MUSDAR

MUSDAR, S.Pd.M.Pd adalah seorang Hamba Allah, dilahirkan di Pasar Kambang pada 12 Desember 1973 Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Bar...

Selengkapnya
Navigasi Web
UNTUK DUNIA

UNTUK DUNIA

UNTUK DUNIA

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh Gurusiana dari Sabang sampai Merauke. Bertemu kembali dengan artikel saya pada tantangan hari ke-6 mengisi rubrik kolom dengan judul : “Untuk Dunia”.

Ada seorang bapak yang memperlakukan shalat Dhuha seperti shalat wajib. Alasannya karena khawatir tidak dapat rezeki.. Ada lagi pemuda yang tak lepas Dhuha tiap harinya demi mendapatkan bonus tempat kerjanya. Sementara dirinya selalu kesiangan saat shalat subuh..

Di tempat berbeda ada yang mengukur banyaknya tahajud yang dilakukan dengan kesuksesan.. Ada yg begitu getol sedekah cuma demi mendapatkan cash back rupiah di tiap usahanya..

Seorang Tabi'in yang banyak berinteraksi dengan sahabat pernah ditanya, apakah surah dalam Qur'an yang paling sering membuat para sahabat menangis..?, Lalu dijawab : surah HUD.. Kemudian ditanyakan lagi ayat berapakah dari surah tersebut yang membuat para sahabat menangis..? Dan dijawab : ayat 15-16..

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

مَنْ كَا نَ يُرِيْدُ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا وَ زِيْنَتَهَا نُوَفِّ اِلَيْهِمْ اَعْمَا لَهُمْ فِيْهَا وَهُمْ فِيْهَا لَا يُبْخَسُوْنَ

"Barang siapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, pasti Kami berikan (balasan) penuh atas pekerjaan mereka di dunia (dengan sempurna) dan mereka di dunia tidak akan dirugikan."

اُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ لَـيْسَ لَهُمْ فِيْ الْاٰ خِرَةِ اِلَّا النَّا رُ ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوْا فِيْهَا وَبٰطِلٌ مَّا كَا نُوْا يَعْمَلُوْنَ

"Itulah orang-orang yang tidak memperoleh (sesuatu) di akhirat kecuali neraka, dan sia-sialah di sana apa yang telah mereka usahakan (di dunia) dan terhapuslah apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Hud : Ayat 15-16)

Inilah alasan kenapa Abdurahman bin Auf sering menangis ketika mendapatkan kenikmatan duniawi. Sahabat yg mulia ini khawatir bila kenikmatan di dunia saat ini merupakan nikmat akhirat yang disegerakan. Hingga kelak di akhirat tak didapatkan lagi nikmat-nikmat itu..

Luruskan lagi niat-niat kita..

Dhuha kita jangan diukur dengan bertambahnya rezeki.. Tahajjud kita jangan diukur dengan pesat nya bisnis kita.. Sedekah kita jangan diukur dengan mewahnya rumah dan kendaraan..

Ukurlah diri kita dengan para sahabat Nabi yang mulia. Seberapa bagus Dhuha, tahajjud, dan sedekah mereka dibanding kita. Sementara mereka banyak juga yang tak hidup dalam kemewahan. Kalau ukuran kesuksesan semua karena banyaknya Dhuha, Tahajjud dan Sedekah, tentulah orang-orang kafir tak ada yang sukses..

Luruskan Niat..

Niatkan Dhuha sebagai sedekah untuk 360 ruas sendi kita. Niatkan Tahajjud sebagai ibadah tambahan menutup yang kurang-kurang. Niatkan sedekah kita untuk memadamkan panasnya api neraka..

Dengan niat begitu maka Insya Allah balasan untuk akhirat kita tetap ada dan dunia kita dipermudah segala urusannya.. Silahkan direnungkan ....Semoga Allah menerima amal ibadah kita. Aamiin ….. Demikian saja artikel saya pada kesempatan ini. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh ….

Room corner, 29 Maret 2021 (16 Sya’ban1442 H)

MUSDAR, S.Pd.M.Pd

Guru IPA SMP N 1 Batang Kapas

Pesisir Selatan Sumatera Barat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Syukron pencerahannya bpk...sangat manfaat

29 Mar
Balas

Aamiin.. Mantul pencerahannya pak. Sukses selalu salam literasi

30 Mar
Balas

Ulasannya mantap dan bermanfaat pak. Salam literasi

30 Mar
Balas



search

New Post