Micoyendra

Bangga menjadi diri sendiri. Apapun profesi kita asalkan halal di mata Allah tetaplah bangga. Saya bangga jadi guru Sekolah Dasar. Bisa mendidik dan mem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Webinar Sumatera II Sangat Memotivasi

Webinar Sumatera II Sangat Memotivasi

Webinar Sumatera II Sangat Memotivasi

Tantangan Hari Ke-12

#TantanganGurusiana

Setelah sukses pada Webinar Media Guru Indonesia Region Sumatra I, pada tanggal 08 Mei 2020 yang lalu, seperti janji Ceo Gurusiana, Bapak Mohammad Ihsan, kini hadir lagi Webinar Media Guru Indonesia Region Sumatra II. Webinar kedua ini diadakan pada tanggal 19 Mei 2020 gratis bagi gurusianer yang telah memiliki kartu anggota Media Guru. Wow keren, terima kasih Media Guru Indonesia.

Media Guru Indonesia betul-betul merupakan wadah emas bagi gurusianer yang haus akan ilmu. Di sini, para gurusianer bisa menimba ilmu dan saling berbagi dengan sesama guru dari seluruh pelosok tanah air. Melalui Media Guru, para gurusianer juga bisa melahirkan karya emas yang sangat bermanfaat bagi orang lain. Apalagi dengan diadakan webinar pada masa pandemi covid-19 ini, jelas sekali webinar Media Guru sangat bermanfaat.

Webinar Sumatera II dipandu oleh host kawakan, Bapak Mohammad Ihsan selaku Pemimpin Umum Media Guru dan Ceo Gurusiana. Pada kesempatan ini beliau mendatangkan pembicara utama yaitu Bapak Riswandi, S. Pd. M. Pd. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Keren, sebagai orang Tanah Datar saya merasa bangga.

Dalam paparannya, Bapak Riswandi menyampaikan materi “Transformasi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19”. Transformasi pendidikan bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu 1) Ketimpangan teknologi di tiap sekolah, 2) Keterbatasan kuota 3) Keterbatasan kompetensi guru, dan 4) Adanya relasi guru dan orang tua peserta didik. Namun transformasi ini dapat terwujud apabila terjalinnya kerjasama antar stakeholder yang terkait.

Tak kalah pentingnya pada webinar kali ini juga menghadirkan nara sumber dari guru-guru hebat yang telah sukses meraih prestasi. Pemaparan materi diawali oleh Ibu Mahniar Sinaga, S. Si, S. Pd. guru SD Plus Darul Ilmi Murni Deli Serdang Sumatera Utara. Beliau telah berbagi kesuksesan dalam menggiatkan literasi di sekolahnya, salah satunya melalui kegiatan menulis. Diawali dengan menulis sederhana dan akhirnya bisa menerbitkan sebuah buku.

Pemaparan dilanjutkan dengan nara sumber kedua, yaitu Bapak Mualdin Sinurat, M. Pd. guru SMP Putri Cahaya Medan Sumatera Utara. Kegiatan praktik baik yang disajikan dengan mengangkat Anjungan Kearifan Lokal untuk menggerakkan literasi di sekolahnya. Praktik baik ini memanfaatkan gambar kearifan lokal yang berhubungan dengan kebudayaan daerah setempat. Peserta didik diminta untuk membuat keterangan mengenai gambar.

Nara sumber berikutnya yang tidak kalah piawainya adalah Ibu Dra,. Eliyarmi, guru SMPN 2 Koto Besar Darmasraya Sumatera Barat. Beliau menggerakkan literasi dengan mengajak peserta didiknya menulis hingga sampai menerbitkan buku. Hal ini bisa terlaksana berkat kerjasama berbagai pihak.

Penyajian terakhir oleh nara sumber yang telah sukses melanglangbuana hingga ke Negeri Sakura, yaitu Ibu Endah Wijayanti, S. S. M.M. guru SMAN 77 Jakarta. Beliau telah sukses mengantarkan peserta didiknya hingga menerbitkan novel. Sungguh prestasi yang luar biasa.

Sungguh sangat memotivasi, pemaparan materi dari guru-guru hebat yang telah mendulang perstasi. Semoga literasi di Indonesia semakin menggeliat dan mampu mendobrak keterpurukan minat baca anak bangsa menuju tangga teratas. Aamiin.

Kota Solok, 19 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus reportasenya bunda.

19 May
Balas

Terima kasih komentarnya, BuSukse juga buat Ibu

20 May



search

New Post