Pengembangan WISE Berbasis KD
Setelah 3 pekan absen dalam diskusi santai WISE, Jumat malam kemarin saya bersyukur bisa kembali bertemu orang-orang hebat. Kegiatan diskusi tadi malam berfokus pada pengembangan WISE secara real di lapangan. Pengembangan WISE didasarkan pada sebuah KD yang dipilih. Tentu saja KD ini tidak dijadikan tujuan karena tujuan kita adalah pengembangan WISE. Jadi WISE yang dijadikan tujuan pembelajaran dengan berpegang pada KD. Jika WISE bisa dicapai tentu saja KD tersebut akan dapat tercapai juga.
KD yang dipilih malam ini tentang mempromosikan lewat media elektronik. KD ini mengarah kepada materi tentang iklan.
Untuk mengembangkan Wondering Habits dapat dilakukan dengan menyediakan gambar-gambar promosi. Dari gambar tersebut bisa ditumbuhkembangkan beragam pertanyaan yang memicu wondering. Mungkin akan muncul pertanyaan: bagaimana supaya benda ini bisa dikenal lebih luas, media apa yang akan digunakan supaya informasi cepat diketahui masyarakat luas, atau apa tujuan gambar-gambar itu.
Atau kita menyediakan contoh dua barang yang mirip dengan dua jenis iklan yang berbeda. Satu iklan berdampak banyak pembeli sedangkan iklan yang lain minim pembeli. Beberapa pertanyaan yang mungkin akan muncul adalah: mengapa barang ini bisa lebih laku dari yang satunya, apakah iklan mempengaruhi penjualan barang, atau bagaimana memperbaiki iklan dari barang yang kurang laris agar bisa lebih laris lagi.
Beragam pertanyaan terkait gambar atau contoh iklan dapat kita munculkan dari siswa. Tugas kita sebagai guru hanyalah membantu menggiring siswa menemukan pertanyaan berdasarkan keingintahuan mereka.
Pada pengembangan Investigating Skills, kita mungkin bisa fokus pada pertanyaan “Mengapa barang ini bisa lebih laku dari barang yang satunya?” Tentu saja hal tersebut tetap dikaitkan dengan iklan yang mengiringinya. Rencana investigasi dapat dilakukan dengan merencanakan melakukan survey. Namun ide tersebut jangan dimunculkan oleh guru. Ide melakukan survey harus muncul dari siswa dengan bantuan penggiringan kita ke arah itu. Bantu siswa untuk menemukan ide bagaimana merencanakan investigasi, pelaksanaan, dan pengolahan hasil investigasi.
Giring siswa untuk mencari data dari berbagai bahan dan referensi. Ajak mereka untuk membandingkan berbagai pendapat kemudian giring juga untuk belajar menyimpulkan sesuai dengan pendapat mereka sendiri.
Pada pengembangan Investigating Skills dapat juga dilakukan dengan tetap fokus pada contoh dua iklan yang dipakai saat pengembangan wondering. Anak dapat diajak menemukan cara dan fakta untuk memperbaiki iklan yang menyebabkan barang tidak laris. Kegiatan bisa dilanjutkan dengan mencoba membuat iklan yang lebih menjanjikan penjualan barang yang lebih laris.
Satu hal yang harus kita pegang adalah bahwa KD ini bukan menjadi tujuan kita. Jika KD yang menjadi tujuan maka kita akan tetap seperti pada pola pengajaran yang lama dengan hanya menitikberatkan pada materi. Yang harus kita jadikan tujuan adalah WISE. Jika kita dapat mengembangkan WISE pada siswa maka capaian KD pasti akan mengalir dan tercapai secara otomatis.
Mari terus belajar untuk mengembangkan WISE.
Tantangan hari ke-301
Bondowoso, 15/11/2020#TantanganGurusiana365
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap
terima kasih bu
Terima kasih, semoga selalu berhasil.
aamiin
Keren, giring siswa, bantu siswa itulah salah satu tugas guru
Salam kenal dan salm sukses
salam kenal dan sukses juga untuk ibu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu
Mantul ....bu Dwi tertulisnya hasil diskusi tim WISE
terima kasih bu