M. Ihsan

Nama : M. Ihsan, M. Pd Tempat Tanggal Lahir: Paninjauan, 22 Desember 1979 Unit Kerja: SDN 12 Koto Baru Kecamatan : Kubung Kabupaten : Solok...

Selengkapnya
Navigasi Web

Jurnal PTK M. Ihsan

Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT di Kelas III SD Negeri 12 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok

M Ihsan1

1Mahasiswa Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Padang

2Staff Pengajar Jurusan Pendidikan Dasar, Pacsasarjana Universitas Negeri Padang

[email protected]

ABSTRAK

Penelitian dilatarbelakangi oleh masih rendahnya Proses dan Hasil Belajar pembelajaran Tematik Terpadu di kelas III SDN 12 Koto Baru. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan Proses dan hasil belajar tersebut menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT.

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan 3 pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 12 Koto Baru yang berjumlah 24 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pengamatan proses pembelajaran guru, proses pembelajaran siswa dan tes.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan model kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Proses pembelajaran terlihat dari pengamatan aspek guru dengan persentase 46,14% pada siklus I dan 81,64% pada siklus II. Hasil belajar dari aspek kognitif siswa diperoleh rata-rata pada siklus I 69,58% dengan ketuntasan secara klasikal 58,33%, siklus II 77,67% dengan ketuntasan secara klasikal 75% . Aspek afektif siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase kelas 66%, pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 72%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 82%, pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 88%. Aspek psikomotor siswa Siklus I Pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase kelas 73%, pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 76%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 83%, pertemuan 2 memperoleh nilai rata-rata dengan persentase 88%. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

.

Kata Kunci : Tematik Terpadu dan Model Kooperatif Tipe NHT

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post