watch?v=L8mtcFh2x04
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar