NURAJIJAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
1.3.a.8 Koneksi Antarmateri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

1.3.a.8 Koneksi Antarmateri Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

1.3.A.8 KONEKSI ANTARMATERI MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

Oleh:

Nurajijah, S.Pd. CGP Angkatan 9

SMP Negeri 3 Wanasari Kabupaten Brebes

Pada kesempatan kali ini saya memaparkan koneksi antar materi modul 1.3 tentang visi guru penggerak. Pada koneksi antar materi kali ini saya mencoba untuk mengkorelasikan antara modul 1.1 tentang Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan modul 1.2 nilai-nilai dan peran guru penggerak dan modul 1.3 tentang visi guru penggerak.

Dalam Modul 1.1 Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara pendidik itu hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar dapat memperbaiki lagunya bukan dasarnya hidup dan tubuhnya kekuatan kodrat anak, sehingga tujuan pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat

mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota masyarakat.

Di dalam Modul 1.2 nilai-nilai dan peran guru penggerak, berikut adalah 5 Nilai guru penggerak 1) berpihak pada murid, 2) Mandir, 3) reflektif, 4) kolaboratif, dan 5) inovatif, sedangkan Peran guru penggerak yang 1) menjadi pemimpin pembelajaran, 2) menjadi coach bagi guru lain, 3) mendorong kolaborasi, 4) mewujudkan kepemimpinan murid dan 5) menggerakkan komunitas praktisi.

Pada pertanyaan memantik pertama, apa yang Bapak atau Ibu pahami mengenai kaitan Peran pendidik dalam mewujudkan Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dan profil pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inquiry apresiatif atau IA di sekolah bapak atau ibu. Sebagai seorang pendidik haruslah menjadi teladan atau contoh bagi murid sesuai dengan Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu memahami segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun anggota Masyarakat, tentu dengan mengikuti kodrat alam dan kodrat zamannya, sehingga dengan bekal yang dimiliki yaitu bekal nilai dan peran guru penggerak.

Dalam menyusun sebuah visi guru penggerak haruslah fokus pada murid dan berpihak pada murid sesuai dengan dimensi profil pelajar Pancasila yaitu 1) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2) berkebhinekaan Global, 3) gotong royong, 4) Mandiri, 5) bernalar kritis dan 6) kreatif.

Profil pelajar Pancasila dapat terwujud jika guru penggerak memiliki visi untuk membuat atau menciptakan perubahan yang lebih baik di sekolah. Untuk mewujudkan visi yang berpihak pada murid dapat menggunakan apresiatif yaitu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan di sekolah kami SMP Negeri 3 Wanasari kabupaten Brebes telah menerapkan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa dalam berbagai kegiatan pembelajaran dan mata Pelajaran, sebagian sudah banyak diterapkan agar siswa kami kreativ dan inovatif sesuai dengan profil pelajar Pancasila, dengan meningkatnya kreativitas dan inovasi dari siswa juga mereka terbentuk atas ide dan gagasan dari Bapak ibu guru yang begitu update akan kreativitas dan inovasi di setiap materi pembelajaran, dengan banyak tujuan dan harapan yang ingin tercapai, salah satunya siswa menjadi semangat belajar, banyak gagasan dari mereka ingin mengeksplor penugasan yang di sampaikan guru, siswa lebih berbahagia serta tak jenuh atau monoton.

Pada hal Prakarsa perubahan yang saya tuangkan menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang ada pada diri siswa dan juga tak lepas kreativitas dan inovasi dari guru yakni kreatif, mandiri, inovatif, gotong royong, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Saya berharap prakarsa Perubahan tersebut dapat mewujudkan pendidik yang berpihak pada murid sesuai dengan kodrat alam dan zamannya hal ini juga sesuai dengan Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, sehingga dimensi-dimensi profil belajar Pancasila juga dapat dicapai.

Pertanyaan pemantik ke dua, revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan visi yang telah Bapak Ibu buat berdasarkan Jawaban pertanyaan di atas ke dalam sebuah visi yang membuat bapak atau ibu semangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya. Visi yang saya angkat adalah Mewujudkan peserta didik yang berbahagia, berakhlak mulia, kreatif, inovatif, dan mandiri sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila

Adapun Alasan saya memilih visi itu adalah karena saya ingin mewujudkan masa depan depan peserta didik yang dibentuk sejak dini, dimana peserta didik tersebut kreatif, mandiri, inovatif, memiliki akhlak yang baik dan hati merekapun dalam menjalankannya penuh kebahagiaan.

Demikian pemaparan koneksi antarmateri dari saya, semoga hasil pemaparan ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

22 Sep
Balas



search

New Post