Cover Story
COVER STORY
Padang, 15 September 2017 pukul 10.15
Ajakan jalan-jalan ataupun pergi ke pantai saya hiraukan. Sebelum pulang ke Jogja saya bertekad untuk menyelesaikan desain ini. Desain sampul buku untuk buku pertamaku. Di Kamar 622 hotel Mercure Padang, tidak terasa sudah hampir 2 jam duduk di depan layar laptop. Tangan sebelah kanan masih memegang pen mouse. Tangan kiri berulang ulang menekan command+ dan command-. Semua itu dilakukan untuk memastikan bahwa desain ini eye catching.
Sampul buku ini mungkin terkesan minimalis. Menggunakan warna dominan kuning. Kuning identik dengan warna emas. Jika dimasukkan dalam lingkaran warna, kuning berada di posisi atas. Warna yang ringan tetapi sangat kuat menarik perhatian. Tulisan "20 JPL Kompeten Desain Grafis" serta gambar kotak, lingkaran, sgitiga dan huruf "X" berwarna hitam. Saya rasa cukup kontras, memudahkan orang membaca tulisan tersebut dengan jelas. Siluet putih gamepad menjadi background tulisan tersebut. Awalnya tulisan tersebut dibuat 3D dengan warna warni. Setelah dipikir-pikir kok agak "alay". Saya ingin menyampaikan kesan bahwa mengajarkan desain grafis itu sederhana dan simpel.
Ide sampul ini muncul dari salah satu materi objek vektor. Bentuk kotak-lingkaran-polygon merupakan materi dasar objek geometry. Sedangkan huruf "X" merupakan materi bentuk garis. Ini adalah materi dasar membentuk objek. Dengan memahami bentuk dasar dan garis siswa lebih mudah menciptakan bentuk lainnya. Selain itu bentuk objek tersebut identik dengan gamepadnya Play Station. Sebuah konsol game di akhir 90an yang menjadi pesaing utama Sega maupun Nintendo.
Mengajar dengan bermain game menurut saya sama saja. Keduanya memerlukan strategi untuk mencapai tujuan. Stage demi stage kita selesaikan satu persatu. Bagi saya bermain game merupakan sebuah kesenangan sendiri. Begitu juga ketika sedang mengajar. Stage demi stage materi pelajaran kita sampaikan. Terkadang tidak bisa langsung diselesaikan (dipahami) oleh siswa. Kita perlu mengulang materi tiga atau bahkan sepuluh kali agar siswa paham. Oleh karena itu saya selalu berusaha mengajar selayaknya bermain game. Membawa kesenangan bagi diri saya sendiri dan seluruh isi kelas. Segala strategi dan metode pembelajaran dikerahkan untuk mencapai tujuan akhir yaitu siswa kompeten! Cheat? No way!
*Berhubung belum bisa upload foto di gurusiana, cover buku dapat dilihat di link ini https://www.instagram.com/p/BZDvKltAqqK/?taken-by=muhidark
Penulis adalah Peserta Workshop Bahan Literasi GTK PAUD dan Dikmas Tahap II
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Dahsyat!!
luar biasa...!!!
Luar biasa semangatnya