Marlina

Sulung dari empat bersaudara ini kelahiran Bondowoso, 4 Maret 1971. Pendidikan dasar dan menengahnya diselesaikan di Bondowoso. Kuliah D2 PGSD di IKIP Negeri Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Globalisasi, di antara Dampak Positif dan Negatifnya

Globalisasi, di antara Dampak Positif dan Negatifnya

#TaGurKe-274

Globalisasi, di antara Dampak Positif dan Negatifnya

Globalisasi merupakan gabungan dari kata ‘global’ yang berarti lintas batas dan kata ‘sasi’ yang berarti perubahan atau proses menjadi, sehingga lobalisasi dapat diartikan secara singkat sebagai proses perubahan sosial pada skala lintas batas. Globalisasi mengacu pada suatu kondisi perubahan sosial di mana negara, wilayah, dan masyarakat, saling terkoneksi (terhubung) satu sama lain dalam berbagai bidang.

Globalisasi tidak tercipta dengan sendirinya, tetapi didorong oleh faktor perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi, serta kehadiran perusahaan multinasional. Globalisasi telah membuat hampir seluruh negara yang ada di dunia semakin terhubung dalam berbagai bidang. Sesuai namanya, globalisasi terjadi secara global, atau menyeluruh, sehingga banyak negara yang terlibat dalam proses ini. Karena melibatkan banyak negara untuk bisa saling terhubung dalam berbagai bidang, maka ada berbagai dampak yang ditimbulkan.

Beberapa dampak positif globalisasi ini antara lain,

a. Memungkinkan individu antar negara untuk saling berkomunikasi secara mudah dan juga murah.

b. Memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dan diseminasi pengetahuan secara cepat dan tepat.

c. Memungkinkan masyarakat dari berbagai komunitas, negara serta latar belakang budaya dan agama yang berbeda untuk saling mengenal dan memahami perbedaan satu sama lainnya.

d. Membawa nilai-nilai universal, misalnya mengenai isu-isu kemanusiaan seperti kesetaraan, keadilan, demokrasi dan lain sebagainya, serta isu-isu agenda pembangunan dunia.

e. Perdagangan antar negara meningkat sehingga meningkatkan pula tingkat ekonomi suatu negara.

f. Biaya transportasi, termasuk biaya perjalanan seperti tiket menjadi lebih murah.

g. Meningkatnya jumlah wisatawan asing yang datang ke suatu negara.

h. Menambah wawasan mengenai suku dan budaya yang ada di seluruh dunia sehingga toleransi pada kebudayaan, suku, maupun kebiasaan negara lain meningkat, karena sudah memahami kebudayaan negara lain.

Selain dampak positif, globalisasi juga memiliki dampak negatif dalam kehidupan yaitu:

a. Memunculkan perilaku budaya masyarakat yang konsumtif.

b. Membawa pengaruh negatif pada bahasa dan kebudayaan lokal.

c. Memiliki kemungkinan untuk menghilangkan tradisi, kebiasaan dan adat istiadat masyarakat.

d. Memperlebar kesenjangan sosial pada skala lokal, nasional, dan global.

e. Berpotensi menghasilkan kriminalitas skala lintas batas, seperti perdagangan narkoba, perdangan manusia, penipuan dan sebagainya.

f. Berkontribusi besar pada pertukaran nilai-nilai budaya antar komunitas masyarakat dunia.

g. Berpotensi untuk mempengaruhi tergerusnya identitas budaya lokal.

h. Tersebarnya industri makanan cepat saji yang memengaruhi kesehatan.

i. Kebudayaan barat yang menyebar cepat sangat memengaruhi kebudayaan lokal di negara berkembang.

j. Produk buatan lokal tersaingi oleh barang impor, terutama jika harganya lebih murah.

k. Beberapa barang yang harganya terjangkau akan memengaruhi lingkungan, misalnya alat transportasi yang bertambah banyak jumlahnya.

Demikianlah sedikit paparan tentang globalisasi terutama dampaknya dalam kehidupan manusia. Tentu paparan di atas sangat minimal karena masih banyak yang perlu ditambahkan. Untuk itu ditunggu saran dan masukannya. Semoga bermanfaat!

@home, 20102020_Marlina_#Gurusiana365

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post