Koneksi antar Materi Modul 1.3.a.9
Koneksi antar Materi Modul 1.3.a.9
Koneksi antar materi modul 1.3.a.9 ini berisi tentang kaitan materi dari pemahaman visi guru penggerak dengan materi sebelumnya yaitu Filososfi pemikiran Ki Hadjar Dewantara ( KHD ), nilai dan peran guru penggerak , serta manajemen perubahan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA untuk mewujudkan visi.
CGP juga diharapkan dapat menggali peta kekuatan baik dari factor internal maupun eksternal untuk mewujudkan visinya.
Menurut KHD, pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidikan adalah tempat persemaian benih-benih kebudayaan dalam masyarakat. KHD memiliki keyakinan bahwa untuk menciptakan manusia Indonesia yang beradab maka pendidikan menjadi salah satu kunci utama untuk mencapainya. Pendidikan dapat menjadi ruang berlatih dan bertumbuhnya nilai-nilai kemanusiaan yang dapat diteruskan atau diwariskan.
Setiap anak adalah pribadi yang unik, yang khas dan berbeda dengan yang lainnya. Mereka berhak untuk mendapatkan perlakuan yang berbeda dan merdeka agar bisa umbuh dan berkembang dengan baik. Benih jagung tidak sama perlakuannya dengan benih padi. Hal ini tentu harus dipahami oleh guru selaku petani. Petani yang baik harus mengenal dan paham dengan benih yang disemaikan.
Tantangan bagi guru agar bisa memberi ruang pada semua peserta didik, untuk belajar dan mendapatkan Pendidikan yang semestinya. Pembelajaran yang berpihak pada murid.
Untuk itu nilai-nilai dari guru penggerak seperti mandiri, reflektif, kreatif , inovatif dan berpihak pada murid semestinya melekat dalam diri seorang guru penggerak, agar mampu menjalankan perannya dengan baik demi mewujudkan visinya , yaitu mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui merdeka belajar.
Adapun peran guru penggerak antara lain :
1. Menjadi pemimpin pembelajaran
2. Menggerakkan komunitas praktisi
3. Mendorong kolaborasi antar guru
4. Menjadi coach bagi guru lain
5. Mewujudkan kepemimpinan murid
Modal nilai-nilai yang dimiliki guru mempuinyai tugas “among” (emban) atau “momomg” (mengemban). Sebagai pengasuh (fasilitator) yang mempunyai peran mengasuh, membimbing sang anak dengan ikhlas sesuai bakat dan minat yang diasuh. Guru hendaknya mencermati garis kodrat kemampuan siswa agar jiwanya merdeka lahir dan batin. Anak-anak mempuyai kodratnya masing-masing. Guru mempunyai tugas mulia menuntun kodrat anak tersebut. Melalui pendidikan, guru akan menuntun anak yang sudah mempunyai kodrat baik akan menjadi lebih baik lagi.
Adapun visi menjadi bintang penunjuk arah yang akan menuntun ke mana guru akan melangkah. Visi yang telah saya susun adalah terwujudnya pemimpin yang berkarakter dalam ekosistem pembelajaran yang berpihak pada murid. Tampak jelas adanya tujuan untuk menanamkan karakter profil pelajar Pancasila dalam suasana merdeka belajar dengan pembelajaran yang berpihak pada murid. Nyaman dan menyenangkan bagi anak, sehingga memberi ruang dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang seuai kodratnya.
Untuk mewujudkan hal tersebut maka guru harus bisa memetakan kekuatan yang ada baik dari dirinya sendiri maupun lingkungan di sekitarnya.Bisa dari Kepala Sekolah, rekan sejawat, orang tua murid, masyarakat, sarana prasarana maupun murid itu sendiri. Setelah memahami peta kekuatan maka bisa menemukan strategi untuk melakukan perubahan mewujudkan mimpi menjadi nyata.
Manajemen perubahan yang bisa diterapkan adalah inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA. BAGJA erdiri dari :
Ø Buat Pertanyaan
Ø Ambil pelajaran
Ø Galim impi
Ø Jabarkan rencana
Ø Atur Eksekusi
Strategi dengan tahapan BAGJA bisa disusun sebagai acuan untuk melangkah selanjutnya.
Salam dan bahagia
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Mantap