Mutya Fransiska

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membuat Poster Digital Dengan Media Canva

Membuat Poster Digital Dengan Media Canva

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMA Negeri 1 Katingan Tengah Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi melalui penggunaan aplikasi Canva dalam materi Membuat Poster Digital Penulis : Mutya Fransiska, S.Pd Tanggal : 26 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

· Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

Pandemi covid-19 berdampak besar dalam proses kegiatan belajar mengajar dimana pembelajaran tidak berjalan dengan optimal. Siswa lebih banyak menerima pembelajaran teori secara daring dan jarang melakukan praktik sehingga keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi sangat rendah. Setelah mengikuti pembelajaran normal kembali, semangat siswa dalam belajar menjadi rendah, khususnya dalam pelajaran seni Rupa, materi menggambar ilustrasi. Hal ini terlihat dari:

1. Rendahnya minat siswa dalam menggambar ilustrasi

2. Rendahnya kemampuan awal siswa dalam menggambar ilustrasi

3. Siswa belum mampu menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam media gambar

4. Dalam proses menggambar, siswa belum mencapai bentuk yang diinginkan

5. Model pembelajaran untuk praktik menggambar ilustrasi belum inovatif dan menarik

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis menentukan solusi yang relevan untuk mengatasi masalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi melalui pembelajaran pembuatan poster dengan tema “Mengisi Kemerdekaan” menggunakan media Canva dengan teknik digital pada kelas XII SMAN 1 Katingan Tengah

· Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena :

1. Latar belakang yang penulis alami di sekolah juga dialami oleh rekan guru yang lain sehingga berdampak pada perbaikan pembelajaran di kelas.

2. Praktik ini mampu memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran

3. Praktik ini dapat meningkatkan peran guru sebagai fasilitator

4. Praktik ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

5. Praktik ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran

· Saya sebagai guru mempunyai peran dan tanggung jawab dalam praktik ini, yaitu:

Menyusun Rancangan Pembelajaran sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan akar masalah yang ada, mempersiapkan pendukung pembelajaran yang dibutuhkan sehingga mampu menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif berbantuan media berbasis teknologi yang membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dan menghasilkan pembelajaran yang bermakna.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan tersebut adalah:

1) Pengelolaan kelas yang optimal untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran

2) Pemanfaatan ruang kelas untuk pembelajaran yang bermakna

3) Kemampuan awal siswa terhadap materi pelajaran

4) Pemilihan model yang tepat dan media yang terintegrasi TPACK sesuai dengan karakteristik materi dan siswa dikelas

Berdasarkan tantangan yang dihadapi, dapat disimpulkan bahwa dari sisi guru, perlu adanya peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik, sedangkan dari sisi siswa perlu pendampingan dan pembimbingan saat menggambar.

Dalam penyelesaian tantangan yang dihadapi,pihak yang terlibat dalam langkah ini adalah :

1) 1. Siswa kelas XII MIPA yang berperan sangat penting dalam proses pembelajaran

2) 2. Guru sebagai fasilitator, motivator, dan penilai

3) 3. Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan Praktik Mengajar

4) 4. Kepala Sekolah dan rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

Penulis memahami bahwa perlu adanya kolaborasi dari semua pihak yang terlibat dalam langkah ini agar tantangan dapat terselesaikan dengan baik.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:

1. Strategi yang digunakan adalah:

· Penerapan model pembelajaran Project Based Learning

· Metode pembelajaran : tanya jawab, praktik, presentasi

· Media pembelajaran : LKPD, Lembar penilaian Hp/Gawai, Laptop, LCD Proyektor, Aplikasi Canva, Google Drive, Powerpoint, Papan tulis, Spidol.

2. Proses yang dilakukan :

Kegiatan pendahuluan yang terdiri dari orientasi, apersepsi dan motivasi

Kegiatan inti yang terdiri dari:

· Guru menyampaikan topik pembelajaran dan peserta didik mengajukan pernyataan mendasar tentang Poster Digital dan aplikasi Canva yang akan digunakan dalam membuat poster

· Peserta didik mendesain perencanaan produk dimana peserta didik mulai menyiapkan media dan sumber belajar yang dibutuhkan untuk membuat poster digital

· Guru menyusun jadwal dan menyampaikan waktu pengerjaan poster digital tersebut

· Guru memonitor keaktifan dan perkembangan proyek

· Peserta didik membahas kelayakan proyek yang telah dibuat dan membuat laporan produk(tahapan berkarya) dan mengumpulkan hasil karya melalui google drive

· Peserta didik mengevaluasi pengalaman belajar dengan mempresentasikan hasil karyanya dan saling memberikan tanggapan dan penghargaan(reward) kepada hasil karya teman-temannya yang lain

Kegiatan Penutup yang terdiri dari kesimpulan, refleksi diri dan doa penutup.

3. Pihak yang terlibat dalam pemilihan model pembelajaran adalah dosen pembimbing dan guru pamong yang telah memberikan saran serta masukan mengenai model pembelajaran 1. inovatif yang sesuai dengan pemenuhan keterampilan abad 21. Kepala sekolah dan rekan sejawat juga berperan sebagai sumber informasi dalam pemilihan model pembelajaran dengan karakteristik siswa dan materi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik

4. Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

· Buku seni budaya untuk kelas SMA/MA Kelas XII, Erlangga Tahun 2018

· Buku referensi yang relevan

Internet

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan adalah :

1. Penggunaan media Canva dalam pembelajaran membantu keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi. Siswa terlihat antusias dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran dan hasil belajar siswa mencapai 85%. Siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menggambar ilustrasi

2. Pemilihan model pembelajaran inovatif mampu meningkatkan keaktifan dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran dikelas dan siswa lebih termotivasi dalam menghasilkan karya yang terbaik.

Respon siswa terhadap pembelajaran dapat terlihat dari hasil refleksi yang

sudah dilaksanakan dimana siswa merasa senang dan media yang digunakan

juga menarik perhatian siswa serta meningkatkan fokus siswa dalam setiap

kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini yaitu keterlibatan siswa dalam proses

pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan melaksanakan

pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan menerapkan model

pembelajaran yang inovatif dan pemanfaatan media berbasis teknologi. Hal ini

terbukti sangat membantu dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam

pembelajaran.

Pembelajaran dari keseluruhan proses ini adalah guru harus kreatif dan terus berinovasi dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan karakteristik siswa dengan mengintegrasikan TPACK dan materi HOTS dalam pembelajaran. Guru mampu memberikan pengalaman nyata dan pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

04 Oct
Balas

terima kasih

09 Oct



search

New Post